Traveling Fotografi di Pantai Klara Lampung
Posted by Adi Wijaya on 28th February 2016
| 3081 views

Traveling Fotografi di Pantai Klara Lampung – Baru dua hari kepulangan saya dari perjalanan panjang keliling sumatra, capek nya pun belum hilang namun hasrat untuk jalan-jalan dan foto-foto seakan menjadi candu yang selalu menggoda saya. Hunting foto sambil jalan-jalan alias traveling dan photography memang selalu asik untuk dilakukan selain dapat menikmati panorama alamnya kita juga bisa memotret apa yang menurut kita menarik, bisa saja itu pemandangan alam atau bisa juga kegiatan-kegiatan lucu yang dapat kita jumpai pada saat motret.

Nah, sore kemarin (27 feb 2016) saya akhirnya memutuskan untuk jalan-jalan dan hunting foto di salah satu pantai di padang cermin, kabupaten pesawaran, kira-kira 1,5 jam perjalanan lah dari kota bandar lampung.

Nama pantainya adalah pantai klara, kenapa klara..? konon di pantai ini dulu banyak berjejer pohon kelapa yang rapat di pinggiran pantai sehingga dinamakan pantai klara (kelapa rapat). Pantai ini menurutku sangat cocok untuk liburan weekend keluarga, mengajak anak dan keluarga untuk lebih mengenal alam dan bermain air di laut tentu akan lebih asik daripada hanya di rumah menikmati tontonan yang kurang mendidik ala sinetron indonesia.

DSC_1163_wm

Hanya saja untuk masuk ke kawasan pantai klara ini kamu perlu merogoh kocek untuk tiket masuk orang dan motor/mobil. Tiket masuk untuk mobil sebesar Rp25.000, motor Rp15.000 dan tiket masuk per orang Rp10.000. (sudah termasuk biaya parkir pengunjung). Sepertinya untuk ke pantai ini kamu memang perlu menyiapkan uangmu apalagi kalau bawa pacar dan menyewa pondok,,, belum makan-makan di kawasan wisatanya…. (tapi alhamdulillah kemarin saya ke sini agak sorean jadi petugas loketnya sudah pulang dan saya pun nggak menyewa pondok karena bawa hammock) 😀 😀

Dermaga Pantai Klara

Jika berniat ingin bermain snorkling di pulau-pulau terdekat seperti pulau klagian dan pulau-pulau di sekitar pantai klara, di sini juga terdapat dermaga penyebrangan lohh….

DSC_1149_wm
Dermaga Penyebrangan di Pantai Klara Lampung

Tampak beberapa aktivitas orang-orang yang lagi bermain dan ber selfie ria di pantai klara. Pantai nya memang terlihat kurang bersih di sekitar dermaga ini apalagi kalau air laut nya lagi surut,, duhh kelihatan deh sampah-sampahnya. Jika ingin yang agak bersihan dikit kamu jalan kaki aja menyusuri garis pantai nya ke arah selatan, nah menurutku di situ garis pantai nya lebih bersih.

DSC_1152_wm
Aktivitas Pengunjung di pantai klara, selfie dan bermain pasir

Seperti namanya, Kelapa Rapat. Di pantai ini memang lumayan banyak terdapat pohon kelapa yang berjejer rapi di pinggiran pantai.

DSC_1167_wm
Jejeran Pohon Kelapa dan simbol bahwa kamu lagi di pantai klara (kelapa rapat)

Sewa Pondoknya berapaan..??

Bagi kamu yang ingin menikmati indahnya bersantai bersama keluarga atau bersama pacar barangkali, kamu dapat menyewa pondok di sini, hanya saja pondoknya nggak gratis yah.. 😀 …kamu perlu membayar beberapa rupiah untuk menggunakannya. biasanya sih sekitar Rp25.000- Rp50.000 per pondok, harga segitu bisa kamu nikmati sampai puas.

