Home Blog

Ternyata ini alasan kenapa Traveller butuh Asuransi Perjalanan

0

Traveling saat ini bukan lagi menjadi milik beberapa orang yang secara finansial adalah golongan menengah ke atas, akan tetapi telah menjadi kebutuhan semua kalangan. Dari keluarga yang biasa-biasa saja sampai kalangan menengah ke atas butuh dengan yang namanya berwisata atau dengan bahasa kerenya traveling.

Animo masyarakat terhadap kegiatan traveling bisa di lihat saat musim liburan tiba, semua tempat wisata akan penuh sesak oleh orang-orang yang begitu rindu akan suasana bersantai di tepi pantai, bersenda gurau di taman kota atau mungkin hanya sekedar menghabiskan akhir pekan di tempat-tempat yang begitu damai dan menyenangkan, misalnya saja berlibur ke pulau labengki atau sombori.

Berbagai moda transportasi pun mereka lalui, ada yang menggunakan jalur darat, laut dan udara. Untuk kalangan menengah ke atas jalur udara dengan pesawat mungkin menjadi opsi terbaik untuk memaksimalkan waktu liburan mereka, selain jarak tempuh yang dapat dipersingkat juga dengan pesawat mereka akan lebih nyaman.

Dengan moda transportasi yang bermacam-macam tersebut, kadang kita lupa bahwa ada risiko yang mengikuti kita selama perjalanan misalnya saja, pihak maskapai tiba-tiba menunda jadwal penerbangan, dokumen hilang ketika dalam perjalanan atau mengalami musibah dalam perjanlan. Nah ke semua itu hendaknya harus disikapi dengan bijak oleh traveller, apalagi mereka yang sangat sering jalan-jalan ke luar negeri.

Inilah beberapa alasan mengapa kita para traveller butuh dengan yang namanya asuransi perjalanan.

  1. Tiba-tiba, penerbangan anda ditunda;
    Mendengar kabar bahwa penerbangan anda tiba-tiba ditunda adalah salah satu moment yang akan membuat anda jengkel, kesal dan bahkan marah. Itinerary yang sudah anda buat sebelum keberangkatan menjadi tidak sesuai rencana lagi karena kejadian ini. keterlambatan yang di luar kendali kamu seperti pemogokan, cuaca buruk, dan kerusakan mekanis, penutupan bandara, dan lain-lain maka asuransi perjalanan akan memberi perlindungan agar kamu tak mengalami kerugian. Masa keterlambatan asuransi perjalanan beragam, ada yang 6 jam ada pula yang 12 jam. 
  2. Rumah anda akan tetap aman ketika sedang melakukan traveling;
    Hal yang juga sering menjadi pikiran ketika kita traveling adalah keamanan tempat tinggal. Nggak enak dong,,,kalau sepulang dari jalan-jalan kita jumpai rumah kita telah disatroni pencuri ata semacamnya. Nah asuransi perjalanan ini juga bisa moncover keamanan rumah anda ketika sedang melakukan traveling. Jadi traveling tetap bisa nyaman meskipun rumah di tinggal lama.

  3. Ketika Dokumen Perjalanan anda hilang
    Bukan tidak mungkin ketika anda sedang asyik-asyik traveling, dokumen penting anda seperti paspor malah tercecer ntah kemana. Situasi seperti ini pasti membuat anda takut, cemas dan bahkan panik harus berbuat apa. Bagi para pemilik asuransi perjalan, mereka setidaknya akan lebih santai karena asuransi perjalanan akan membayarkan biaya penerbitan kembali paspor, tiket atau dokumen perjalanan lainnya yang hilang karena pencurian atau bencana alam ketika kamu berada di luar negeri, selama jangka waktu pertanggungan.
  4. Mengalami musibah ketika sedang asyik traveling
    Sebuah perjalanan yang kita lakukan tidak mungkin akan selalu berjalan lancar, akan selalu ada masalah-masalah diluar dari perencaan yang telah kita susun, ada yang bisa diatasi sendiri tanpa bantuan orang lain, namun ada juga musibah yang memang kita membutuhkan orang lain, misalnya saja kecelakaan.Bagi seorang pejalan dengan duit tak terbatas mungkin tak menjadi masalah, tapi bagi pejalan dengan duit pas-pasan, semua pengeluaran sudah dibuat rincian,,,tentu hal ini akan membuat anda bingung kan.? Nah, dengan menggunakan asuransi perjalanan ini biaya perawatan termasuk evakuasi dan bantuan gawat darurat bisa di cover.
  5. Kehilangan barang
    Beberapa kali saya melihat video dan membaca curhatan para penumpang pesawat yang kabarnya koper-koper mereka telah dipreteli satu persatu bahkan barang-barang berharga mereka sampai hilang dalam koper sendiri.
    Bagi pemilik asuransi perjalan, mereka tentu tidak akan merasa khawatir karena jika barang mereka hilang, rusak atau mengalami keterlambatan maka asuransi perjalanan mereka akan memberikan perlindungan bahkan memberikan penggantian barang jika benar-benar diperlukan.
  6. Punya rencana traveling ke negara-negara kawasan Schengen .??
    Kabar gembira bagi teman-teman yang suka bepergian ke luar negeri bahwa memiliki Asuransi Perjalanan Adalah Syarat Mutlak Visa Schengen, asuransi perjalanan ini akan berfungsi sebagai jaminan Anda ketika di luar negeri. Kawasan Schengen sebenarnya merupakan kawasan yang terdiri dari 26 negara Eropa yang resmi menghapus kebijakan paspor dan semua jenis kontrol perbatasan pada masing-masing kawasan perbatasan. Wilayah ini sebagian besar berfungsi sebagai tujuan perjalanan internasional, dengan kebijakan visa sebagaimana lazimnya. Kawasan ini dinamai sesuai dengan yang tercantum pada Perjanjian Schengen. Negara-negara di Kawasan Schengen memperkuat kontrol perbatasan dengan negara-negara non-Schengen (sumber:wikipedia)
    Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat gambaran peta kawasan Schengen berikut ini:

    Peta Kawasan Schengen

Jadi jika anda mempunyai visa Schengen maka kalian bisa keliling ke banyak negara-negara di eropa dengan mudah hanya dengan bermodalkan visa Schengen. Visa ini adalah hasil dari Perjanjian Schengen yang dilakukan negara-negara Uni Eropa di Schengen, suatu kota di Luxemburg pada tahun 1985. Salah satu isinya adalah menghapus pengawasan perbatasan di antara negara-negara Uni Eropa dan mencakup berbagai aturan kebijakan bersama untuk izin masuk jangka pendek.

Visa Schengen adalah visa khusus yang dapat dimiliki traveler untuk menjelajahi negara Uni Eropa. Tercatat, ada 25 negara (22 negara Uni Eropa dan 3 non-Uni Eropa) yang bisa Anda jelajahi lebih praktis dengan visa ini.

25 Negara yang dapat Anda jelajahi dengan Visa Schengen adalah Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, dan Swiss. Visa ini berlaku bagi orang-orang yang ingin traveling atau berbisnis di Eropa. Batas waktu paling lama menggunakan Visa Schengen adalah 90 hari dalam jangka waktu 6 bulan.

Hal inilah yang menjadi salah satu pertimbangan mengapa traveller harus menimalkan risiko perjalanan dengan mengambil asuransi perjalanan sebagai proteksi diri, salah satu contohnya adalah mengambil Asuransi perjalanan ke Schengen. Setelah mengetehui begitu pentingya asuransi perjalanan bagi traveler, nah kali ini saya ingin memberikan tips cara cepat dan mudah membandingkan asuransi perjalanan yang cocok dengan budget anda, hanya dengan satu website semua bisa diatasi, yaitu dengan futuready.com, apa itu futuready.com..???yukkk simak…

Futuready adalah broker asuransi online pertama yang memegang lisensi dari OJK dengan nomor KEP-518/NB.1/2015 tanggal 18 juni 2015, nah situs futuready.com sendiri adalah tempat untuk mencari, membandingkan dan membeli asuransi yang paling lengkap…mudah dan sangat simple kan, dibandingkan harus mengunjungi satu persatu situs dari brand asuransi tersebut.

