Travel Photography di Festival Tomatina Spanyol
Posted by Adi Wijaya on 23rd February 2015
| 1304 views

Festival Tomatina SpanyolSalah satu objek mengesankan untuk dijadikan objek dalam fotografi adalah manusia dengan aktifitasnya. Setiap fotografer akan dengan sengaja pergi ke suatu daerah hanya untuk mengabadikan momen momen mereka. Kegiatan melakukan perjalanan untuk menemukan momen untuk dipotret diistilahkan dengan travel Photography.

Jika Anda sedang berkunjung ke Spanyol, pastikan bahwa anda berada dalam waktu dimana akan dilaksanakannya sebuah festival internasional yang sudah dikenali di seluruh dunia. Festival ini paling ditunggu setiap tahunnya, inilah Festival Tomatina.

Bagian Keren Travel Photography di Festival Tomatina
Sekitar puluhan ribu orang akan saling melempari dengan toman dengan penuh semarak. Biasanya akan disediakan sekitar 120 ton tomat yang berwarna merah sehingga jalan pun akan memerah dan basah oleh tomat tomat yang terlempar. Festival ini memang termasuk ke dalam festival perang makanan yang paling besar yang diadakan di Spanyol setiap tahun.

Untuk seorang travel photography, tentu saja kesempatan ini tidak akan dilewatkan begitu saja. Festival ini memiliki bagian bagian keren yang harus diabadikan di dalam sebuah jepretan kamera. Melihat banyak sekali manusia yang memenuhi Plaza Mayor daerah Bunot, tentu akan terlihat menarik. Apalagi jika mereka bertelanjang dada dan menggunakan kacamata renang untuk menghindari tomat ke arah mata sehingga tidak terasa perih.

Jika tak mau ikut andil dalam festival ini, maka ada juga tempat di balkon balkon yang disediakan untuk para penonton yang memotret, atau menyemangati. Balkon balkon ini berada di sekeliling bangunan di atas jalanan medan pertempuran festival tomatina. Banyak orang yang sengaja untuk datang ke tempat ini setiap tahun untuk menikmati keunikan acara ini. Mereka tidak lelah untuk saling melempar hingga benar-benar tak ada satu tomat pun tersisa.

Festival ini diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 1945. Semakin ke sini pesertanya pun semakin banyak sehingga kota Bunol yang terletak 40 km jauhnya dari Valencia semakin dikenal sebagai gudang tomat karena festival ini dan suburnya tanah di daerah tersebut. Sejarah festival ini berawal dari perang perangan yang dilakukan oleh anak anak di Bunol jaman dahulu kala yang kemudian berkembang menjadi festival yang besar seperti sekarang.

Turis turis pun banyak yang berdatangan, pemerintah setempat kemudian memberikan perhatian khusus sehingga dapat meningkatkan perekonomian Negara Spanyol pada umumnya pada bidang pariwisata dan kuliner. Para reporter dan wartawan dari berbagai dunia turut serta meliput kegiatan ini, begitu juga dengan para fotografer travel photography yang secara detail mengabadikan momen demi momen terlemparnya tomat dari sisi ke sisi yang lain.

Mengabadikan festival tomatina ke dalam sebuah foto yang akan dikenang oleh semua orang sebagai karya yang mengagumkan adalah sebuah tugas dari fotografer perjalanan travel photography.