DSC_1172_wm
Jejeran Pondok di pantai Klara Lampung yang tertata rapi

Sangat susah nyari tempat bergelantungan dengan hammock

Salah satu niat saya ke sini memang ingin mencari tempat bergelantungan alias hamoockan tapi karena jarang kita temui pohon yang pas akhirnya saya hanya menggunakan pohon ini, ini pun karena pertimbangan tidak mengganggu areal parkir mobil.

di balik ini terdapat kisah miris, saya sempat di tegur oleh pemilik pondok di sini karena memasang hammock di sekitar areal parkir milik pondoknya.,alasannya sih nanti kalau ada yang datang dan mau menyewa pondok saya kan jadi terganggu dan nggak jadi nyewa pondok saya. Akhirnya dengan sedikit kesal saya pergi mencari tempat bergelantungan lainnya, untung pada saat ini lagi kurang orang dan sudah sorean gitu jadi masih gampang mencari tempat bergelantungan lainnya… coba bayangin kalau lagi ramai2nya,,, yah terpaksa nyewa pondok 😀

DSC_1131
saya dan temen-temen mah hammock an aja, maklum jiwa backpacker nya kebawa-bawa hehe…

Asiknya memotret Human Interest dan Panorama Alam

Emang asik banget yah jalan-jalan sambil motret, ada aja moment-moment yang akan kita jumpai dan sangat berkesan jika di tangkap dengan angel dan moment yang pas. foto di bawah ini menggambarkan dan seakan memberikan cerita tersendiri.

Foto pertama ini saya dapat momentnya ketika si abang yang baru saja naik dari laut dan berniat mengembalikan perahunya namun tiba-tiba dia bingung cara ngangkat kapal yang pas gimana ini.,,? alhasil karena berat yang nggak seimbang akhirnya boat  yang si abang angkat melorot ke depan dan menghalangi pemandangan nah moment yang pas seperti ini menurutku sanga asik untuk di abadikan dalam frame.

DSC_1156_wm

kalau foto ke dua ini ceritanya si adek yang sedang bermain dengan ibunya, setelah puas bermain pasir dan bermain air, sang ibu pergi lebih dulu dan meninggalkan anak nya (tapi nggak jauh banget kok jaraknya) nah si adek masih diem tuh di situ seperti sedang galau dan termenung atau mungkin adeknya lagi ngantuk yah 😀 😀

saya sengaja mengambil angel dan memasukan kapal-kapal itu ke dalam frame, karena menurutku akan lebih bagus aja 😀 kayaknya si adek ini sabar gitu yah…hehe…

DSC_1159

Ray of Light yang gagal haha…

Ntah foto ini bisa di kategorikan Ray Of Light apa nggak yah..hehe??Lohh Ray of light itu apa..? ROL itu dapat terjadi ketika cahaya sinar matahari menembus ke bumi tapi melalui sela-sela benda yang di lewati bisa di sela-sela dedaunan, di sela-sela awan seperti gambar di bawah ini, atau cahaya yang masuk ke gua melewati sela dedaunan. Jadi sinar matahari tidak serta merta memancarkan cahayanya ke bumi, dalam seni fotografi ini memang tidak sering terjadi, terkadang kita hanya kebetulan mendapatkannya atau sebenarnya kita juga bisa mencari sendiri, caranya kita perlu mengetahui arah cahaya matahari, biasanya sih di gunung-gunung atau di sela-sela bukit dan bebatuan (dengan catatan cuaca matahari saat itu lagi cerah)

Pada foto di bawa ini pun kejadiannya hanya kebetulan saja. melihat ROL seperti ini tanpa objek menarik lainnya menurutku ada yang kurang, sehingga saya menunggu moment yang lainnya. tiba akhirnya kapal nelayan yang kebetulan lewat dan sepertinya sangat menarik jika kapal tersebut masuk ke dalam frame dengan moment ROL tersebut. cekreekk… cekreekkk hehe…

DSC_1139_wm

Sepertinya di Pantai Klara bukan spot sunset 😀 😀

Yahhh sepertinya sih begitu, sunset di pantai klara ini kayaknya kurang recomended. mungkin agak berbeda jika saya hunting sunset di pantai sebalang kalianda lampung, tapi tak apalah langit orange-orange sikit tak apa hehehe….

DSC_1206_wm

oke sobat travel fotografi sekian dulu jalan-jalan dan hunting fotonya. semoga bermanfaat…  🙂