Mereka juga bagian dari AEGON, salah satu perusahaan asuransi terbaik di dunia yang berbasis Den Haag, Belanda. Namun perlu di garis bawahi bahwa futuready ini TIDAK MEMBUAT PRODUK asuransi sendiri ya 😊

Jadi konsep kerjanya, futuready akan memberikan semacam rekomendasi produk-produk asuransi terbaik dari berbagai perusahaan asuransi terkemuka dan menawarkan pada anda dengan informasi yang ringkas, jujur dan tidak memihak.

Beberapa produk yang mereka tawarkan adalah:

  1. Asuransi kesehatan: menjamin rawat inap, cacat tetap, dan santunan meninggal dunia
  2. Asuransi Perjalanan: kehilangan bagasi, pembatalan perjalanan dan biaya medis perjalanan
  3. Asuransi Kecelakaan: Perawatan akibat kecelakaan, cacat akibat kecelakaan dan kerugian akibat kecelakaan
  4. Asuransi Mobil: Kecelakaan di jalan, rusak akibat banjir dan mobil hilang

Brand-brand yang bekerja sama dengan mereka diantaranya:

Brand Asuransi yang bekerja sama dengan futuready.com

Tampil Percaya Diri Ketika Traveling dengan Jam Tangan Keren

0

Tampil Percaya Diri Ketika Traveling dengan Jam Tangan Keren – Tau nggak sih gais, kalau saat ini tuh orang yang hobby jalan-jalan alias traveling nggak cuman ngejar sebuah spot baru loh atau hanya sekedar ingin diketahui sebagai yang pertama datang ke tempat itu…tapi lebih dari itu, gimana cara mereka mendapatkan sebuah foto terbaik, bahkan menelusuri cerita-cerita legenda yang pernah ia dengar sebelumnya. 

Nah cerita tentang foto bagus tentu tidak akan lepas dari yang namanya assesoris dong., contohnya aja kacamata hitam, topi, scarf, tas backpack, selendang dari kain tenun, kaos kaki warna-warni, bandana, kupluk dan sepatu traveling. Saya jamin semua assesoris ini akan membuat foto-foto kamu makin keren dan kece abis bro… Tapi untuk kesempatan kali ini, saya khusus ngebahas jam tangan aja ya biar kalian makin percaya diri saat traveling.

Beberapa tahun belakangan ini, jam tangan mungkin hanya digunakan sebagai penunjuk waktu bagi para pemakainya, tapi kalau saya perhatikan sekarang lebih ke style, buktinya beberapa orang menggunakan model jam tangan sesuai dengan acaranya, misalnya saja untuk kegiatan formal, para pemakainya lebih suka menggunakan jam tangan dengan model tali jam kulit atau Stainless Steel, ketika ia sedang melakukan kegiatan outdoor atau traveling ia lebih cenderung menggunakan jam tangan casual, biasanya dengan fitur anti air akan lebih bagus, katanya sih biar bisa dipakai buat nyelam hehe… (pemilihan ini juga nantinya akan dipengaruhi oleh masing-masing style seseorang) 

Nah biar sobat semua nggak salah pilih, saya mau sharing beberapa tips yang barangkali bisa berguna saat teman-teman ketika memilih jam tangan yang pas digunakan saat traveling..apa aja sih..??yukkkk lanjoott

  1. Kalian Hobby traveling ke mana sih.., Gunung apa Laut.?
    Cerita tentang kebutuhan jam tangan saya lebih suka membaginya ke dalam dua jenis kebutuhan yaitu gunung dan laut, kenapa..??alasanya simpel, ke dua hobby outdoor ini memang tempat bermainnya beda. Bagi yang suka main dilaut maka pilihlah jam tangan yang Waterproof aja, kedalamannya bisa disesuaikan kebutuhan, mau 30 meter atau 50 meter ke atas monggo…Nah bagi yang suka naik gunung pilihlah jam tangan yang nggak hanya anti air tapi juga punya penunjuk arah, pengukur suhu dan lainnya.
  2. Model dan Warna Jam tangan
    Model dan warna sebuah jam tangan saya masukan dalam urutan ke dua, karena secara pribadi saya pun sangat pemilih dalam hal urusan warna jam tangan, selain karena kulit saya gelap-gelap gitu, juga tangan saya kecil jadi memang harus mencari jam tangan yang modelnya pas banget.

    Untuk urusan warna saya lebih suka memilih warna hitam karena menurutku warna ini memang sangat pas dengan warna kulit saya yang aduhaiii.. 😀 😀
  3. Harga dan Originalitas Jam Tangan
    Bicara harga tentu kita akan kembali ke isi kantong masing-masing ya, kalau punya duit lebih, yah mungkin akan membeli merk mahal, tapi jika isi kantong kalian pas-pasan seperti saya maka beli aja jam tangan yang sudah mampu mencukupi kebutuhan outdoor kalian, itu udah cukup kok. Lagian untuk menjadi keren tak perlu mahal kan..? banyak kok merk jam tangan keren dengan harga yang bersahabat,salah satunya merk casio…harga jam tangan casio ini cukup bervariasi, mulai dari yang murah sampai yang mahal pun ada, tentunya sekali lagi harga tidak akan pernah bohong, makin mahal suatu produk tentu fitur yang ditawarkannya pun akan lebih baik dibandingkan harga dibawahnya.

    beberapa jam tangan dengan merk yang udah terpercaya sejak lama dan kualitas yang tak diragukan lagi  beberapa situs online juga menyediakan jam tangan outdoor dengan harga yang tidak terlalu mahal tapi tetap terjaga keasliannya, salah satunya di mataharimall.com.
  4. Merk mahal banyak, TAPI yang murah dan nggak murahan juga ada kok 
    Saya beberapa kali bertanya ke temen seperjalanan saya, mereka pakai jam tangan merk apasih..? pas tau merknya weewww itu merk mahal bro.,tapi emang sih beberapa jam tangan outdoor memang terkenal mahal dan tidak ramah untuk beberapa kantong traveller, mungkin karena fitur-fitur yang disertakan dalam jam tangan tersebut kali ya.

    Nah dari pada kalian kerja keras ngumpulin duit buat beli jam tangan mahal, mending beli yang standar aja tapi sudah mencukupi kebutuhan. Lumayan kan kalau sisanya ditabung buat melamar si dia,… apalagi kalau saya yang orang bugis ini, uang panai mahal bro #ehhh kok malah curhat ya hehehe… 

    Tenang aja gais banyak kok merk jam tangan bagus dengan harga murah dan bersahabat dengan kantong kita, salah satunya varian dari jam tangan merk casio. Di antaranya adalah tipe G-Shock, Baby-G, Edifice, Sheen, ProTrek, dan masih banyak lagi. Jam tangan Casio G-Shock cocok sekali untuk para pria yang memiliki hobi travelling, berpetualang, dan olahraga outdoor, dan pastinya harga jam tangan casio ini tidak akan menguras isi kantong kalian 🙂
  5. Jadi bagi kalian yang sedang berencana membeli jam tangan outdoor mungkin merk casio ini bisa jadi salah satu pilihan terbaik karena harga jam tangan casio ini cukup bersahabat dengan kantong traveller 🙂 Happy traveling gais 🙂 

Memesan Tiket Bus Murah Untuk Traveling Backpacker ke Bali

0

Bali merupakan tujuan wisata di Indonesia yang nggak pernah sepi pengunjung. Bali juga sering kali menjadi tempat liburan singkat saat weekend datang. Berbagai jenis traveler, dari backpacker hingga kelas mewah berkumpul di Pulau Dewata ini. Dengan budget yang tidak terlalu besar, kamu juga bisa pergi liburan menikmati keindahan Bali, caranya tentu saja dengan backpacker. Biaya liburan dengan backpacker memang jauh lebih kecil, tapi keseruannya juga nggak kalah loh. Salah satu yang biasa dilakukan oleh pelancong backpacker tentunya dengan berangkat naik bus.

Jangan bayangkan kamu harus datang ke terminal atau ke agen untuk sekedar mencari informasi tiket bus ke Bali. Sekarang memesan tiket bus semudah belanja online dengan menggunakan aplikasi Traveloka. Di sini kamu juga bisa mendapatkan informasi perjalanan dengan lengkap sebelum memastikan untuk booking.

