Eksotika Upacara NgabenBagi para penggiat travel photography, tentu akan menantikan acara acara atau kegiatan yang bersifat langka untuk diabadikan ketika melakukan perjalanan pada suatu tempat. Di Bali contohnya, ada sebuah upacara yang tidak setiap hari dilaksanakan karena ketentuan tertentu. Upacara ini disebut sebagai upacara Ngaben.

Upacara Ngaben adalah upacara pembakaran mayat atau jenazah dengan tujuan melepaskan jiwanya dari dunia menuju kehidupan setelah kematian yang terjadi kepadanya, hingga akhirnya mencapai nirwana. Upacara ini adalah upacara yang paling penting dari pelepasan jiwa dari tubuh setiap orang yang meninggal menuju lingkungan alam setelah kehidupan.

Eksotisnya Upacara Ngaben dalam bingkai Travel photography
Bagian eksotis dalam upacara Ngaben ini terletak pada bagaimana sebuah kepercayaan umat Hindu di Bali yang meyakini bahwa hanya dengan melakukan pembakaranlah jenazah akan terpisah dengan jiwanya sehingga jiwanya akan bebas meninggalkan alam dunia ini. Tubuh harus dibakar untuk mengembalikan jiwa pada panca maha buta yang terdiri dari bumi, angin, api, air dan eter.

Sebenarnya, upacara Ngaben ini pada umumnya tidak langsung dilaksanakan ketika seseorang meninggal. Karena upacara ini sangat mewah dan mahal, maka setiap yang meninggal akan dikuburkan terlebih dahulu hingga dana untuk upacara mencukupi. Upacara ini biasanya di gelar di lapangan terbuka selepas matahari melewati puncak. Para fotografer travel photography biasanya akan bersiap di tempat pelaksanaan untuk mengikuti alur upacara dan membidik gambar-gambar yang eksotik ketika pendeta melakukan ritual, dan ketika upacara dimulai.

Tidak sampai disitu, eksotika dari upacara Ngaben ini terus berlanjut. Setelah tubuh jenazah sudah terbakar sempurna, para anggota keluarga kemudian mengumpulkan sisa pembakaran dan tulang belulang. Setelah itu, dengan membawa patung orang yang telah meninggal maka abu dan tulang belulang pun di bawa ke laut atau sungai besar untuk tebarkan. Dengan begitu jiwa akan tenang.

Setelah upacara pembakaran Ngaben, maka berbulan bulan berikutnya akan terus diadakan upacara upacara yang lain untuk meyakinkan bahwa pemisahan jiwa dengan tubuh telah sempurna dan benar benar terpisah dari alam keduniawian. Hal ini untuk meyakinkan bahwa jenazah bisa menuju surga. Upacara-upacara ini pun menjadi lebih eksotik dengan berbagai upacara dan ritual yang dilakukan khas Bali.

Kemudian, pada akhirnya akan diadakan upacara nyagara gunung sebagai upacara terakhir sebagai ekspresi keluarga dan ucapan terima kasih kepada dewa dewa laut yang telah mengabadikan jiwa jenazah yang telah meninggal.

Banyaknya upacara upacara keagamaan yang berlangsung di Bali membuat para penggiat travel phorography senang sekali mengadakan perjalanan ke Pulau Dewata ini. Mereka berharap kedatangan mereka menjadi sebuah keberuntungan dengan diadakannya upacara upacara seperti upacara Ngaben ini. Mengabadikan momen eksotiks ini tentu akan menjadi salah satu hal paling keren dari fotografi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here