Menentukan Armada

Sebelum melakukan perjalanan backpacker, kamu bisa mencari informasi mengenai perjalanan menuju Bali lewat aplikasi Traveloka, Traveloka sudah menggandeng sederet armada yang siap membawamu ke Pulau Dewata yakni dengan Gunung Harto, Wisata Komodo, Pahala Kencana, Restu Mulya, Tiara Mas, dan banyak lainnya.

Lewat aplikasi Traveloka, kamu hanya perlu menentukan kota keberangkatan dan tujuan, serta tanggal keberangkatan dan tanggal kembali jika memang ingin memesan tiket bus untuk pulang dan pergi. Setelah itu, kamu akan mendapatkan detail perjalanan berupa nama bus, waktu keberangkatan, dan fasilitas.

Baca juga : Serunya Menghabiskan Weekend di Pulau Pahawang

Pilih Fasilitas Armada

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli tiket bus. Selain lamanya perjalanan, perlu dilihat juga tingkat kenyamanan yang ditawarkan. Memilih memilih bus untuk perjalanan ke Bali di aplikasi Traveloka memang serasa sedang memilih hotel, selain fasilitas yang ditulis detail, mereka juga melengkapinya dengan foto interior.

Pada detail perjalanan, Traveloka akan menuliskan fasilitas apa saja yang dimiliki armada terkait, termasuk jenis bus, AC, ketersediaan toilet, tempat merokok terpisah, selimut, bantal, dan bahkan bagasi. Penumpang pun bisa memilih armada mana yang sesuai dengan kebutuhan. Saat memesan tiket bus di Traveloka, bisa jadi kamu akan mendapatkan diskon dari promosi yang sedang berlaku, biaya yang dikeluarkan pun jauh lebih hemat.

Booking Tiket Bus dengan Mudah

Memesan tiket bus sekarang memang semudah membeli tiket transportasi lain. Setelah memutuskan waktu dan armada yang diinginkan, kamu hanya perlu menuliskan data diri seperti yang diminta dan menyelesaikan pembayaran. Tidak perlu waktu lama, kamu bisa langsung menerima e-tiket via email dan SMS.

Liburan ala backpacker jadi lebih ringan dan tetap murah dengan memesan tiket bus di aplikasi Traveloka. Tunggu apa lagi? Kamu bisa merencanakan liburan ke Bali dengan budget minimalis mulai dari sekarang. Pergi berlibur sejenak untuk melepas penat dari rutinitas memang perlu banget, setelah refreshing bisa jadi pikiran lebih jernih dan makin fokus pada pekerjaan

Jatuh Cinta Dengan Desa Namu

9

Siapa sangka tempat yang tak begitu jauh dari kota kendari, tempat yang dulunya hanyalah desa kecil yang begitu bersih dan nyaman ternyata menawarkan pesona alam yang begitu memukau, mulai dari wisata bahari hingga pesona air terjun dapat kita jumpai di sini. Orang-orang menyebutnya “Desa  Wisata Namu” salah satu tempat yang pas untuk menghabiskan akhir pekan yang terbaik.

Awal cinta ini dimulai setelah melihat salah satu postingan teman saya di Instagram tentang desa namu, karena penasaran akhirnya saya pun bertanya..

Saya: Jo, itu di mana kok keren begitu tempatnya, tempatnya teduh dan terdapat banyak pohon kelapa ditepian pantainya dan juga terdapat sebuah ayunan yang bergelantungan diantara dua pohon kelapa…. “hemmp sepertinya sebuah tempat menarik “pikirku dalam hati”
Jo: Owwww. itu di Desa Namu di, wahh harus ke sini di kalau kamu pulang, di jamin betah deh sabtu minggunya di sini 😀
Saya: Wah gitu ya.. oke dehh. Insya Allah pulang kampung nanti saya akan mengunjunginya 🙂

Berbekal rasa penasaran yang mendalam saya pun akhirnya memutuskan untuk mengujungi tempat ini. Bersama dengan seorang teman saya dari jakarta dan beberapa orang lagi dari kendari kami menuju ke pelabuhan Amolenggo di kecamatan Kolono Timur. Oia perjalanan dari kota kendari menuju pelabuhan ini dapat ditempuh kurang lebih selama dua jam perjalanan, bisa menggunakan roda dua maupun roda empat, kondisi jalan juga menurutku sudah sangat baik.

Pelabuhan Amolengu di Kolono Timur

Selama 45 menit kapal yang kita tumpangi akan membelah lautan disepanjang perairan pelabuhan amolengu menuju desa namu, dalam perjalanan beberapa kali mata ini disuguhi pemandangan tepi pantai yang masih perawan dan belum terjamah, sepertinya jalur ini memang sangat potensial untuk pengembangan wisata bahari kedepannya. Tapi bukan cuman keindahan tepi pantai yang tersaji dalam perjalanan ini, tampak jelas bekas penambangan yang telah ditinggalkan oleh pengelolanya, cukup merusak pemandangan dan tentunya juga merusak ekosistem dan lingkungan disekitar.

Di Sambut Wajah-wajah riang anak Desa Namu
Di atas dermaga kayu sepanjang 30 meter tampak anak-anak desa namu telah mengamati kami dari kejauhan, menyambut dengan senyum tulusnya sebagai tanda salam perkenalan hangat dari mereka. Jadi sepertinya anak-anak di Desa Namu ini sudah terbiasa ketika ada tamu, mereka dengan sangat senang jika di ajak untuk bermain, di ajak untuk menunjukkan tempat-tempat keren lainnya pun mereka sangat bersemangat.

Oya di Desa Namu ini ada beberapa pilihan tempat beristrahat, bagi kalian yang tidak membawa peralatan camping bisa menginap di rumah-rumah warga dengan tarif yang cukup murah, bisa juga meminta untuk disiapkan makan siang atau makan malam. Nah bagi kalian yang membawa peralatan camping juga telah tersedia tempat camping yang sangat nyaman dan bersih.

Di ajak Berkeliling Desa Namu…

Dermaga itu mengantarkan kita ke tepian desa namu, di sambut dengan rimbunan pohon kelapa dengan tulisan “Namu” sebagai simbol bahwa saat ini anda sedang berada di desa namu. Di sisi kiri dermaga ini terdapat sebuah pos jaga sebagai tempat informasi bagi para pengunjung yang ingin mengetahui lebih banyak tentang desa namu, tapi rumah ini juga bisa di sulap sebagi tempat tinggal sementara, dan karena pada saat itu kami tidak membawa peralatan camping makanya kami diijinkan untuk menginap di pos ini.

Kesan pertama dengan desa ini telah membuat saya jatuh hati, kebersihan, kenyamanan serta keramahtamahan warganya telah menghipnotis untuk betah berlama-lama di sini.

Di bawah rimbunan pohon kelapa kami melalui jalan setapak yang telah di semen, mengantarkan kami ke salah satu rumah warga…”oww ternyata itu rumah pak harlan”..salah satu penggiat wisata di desa itu. Beliau bersama dengan komunitas Ruruhi Project memberikan pencerahan kepada masyarakat sekitar tentang potensi wisata yang dapat dikembangkan di desa namu, hingga akhirnya terbentuklah “Desa Wisata Namu”

Hasilnya memang sudah dapat dinikmati, walaupun masih belum maksimal tapi setidaknya desa ini telah mengarah ke arah yang lebih positif dalam pengembangan desa berbasis desa wisata. Masih banyak terdapat spot-spot wisata yang belum dikolola saat kami mengunjungi tempat ini, salah satunya air terjun Pitu Ndengga.

Kami juga diantar ke salah satu sumber mata air yang memang terlihat belum dikelola dengan baik hingga alirannya punya masih belum lancar, kata pak harlan akan dilakukan perbaikan dan pengaturan jalur air kedepannya. Kemudian disambut oleh pak desa setempat dan diajak ngopi bareng 🙂

Sementara teman-teman saya sedang mengobrol dengan pak desa saya pun memanfaatkan moment langit yang sedang membiru untuk segera diabadikan dalam frame.

Keceriaan anak-anak desa namu saat bermain sampan
Tepian Desa Namu
Jalan-jalan sore lebih menyenangkan karena lingkungan desa namu yang cukup bersih
Pantai yang Bersih
Lomba gayung perahu

Menanti Sunrise di Pagi Hari

Pagi hari adalah waktu yang sangat pas untuk menikmati pagi dengan secangkir kopi, bersenda gurau dengan teman sejawat sambil menceritakan unek-unek selama sepekan berlalu. Bias-bias jingga yang terbit dari kejauhan semakin menambah kehangatan pagi itu, sementara burung-burung juga tak mau kalah, mereka saling berkicau secara bergantian… ahhh nikmatnya pagi itu di desa namu.

Bias jingga yang tampak dari kejauhan

Hari ke Dua Siap Explore Desa Namu dan Snorkeling

Hari ke dua kami memutuskan untuk mulai mencoba wisata baharinya, mulai dari mencoba beberapa titik penyelaman yang direkomendasikan sampai beberapa spot yang memungkinkan anda dapat bertemu dengan kawan penyu.

Kawan saya yang bernama eddy, naim dan teman dari jakarta sempat bertemu dengan kawanan penyu yang hidup disekitar pantai tersebut, bahkan penyu yang mereka temukan berjumlah lebih dari satu. Kami berharap dengan adanya penyu tersebut bukan malah nantinya akan menjadi pemburuan para manusia-manusia yang serakah akan hasil laut, biarkanlah mereka berkembang biak diperairan tersebut, tugas kita cukup melestarikan dan memastikannya bahwa mereka aman di sana.

Main air

View Desa Namu dari Puncak
Puncak ini juga menjadi salah satu spot foto ketika kita berkunjung ke desa namu, panorama yang disajikan begitu memukau, laut yang berwarna biru tosca, desa namu yang terlihat dari kejauhan dan pasir timbul yang muncul kala air laut sedang surut. Tapi hati-hati karena untuk naik ke tempat ini cukup terjal jadi pastikan kalian menggunakan sendal atau sepatu tracking.

View Desa Namu dari salah satu puncaknya

Panorama Landscape yang memukau
Bagi kalian yang pecinta fotografi, sempatkanlah menuju kebawah tepat ditepian spot snorkeling ini, nah di sini kalian dapat memotret panorama landscape yang cukup bagus, warna bebatuan yang kecoklatan, langit biru serta pepohonan yang menghijau menambah kontras foto anda.

Panorama Landscape Desa Namu
Suasana yang tampak begitu teduh
Bebatuan Pantainya yang berwarna kecoklatan

Oya ini salah satu air terjun yang belum sempat kami explore saat itu disebabkan karena jalan menuju ke air terjun masih dalam perbaikan, jadi sesuai saran pak harlan spot ini kami pending dulu. Oleha karena itu saya tampilkan aja videonya, supaya kalian yang membaca ini tidak penasaran hehe..

Air Terjun Pitu Ndengga Desa Namu

Video ini adalah karya dari Pokea_production @2017

Foto-foto tentang Desa Namu selengkapnya bisa di lihat di Portofolio saya .. klik di sini

Desa Namu adalah sebuah tempat mencari ketenangan, jauh dari hiruk pikuk ibukota, bahkan saat saya datang ke sini pun listrik juga belum ada jadi bener-bener back to jaman dulu,,,Namun justru disitulah saya merasakan kenikmatan yang haqiqi akan suatu liburan yang berkesan, tak ada signal dan gangguan lainnya ketika anda berlibur ke sini.

Kesan yang begitu mendalam tentang Desa Namu dan saya ingin ke sini lagi.. 🙂

Menjejaki Pesona Gigi Hiu Yang Tersembunyi “Sebuah Landscape Terindah di Lampung”

24
Beberapa tahun yang lalu sebelum menginjakkan kaki di lampung, beredar sebuah foto di Laman Facebook saya, sebuah Landscape bebatuan unik, menjulang tinggi penuh angkuh namun begitu indah jika dipandang.Membidiknya dalam frame kamera tentu salah satu opsi terbaik. Orang-orang mengatakan tempat itu laksana “Gigi Hiu” yang sedang menganga atau kata penduduk setempat “Batu Layar” karena batunya yang mengembang bagaikan Perahu Layar….♥♥♥♥♥

Malam itu saya dan Fajrin Herris si Travelergadungan.com sedang mengobrol asik di salah satu kedai tempat kami biasanya berkumpul, yaitu kedai aceh jumbo raya, dan Tak Lama kemudian Yay (panggilan akrab saya ke dia) membuka pembicaraan..

“Ehhh gimana kalau kita ke gigi hiu..??kata dia sambil menyeruput kopi aceh andalannya.

Saya: waoo Gigi Hiu….boleh bangett tuh..  Sontak saja lagsung ku iyakan, karena sebenarnya moment inilah yang sejak lama ku tunggu-tunggu, bukan tanpa alasan, Gigi Hiu ini adalah salah satu landscape terbaik yang ada di Lampung, tapi sudah setahun lebih saya berada di Lampung sekali pun belum pernah ku jejaki tempat ini.

Yay: Iya di,, jadi kebetulan saya lagi kedatangan tamu dari batam (dua orang) mereka traveler juga,.. mba mero dari seniberjalan.com dan mba Siti Atikah namanya.., jadi kalau adi mau ikut yokk monggo.., masa iya sudah lama di Lampung tapi belum pernah ke gigi hiu kan..”kami pun sama-sama ketawa,,iya betul juga tuh” 😀

Setelah deal malam itu, keesokan harinya kami janjian di depan hotel tempat mereka menginap, setelah saling mengenalkan diri kami pun langsung bergegas menuju gigi hiu kelumbayan tanggamus.. “Yeaaahh I’m Coming kataku dalam hati”

Cara Menuju Ke gigi Hiu

Sebenarnya ada dua jalur yang dapat kita tempuh menuju ke Gigi Hiu, jalur pertama bisa via kiluan dan jalur ke dua via padang cermin. Untuk jalur pertama tidak saya rekomendasikan karena medan yang harus kita lewati setelah kiluan menuju gigi hiu itu sangat…sangat extreme, perlu sepeda motor khusus untuk bisa melaluinya kecuali kalau kalian memaksa tetap bisa namun sangat tidak di anjurkan, apalagi jika musim hujan… saya harapkan jangan lewat jalur ini.

Nah untuk jalur ke dua bisa via padang cermin, jalurnya pun “lumayan” enak, dalam artian, di beberapa jalan yang akan dilalui juga terdapat jalan yang kurang bagus, mulai dari jalan mulus, jalan onderlaag, naik turun bukit dengan bebatuan besar,, jika kurang fokus dan motor tak stabil maka bisa membuat penumpangnya terjatuh.

Kecamatan Kelumbayan merupakan kecamatan terakhir yang akan dilalui jika menuju gigi hiu. Jadi pastikan bekal dan persediaan makanan sudah dipastikan lengkap sebelum memasuki kawasan tanpa penduduk. Sebenarnya sih di Gigi Hiu juga ada bapak-bapak  yang tinggal dan menjual makanan serta minuman, tapi karena tidak bisa dipastikan beliau selalu ada di tempat jadi saya sarankan sebaiknya membawa bekal.

Kecamatan Kelumbayan, Tanggamus

Setelah beberapa jam berkendara, jatuh bangun dalam perjalanan.. akhirnya kita sampai juga di destinasi andalam tanggamus ini,..rasa puas bercampur haru seakan bergelora melihat pemandangan yang begitu indah ini. Panorama landscape yang ditawarkan begitu apik hingga saya tak henti-henti mengatakan.. wao..waoo mantapp banget … 🙂

Perjuangan ini rasanya tak sia-sia, apa yang kita dapatkan sebanding dengan objek yang terpampang di depan mata. Batu karang yang menjulang tinggi, langit biru yang juga sangat mendukung saat itu..bener-bener perfect jika diabadikan dalam sebuah frame kamera. Oyaa satu lagi, spot ini sangat cocok bagi anda yang sangat suka Landscape photography.

Beberapa foto gigi hiu yang sempat saya abadikan.. 

Seorang pengunjung sedang asik mengambil foto ketika ombak keras gigi hiu menghantam bebatuan, saya pun dari kejauhan tak luput menekan shutter kamera.
Pengunjung yang sedang asik menikmati megahnya panorama landscape gigi hiu… “Begitu Memesona”
Landscape gigi hiu diambil dari atas salah satu bebatuan yang menjulang tinggi, dari tempat ini, gigi hiu memang kelihatan lebih jelas.
Salah satu teman seperjalanan sedang asik bergelantungan di hammock sambil menikmati panorama gigi hiu..
Maaf… Saya Numpang Selfie 🙂

Total Jarak yang ditempuh untuk sampai ke gigi hiu sekitar 3 sampai 4 jam an tergantung kecepatan motor, tapi rata-rata lama perjalanan sekitar itu. Selain kondisi jalan yang tidak begitu bersahabat, lama perjalanan dan fasilitas yang tersedia juga menjadi alasan mengapa tempat ini masih kurang/belum terlalu ramai. Pengelolaannya pun ala kadarnya, bahkan untuk menginap ditempat ini kita harus merogoh kocek yang lumayan besar sebagai uang keamanan bagi yang menjaga kendaraan kita.

Belum puas ke Gigi Hiu…. 

Kedatangan saya ke gigi hiu minggu lalu rupanya belum membuatku puas dengan hasil foto yang saya dapatkan, ada satu moment yang saya kejar… “saya kepingin sekali memotret pas moment sunset di gigi hiu, sepertinya asik”

Bak gayung bersambut, di grup WA Backpacker Community Lampung (BCL) juga lagi heboh-hebohnya membahas rencana mereka menghabiskan akhir pekan minggu ini.. Salah satu opsi terkuat adalah gigi hiu…nah karena kemarin belum puas, akhirnya saya ikut lagi dalam perjalanan kali ini bersama teman-teman dari Backpacker Community Lampung.

Kembali melalui jalur via padang cermin dan sampai disana sekitar sore hari,..jika diperkirakan maka sesuai rencana, saya bisa menunggu sunset sore itu. Sampai disana ternyata sudah ada satu rombongan dari anak Teknik Elektro Universitas Lampung, berkenalan sebentar setelah itu kami melanjutkan untuk mencari tempat yang pas untuk mendirikan tenda.

Rasa optimis saya masih terpatri dalam hati bahwa sore nanti inshaAllah bakal ada sunset yang sudah lama ku tunggu-tunggu…akan tetapi manusia hanya bisa berencana semuanya kembali ke kehendak sang pencipta karena tiba-tiba sore itu menjadi gelap…awan hitam mulai menggumpal dari kejauhan dan menghampiri kami, sepertinya bakal turun hujan nanti malam.

Sepertinya rencana saya untuk memotret sunset di gigi hiu bakal gagal kali ini, tapi saat itu saya tetap optimis.., sambil menarik tas kamera dan tripod dari dalam tenda, kemudian bergegaslah saya menuju spot andalan saya. Memotret beberapa kali tapi ternyata awan makin menghitam, air pasang pun mulai naik, rasa takut mulai menghantui… takut jikalu air pasang tiba-tiba naik dan saya tidak bisa menyebrang kedaratan (apalagi saat itu saya hanya hunting sendiri, teman-teman lainnya sedang asik di dalam tenda).

Melihat kondisi ombak yang makin keras menghantam saya putuskanlah untuk balik ke tenda, dan hanya sanggup mendapatkan moment ini.. (lagi-lagi belum puas)

Menunggu Sunset di Gigi Hiu
Menunggu Sunset di Gigi Hiu “Sunset yang ala kadarnya”
Cuman segini…
sampai akhirnya yang di tunggu tidak datang juga, saya memutuskan untuk turun.. hari makin gelap saat itu..
Kecewa…??biasaaa aja…namanya juga pejalan harus terbiasa menikmati situasi apapun, kadang antara ekspektasi dan realita mungkin saja bisa berbeda.. ahhh itu sudah biasa.. 😀

“malam” itu setelah makan malam dan ngopi, kami duduk di depan tenda sambil bersenda gurau bersama teman-teman. Dann taraaa.. tiba-tiba hujan deras, kami segera merapikan barang dan masuk ke dalam tenda.

Tapi, tunggu….saya tiba-tiba teringat dengan kumpulan anak-anak teknik elektro Univ.Lampung yang tadi sore kami temui, mereka kan tidak membawa perlengkapan camping, sementara diluar lagi hujan deras.., astagaa ini fatal sekali, datang ke tempat seperti ini tujuannya menginap tapi tidak membawa perlengkapan camping. Setelah keesokan harinya, kami bertemu dengan mereka, ternyata mereka sempat ke rumah penjaga sebelum hujan deras turun… dalam hatiku berkata, owww syukurlah kalian baik-baik saja.

Pulang dari Gigi Hiu via Kiluan.. waooo gimana rasanya ya..?

Pengen sih sebenarnya bilang bahwa kita lewat padang cermin aja, dengan kondisi motor saya yang kurang stabil, rasanya saya belum siap untuk lewat jalur extreme ini, tapi keputusan bersama sudah di buat dan fix kita pulang lewat jalur extreme gigi hiu. haha…

Pada pendakian pertama jalanan sudah mulai tak bersahabat, jalur yang kita lalui sepertinya jalan air ketika sedang hujan ditambah lagi kita harus jeli melihat kondisi jalan mana yang bagus untuk dilewati, salah dikit bisa terjatuh kita.

Saya begitu fokus melewati jalur ini, hingga tak sempat terpikirkan untuk memotret kondisi jalan yang dilalui.,tapi jika lewa jalur ini, itu ibarat bersusah-susah dahulu senang pun datang kemudian..karena kita bakal menikmati kenyamanan ini.

Setelah capek melewati jalur extreme kita bisa beristrahat sejenak sambil menikmati air sungai yang begitu segar ini, dibawah kolom jembatan tempat kami berkumpul, memasak, makan abis itu kita mandi lagi….Nikmatnya Haqiqi banget kata orang-orang 😀 😀

Ternyata lewat jalur ini ada juga ya enaknya…meskipun capek setelah melalui jalur extreme, semua terasa hilang terbawa air ketika nyebur ke sungai ini..apalagi saat itu teman kami menemukan durian jatuh “Kata warga setempat ambil aja,,,wahhh tambah lagi kenikmatannya” haha..

Jadi, kalian yang belum pernah mencoba lewat jalur ini, bolehlah sekali-sekali dicoba dengan perencaan berangkatnya via padang cermin, nah pulangnya bisa lewat kiluan. dan rasakan sendiri kenikmatan haqiqinya bercebur di sungai ini.

Kenikmatan yang Haqiqi banget ini…meskipun perjalanan kali ini belum menemukan apa yang dicari tapi kisah dibalik perjalanan ini begitu menyenangkan. Cerita tentang jatuh bangun melawan jalan terjal via kiluan, cerita tentang tak bertemu sunset di kiluan hingga merasakan kenikmatan haqiqi di bawah kolom jembatan adalah cerita yang pantas untuk kita kenang di hari tua.

Perjalanan mengajarkan kepada kita bahwa perjalanan bukan tentang jarak yang kita tempuh tapi cerita dibalik itu, karena setiap perjalanan punya ceritanya.

Tabik.. 🙂

Pentingnya Jaket Motor Ketika Sedang Traveling

3
Photo by https://blog.travefy.com

Salah satu style traveling yang cukup menarik saat ini adalah “traveling with bike” atau jalan-jalan dengan menggunakan sepeda motor. Bikepacking sendiri berasal dari kata bike (sepeda) serta backpacking, yaitu traveling nggembel dengan budget minim. Meskipun awalnya kegiatan ini bertujuan untuk silaturahmi sesama club motor saja tapi lambat laun, kegiatan traveling semacam ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi alam dan budaya yang mereka lalui.

Traveling semacam ini juga sering saya lakukan ketika ingin menjelajahi pesona wisata lampung, dari satu destinasi ke destinasi lain kami jelajahi dengan sepeda motor saja. Ada beberapa alasan kenapa traveling dengan sepeda motor saat ini menjadi pilihan utama

  1. Traveling dengan sepeda motor tentu akan lebih bebas

    Photo by nextleg.com/

    Satu hal yang paling saya rasakan ketika traveling dengan sepeda motor adalah saya bisa mampir kapan saja dan di mana saja, ada view yang bagus..mampir,, ada tempat kuliner yang enak..mampir, capek atau lelah yahh tinggal berhenti aja kemudian istrahat kan.

    Dan yang nggak kalah penting nih, ketika kamu traveling dengan sepeda motor kamu bisa melewati jalan-jalan tikus yang kamu temukan lewat google maps. Percobaan ini sempat saya terapkan ketika jalan-jalan ke Bandung.,berbekal google maps dan sepeda motor, saya bisa menghindari macet ke arah ke Tangkuban perahu berkat jalan tikus yang saya dapatkan dari google maps 😀 hehe.. seruuu kan.. !!!

  2. Menjangkau Destinasi yang tidak dapat di lalui mobil
    Nah kalau ini pasti sering di alami oleh para pecinta bikepacking nih, soalnya beberapa destinasi keren dan termasuk dalam hidden paradise itu tidak bisa dijangkau dengan roda empat, yahh alhasil salah satunya dengan menggunakan sepeda motor agar lebih mudah.Salah satu contoh destinasi yang agak sulit di akses dengan roda empat adalah spot “Gigi Hiu di Kelumbayan Tanggamus Lampung” Spot ini adalah salah satu spot landscape terbaik yang ada di Lampung, karang-karangnya yang menjulang tinggi bak gigi hiu dan hantaman ombak menambah eksotisme gigi hiu sebagai landscape terbaik di Lampung.Bener sih kita bisa menggunakan mobil “Tapi” saya saranin sih lebih baik menggunakan sepeda motor saja. Hanya mobil-mobil dengan dobel cabin yang sanggup sampai ke sini, itupun masih harus berjibaku dengan jalanan mendaki dan menurun yang lumayan ekstrim.
  3. Pastinya lebih murah dong;.???
    Murah..??? emmm pasti dong. Contohnya ketika saya traveling ke gigi hiu kelumbayan tangamus, Hanya berbekal dua kali isi tangki motor, saya sudah sampai ke spot tersebut. Coba bayangkan jika saya harus menyewa mobil, berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk sampai ke sini kan.
  4. Kalau bawa pacar, kamu bisa di peluk dari belakang *bawa pacar sendiri ya atau istri lebih bagus hehe..

    Photo by sportourism.id

    Tapi tau nggak kalian ada satu cara menikmati traveling with bike secara sempurna dan tanpa mengenal lelah, dunia serasa milik berdua yang lain cuman numpang.,,perjalanan panjang pun serasa singkat di lalui.. yahh apalagi kalau bukan traveling with pacar hehe… Pastinya dong yang membonceng bakal dapat lingkaran penuh dari sang kekasih ketika diboncengin hehe..

  5. Pastinya lebih banyak pengalaman yang bakal kamu dapatkan
    Satu hal yang tak boleh kalian lewatkan ketika traveling with bike, yaitu pengalaman yang sangat berharga. Dengan keleluasaan mengatur waktu dan tempat yang akan dikunjungi, bikepacking bisa mampir di mana saja dan kapan saja.Jadi ketika kamu sedan melewati daerah yang menurut kalian bagus, maka cobalah untuk menepi walaupun sekedar untuk menyapa mereka, bisa jadi dengan begitu kalian akan mengerti gimana perjuangan mereka bisa bertahan di daerah itu. Bukan itu saja, biasanya kalian juga akan mendengar cerita-cerita mistis di daerah yang akan kamu lewati. Jadi cukup menengangkanlah tapi bakal indah kamu kenang selamanya ☺

Nah itu dia gais beberapa alasan kenapa traveling dengan sepeda motor itu jadi sangat menarik saat ini. Tapi saya mau kasi tau nih kalau traveling dengan sepeda motor itu bukan asal bawa motor aja ya., perlu persiapan yang matang serta fisik yang prima agar kegiatan traveling kalian menjadi lancar.. apa aja tuh..?? yukkk di simak ya..

  1. Siapkan fisik yang prima sebelum berangkat;
    Cerita tentang traveling dengan sepeda motor maka sudah tentu sangat erat kaitannya dengan kekuatan fisik dan kondisi badan yang prima. Oleh karena itu para bikers sebelum melakukan traveling maka sebaiknya menjaga fisik sebelum berangkat, misalnya saja kurangi begadang, olahraga yang cukup dan tentu pola makan yang seimbang. Syarat ini tentu tidak terlalu berlaku bagi teman-teman yang hanya ingin melakukan one day trip aja., hal ini di tekankan khusus bagi temen-temen yang ingin traveling dalam waktu yang cukup lama.
  2. Pastikan Kondisi Motor Yang prima
    Bagi seorang traveler with bike maka motor adalah hal pendukung utama dalam perjalanan. Jadi, sebelum melakukan touring sebaiknya cek kondisi motor dan pastikan semua berfungsi dengan normal.
  3. Pakailah Jaket Motor sebagai pelindung badan

    Macam-macam Jaket Motor yang ada di Mataharimall.com

    Ini dia nih hal yang tidak bisa kamu sepelehkan, alat yang akan melindungi tubuhmu dari dinginnya malam, terpaan angin dan juga hujan yang tiba-tiba turun, bahkan saking pentingnya saya sangat selektif dalam memilih jaket motor sesuai dengan perjalanan saya, misalnya untuk traveling jangka panjang maka saya menggunakan jaket motor khusus yang di design disegala medan namun tetap nyaman digunakan.

    Salah satu contohnya adalah jaket motor yang saya lihat di matahari mall, dengan design yang sangat khas bagi seorang rider tapi tetap nyaman ketika digunakan menjadi pilihan utama ketika saya traveling dengan sepeda motor.

  4. Bawalah perlengkapan-perlengkapan penting lainnya, sarung tangan, sepatu, sunglass dan Gps.
    Peralatan-peralatan kecil seperti sarung tangan yang dapat melindungi tangan kamu dari terpaan angina dan panasnya terik matahari juga jangan dilupakan. Sepatu dan sunglass sudah pasti masuk list untuk menambah tampilan keren kamu. Oya jangan lupa aktifkan gmaps di handphone kamu agar tak kesasar.
  1. Oya satu lagi, Pastikan tidak lupa membawa surat-surat motor dengan lengkap.
    Nahh ini nih yang jangan dilupain, jangan sampai niatnya mau traveling justru harus berurusan dengan pak polisi karena lupa membawa surat-surat motor hehe… Jadi, pastikan gais kamu tidak melupakan yang satu ini

Oke itu dia saran-saran saya bagi anda para pecinta traveling dengan sepeda motor, explore terus alam dan budaya Indonesia dan jangan lupa tetap safety 🙂

Menjelajahi House of Sampoerna, Jujugan Wisata Wajib di Surabaya

1
sumber:triptrus.com

Kalau kamu jalan-jalan ke Surabaya, salah satu tempat yang nggak boleh kelewatan adalah House of Sampoerna. Ini adalah museum milik pabrik rokok Sampoerna yang memang berpusat di Surabaya dan sekarang menjadi salah satu tempat wisata di Surabaya yang jadi jujugan para turis dari berbagai daerah.

Tentu saja, tempat wisata di Surabaya ini memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh tempat lain. Yang pasti, dijamin nggak rugi kalau kamu main ke House of Sampoerna ketika liburan di Surabaya.

Bangunan Bersejarah
Museum House of Sampoerna berdiri di sebuah tempat bersejarah di kota tua Surabaya. Bangunan ini dibangun pada tahun 1862 dan dulu sempat menjadi panti asuhan yang dikelola oleh Belanda.

Pada tahun 1932, bangunan ini dibeli oleh Liem Seeng Tee yang merupakan pendiri perusahaan Sampoerna. Setelah itu, bangunan ini berubah fungsi menjadi pabrik pertama rokok Sampoerna yang memproduksi dalam jumlah besar.

sumber:wikipedia.org

Sebagian dari bangunan ini sudah mengalami perombakan, namun sebagian lainnya masih dijaga seperti bentuknya semula. Hingga tahun 2003, sebagian bangunan masih dipergunakan sebagai tempat produksi rokok Dji Sam Soe. Setelah itu, bangunan tersebut dirombak dan sekarang dibuka untuk umum sebagai destinasi wisata bersejarah milik Sampoerna.

Masih Jadi Tempat Tinggal
Meski sebagian besar tempat sudah jadi museum, masih ada bagian dari House of Sampoerna yang jadi tempat tinggal keluarga pendiri pabrik rokok ini. Sampai sekarang, keluarga HM Sampoerna masih tinggal disana, di tempat pabrik besar pertama milik rokok Sampoerna didirikan.

sumber:ulin-ulin.com

Isi Museum
Ketika jalan-jalan disini, kamu akan mendapati mesin-mesin rokok lawas yang berasal dari masa puluhan tahun silam. Selain itu juga dikisahkan bagaimana keluarga Liem Seeng Tee mendirikan pabrik ini, mengurus bisnis dan menjadikannya sebuah perusahaan besar beromset luar biasa di Indonesia.

Galeri Seni
Tidak hanya berisi museum peralatan rokok dan kisah perusahaan, House of Sampoerna juga memiliki galeri seni yang isinya menarik. Karya para seniman ternama di Indonesia dipajang disini, baik dengan status pinjaman dari para seniman, atau yang menitipkan untuk dijual ke publik.

sumber:wisatajatim.info

Toko Souvenir
Di lantai dua House of Sampoerna terdapat sebuah toko souvenir yang menyediakan banyak barang untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Mulai dari merchandise dari Sampoerna, batik, kerajinan tangan karya seniman daerah dan masih banyak lagi barang oleh-oleh khas Surabaya yang dijual di sini.

Cafe
Lelah berkeliling museum dan toko, kamu bisa mengisi perut di cafe yang ada di dalam House of Sampoerna. Cafe ini ditata dengan interior yang cantik, bergaya art deco dan dipercantik dengan sentuhan sejarah yang menarik. Tidak hanya instagramable, cafe ini juga dikenal dengan makanannya yang lezat. Tak sedikit pengunjung House of Sampoerna yang memang sengaja datang ke sana hanya untuk mengunjungi cafenya saja.

sumber:wisatamuseum.com

Jam Buka
House of Sampoerna terletak di Jl Taman Sampoerna no 6, Krembangan Utama, Surabaya. Tempat ini buka setiap hari, mulai pukul 09.00 pagi sampai 19.00 malam. Semua usia bisa masuk ke tempat ini, baik anak-anak maupun dewasa bisa menjelajahi House of Sampoerna dan mendapatkan ilmu pengetahuan disana.  Tak banyak museum tentang rokok di Indonesia, dan House of Sampoerna adalah satu yang terbaik di antara semua museum yang ada di Indonesia. Jangan lupa mampir ke tempat ini kalau kamu liburan ke Surabaya ya.

Pulang Tidung, Wisata Bahari Sangat memukau di Sisi Utara Pulau Jawa

4
Pulau Tidung, Photo By Ikung Adiwar di situs panoramio.com

Indonesia ini sangat kaya dengan potensi wisata bahari yang terpajang dari sabang sampai merauke, mulai dari sisi barat dengan Pulau Sabang hingga Raja ampat di Papua Barat. Semua keindahan tersebut tersaji untuk kita nikmati dengan sebaik-baiknya. Nah menariknya beberapa destinasi di Indonesia itu tak jarang sangat terkait dengan masa perjuangan bangsa zaman dahulu kala, ketika melawan para penjajah.

Salah satu destinasi yang memiliki kriteria tersebut adalah Pulau Tidung, bahkan menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang berasal dari kota-kota terdekat seperti jakarta dan sekitarnya. Jaraknya yang tak begitu jauh karena sudah bisa ditempuh kurang lebih 3 jam perjalanan dengan kapal laut dari Dermaga Muara Angke atau dengan menggunakan Speedboat dari Dermaga Marina Ancol.

Pulau Tidung adalah salah satu kelurahan di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta yang terbagi atas dua bagian yaitu pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Kedua pulau ini dihubungkan oleh sebuah jembatan yang juga menjadi salah satu icon pulau tidung yaitu Jembatan Cinta.

Photo map by: pulauseribu-resorts.com
Di bawah ini terdapat beberapa petunjuk ataupun destinasi-destinasi keren yang tidak boleh kalian lewatkan ketika berkunjung ke Pulau Tidung.,, apa aja yukk simak…
1.Wisata Sejarah tentang asal usul Pulau Tidung

Sudah pada tau belum sejarah penamaan Pulau Tidung..?? Nah konon dahulu kala saat masa penjajahan Belanda berlangsung, pulau tidung merupakan salah satu tempat pengasingan bagi siapa saja yang membangkang kepada pemerintahan kolonial. Salah satu tokoh yang diasingkan pada saat itu adalah Muhammad Kaca. Muhammad Kaca lahir pada tahun 1817, dia berasal dari daerah Malinau, Kalimantan Timur. Nama aslinya adalah Muhammad Sapu. “Muhammad Kaca adalah nama samarannya saat diasingkan ke pulau Tidung oleh kolonial Belanda.

Sebenarnya nama Tidung itu sendiri berasal dari nama suku di Kalimantan Timur, yaitu suku Tidung. Yang sebelumnya bernama Pulau Air Besar. Dan Muhammad Kaca ini adalah tokoh penentang imprialisme Belanda pada masanya, hingga kemudian diasingkan pada tahun 1892 di pulau Tidung dan wafat pada tahun 1898. Ia pun dimakamkan di sebelah barat pulau Tidung. Nah jadi ketika berkunjung ke Pulau Tidung jangan lupa ke sini.

2. Jembatan Cinta

ini dia gais salah satu spot favorit yang terdapat di Pulau tidung sekaligus Icon dari Pulau Tidung, namanya Jembatan Cinta.

Photo by www.ansa-africa.net
Pulau Tidung, Photo By Ikung Adiwar di situs panoramio.com

Nah jembatan cinta ini merupakan jembatan penghubung pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Kebanyakan wisatawan yang datang kesini ingin mencoba melompat dari puncak jembatan ke dalam air dan konon di sini ada mitos yang mengatakan bahwa barang siapa sepasang kekasih yang melewati jembatan tersebut dengan bergandengan tangan, maka hubungannya akan langgeng sampai tua. Dari puncak jembatan kita juga dapat menikmati pemandangan yang sangat memukau, view pulau tidung besar dan tidung kecil menjadi background favorit dalam berfoto.

3. Bersepeda Keliling Pulau

Photo by www.tebejowo.com

Karena tak ada mobil di pulau ini maka salah satu cara yang paling asik untuk menikmati keindahan pulau tidung adalah bersepeda keliling pulau. Dengan bersepeda tentunya kita dapat menikmati keindahan pantai di pulau tidung dan pastinya jangan lupa untuk bertegursapa dengan warga sekitar. Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp15.000 untuk menyewa satu sepeda.

4. Snorkeling di Pulau Tidung

Tak lengkap rasanya jika main ke sebuah Pulau tak mecoba wisata airnya, seperti snorkeling dan diving. Keindahan panorama dan terumbu karangnya tentu akan memberikan kesan yang menarik bagi para pengunjung. Biasanya para wisatawan tak ingin melewatkan moment seperti ini, bisa berselfie ria dengan ikan nemo, atau dapat menikmati langsung pesona terumbu karang yang terdapat di Pulau Tidung.

Untuk melengkapi peralatan menyelam dan snorkeling anda, di Pulau Tidung ini juga terdapat penyewaan tabung dan baju menyelam sekitar Rp300.000 sementara alat snorkeling sekitar Rp35.000/ orang. Harga tersebut belum termasuk sewa perahu seharga sekitar Rp 300.000 dengan kapasitas 10 orang. Jika Anda datang dalam rombongan tentu harga sewa kapal jadi terasa lebih murah untuk per orangnya. Bermain Banana Boat hanya Rp 30.000 per orang.

Nah  udah pada tau kan apa-apa aja yang menarik yang bisa kalian nikmati ketika jalan-jalan ke Pulau Tidung, selanjutnya kita siapkan rencana liburannya..

Transportasi dan Penginapan

Untuk kalian yang berada di luar kota jakarta seperti saya, maka pemilihan moda transportasi yang cocok bisa dengan kapal laut maupun dengan menggunakan pesawat, karena kebetulan saya sedang berada di Lampung maka saya menggunakan pesawat agar bisa menghemat waktu perjalanan, lagi pula selisih antara harga tiket pesawat Lampung ke Jakarta dengan menggunakan kapal laut (jika di total ya) tak begitu jauh, keuntungan lainnya adalah kita tidak terlalu capek dalam perjalanan, kan rencananya kita mau liburan, jadi harus fun dong,, iya gk,,.? 🙂

Nah pengalaman saya, paling merepotkan jika harus melakukan pembelian secara terpisah antara tiket pesawat dan homestay atau penginapan. Tak sengaja hunting tiket di situs langganan saya traveloka, ternyata traveloka juga telah membuka menu yaitu paket wisata traveloka di mana para pelanggan setianya diberikan kemudahan dapat memesan secara paket atau sekaligus tiket dan hotel, seperti yang saya lakukan di bawah ini.

Di Halaman awal bisa langsung milih menu Flight + Hotel, btw jika beruntung bisa dapat promo juga loh… jadi sering-sering hunting aja ya 🙂

Ini ketika saya memilih paket tiket dan hotel di situs andalan gue, Traveloka 🙂

Salah satu benefit yang saya rasakan dengan memesan tiket secara paket seperti ini adalah “Mudah dan Pastinya Saving Time dong” kita hanya butuh beberapa menit saja untuk mengeksekusi pilihan tersebut, apalagi sekarang sudah sangat mudah dengan adanya bantuan Smartphone. Install aja aplikasi traveloka di HP mu kemudian pilih paket flight dan hotel nya, setelah itu tinggal transfer deh, dan ternyata setelah mau bayar, harganya pun lebih murah dibandingkan dengan memesan tiket & hotel secara terpisah, bahkan hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun”. (Sisa uangnya mungkin bisa digunakan untuk wisata kuliner saat berwisata, oleh-oleh atau mungkin ditabung lagi, enak kan 🙂

Cara pembayarannya pun sangat mudah karena bisa di transfer via mobile bangking, internet bangking (lagi-lagi hanya melalui smartphone anda dapat melakukan pembayaran dengan mudah) di samping itu masih terdapat juga pilihan pembayaran lainnya, tentunya untuk mempermudah pelanggan setia traveloka.

Nahh ayoo tunggu apa lagi, rencanakan liburannmu dan dapatkan paket murah tiket dan hotel di traveloka.com, pastinya waktu dan uangmu bisa dialihkan ke yang lainnya.

Untuk Transportasi penyebrangan dari dermaga Muara Angke dan Dermaga Marina, di bawah ini dapat di lihat infonya. Jadwal, Tarif Tiket Kapal ke Pulau Tidung Kepulauan Seribu

1. KAPAL TRADISIONAL
Lama perjalanan 2,5 – 3 jam
Berangkat dari Muara Angke pukul 07.30 wib
Khusus hari libur dari Tidung tersedia juga kapal pukul 13.00 wib (Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu)

2. PREDATOR (SPEEDBOAT)
Lama perjalanan kurang lebih 1 jam
Berangkat dari Ancol pukul 08.00 wib
Kembali dari Tidung Pukul 15.00 wib
(untuk one day trip harga tiket @450.000, berangkat jam 8 pagi pulang jam 3 sore)

3. CITRA JET (SPEEDBOAT)
Lama perjalanan kurang lebih 1 jam
Berangkat dari Muara Angke pukul 08.00 wib
Kembali dari Tidung Pukul 13.00 wib (Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu)
Untuk hari biasa harus dengan konfirmasi.

4. KERAPU (SPEEDBOAT)
Lama perjalanan kurang lebih 1 jam
Berangkat dari Kali Adem pukul 08.00 wib
Kembali dari Tidung Pukul 08.00 wib
Penumpang melakukan pembelian tiket sendiri dengan mengantri. (pemesanan tidak dilayani)

Tempat Makan, atm, sinyal internet dll

Untuk makan anda tidak perlu khawatir dan takut kelaparan. Di pulau tidung ini banyak warung-warung yang menyediakan tempat makan bagi mereka yang tidak membawa bekal dari rumah, deretan warung makan akan banyak anda jumpai dan siap memanjakan perut para pecinta kuliner bahari. Harganya pun terbilang sangat murah jadi jika tak ingin repot membawa makanan dari rumah sebaiknya beli makan di sana aja, itung-itung kita juga memberikan sumbangsi kita kepada warga sekitar dengan membeli jajanan mereka 🙂

Yang jadi sedikit masalah adalah belum adanya Atm di pulau ini sehingga anda harus membawa uang tunai dalam jumlah banyak, apalagi jika anda sekeluarga. Untuk akses internet di pulau ini sangat bagus untuk provider tertentu, artinya kita bisa live post  di sosial media dong hahaha…

Nah itu dia gais beberapa poin yang perlu and perhatikan sebelum berwisata ke Pulau Tidung, btw jangan lupa sampahnya ya.. buanglah sampah pada tempatnya agar tempat wisata kita tetap bersih dan indah, sampai anak cucu kita pun masih dapat menikmatinya 🙂 salam wisata ….

Mengunjungi Pulau Wayang Lampung, “Raja Ampat Versi Mini”

10

Ketika semua orang antusias menceritakan sebuah destinasi yang sangat keren seperti Raja Ampat, Pulau Labengki dan Sombori yang di gadang-gadang sebagai versi mininya raja ampat, di Lampung pun kini terdapat sebuah destinasi keren menyerupai raja ampat, orang-orang menyebutnya Pulau Wayang, Penasaran dengan tampilannya.. yukkk simak.. 

Pesona Lampung ini bener-bener nggak ada habisnya, dari destinasi buatan hingga yang masih belum terjamah kini bermunculan satu per satu, yang baru lagi kali ini sebuah destinansi yang sempat disamakan dengan raja ampat di papua meskipun dalam versi mininya, Penasaran dengan tempat tersebut akhirnya kami pun menyusun jadwal untuk mengunjunginya.

Berangkat dari Dermaga Ketapang sekitar pukul 10.00 WIB dengan menggunakan dua perahu masing-masing di isi sekitar 10 orang langsung menuju spot pertama yaitu pulau wayang. Butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk mencapai pulau tersebut.

Bersenda gurau sambil menikmati pemandangan yang tersaji adalah salah satu cara untuk membunuh kejenuhan selama perjalanan, lumayan bikin bosen lohh kalau nggak bisa menikmati perjalanan. Kita juga akan melewati pulau pahawang dan resort cantik yang berada di pahawang kecil..ssstttt menurut kabar villa ini milik orang prancis lohh hehe..

Cottage di pulau pahawang kecil yang kabarnya dipunyai oleh warga prancis

Jika bosan becandaan bisa makan cemilan sambil selfie-selfian jangan lupa.. wajib lohh hahaha…maklum sekarang itu nggak selfie berasa ada yang kurang.

Kapal Temen yang lain

Pulau Wayang udah Deket

Jika ombak sudah mulai terasa itu artinya pulau wayang sudah deket apalagi jika memang berangkatnya agak siangan, kemungkinan besar bakal ketemu ombak yang lumayan nggak bersahabat bagi beberapa orang, salah satunya bikin mual dan pusing, jadi disarankan jika ingin ke pulau wayang lebih pagi lebih baik.

Meskipun ombak di sekitar pulau ini lumayan, tapi beberapa nelayan menjadikan spot ini sebagai salah satu spot untuk mencari ikan. Waktu kami ke sini pun kami menjumpai nelayan yang sedang menangkap ikan, tak peduli dengan ombak gede mereka pun tetap sigap melihat ikan yang akan di jala, saya yakin mereka pelaut-pelaut hebat, tak percuma saya denger lagu sejak kecil nenek moyangku seorang pelaut hehehe…

Nih dia gais para nelayan itu..

Nelayan yang sedang menangkap ikan di sekitar pulau wayang

Paling Asik Jika Foto Dari Udara dengan Drone

Untuk mendapatkan foto terbaik pulau wayang memang paling enak jika mengambil foto dari udara menggunakan drone, tampilan pulau-pulau kecil di sekitarnya juga terlihat sangat cantik, meskipun tak seramai dengan gugusan pulau kecil di Raja ampat dan pulau labengki tapi menemuk spot seperti ini di Lampung itu sudah lebih dari cukup dan Alhamdulillah ada gitu loh 😉

Karena Bugis Traveler belum punya drone jadi saya pakai Foto  fikrii_baraqbah (silahkan lihat foto-foto lainnya di instagram dia)

Tak ada Drone, Foto dengan action cam juga udah keren 

Nggak perlu berkecil hati jika tak mampu mendapatkan angel foto dari udara, foto dengan action cam pun sudah bisa mendapatkan hasil foto yang keren kok.. nggak percaya lihat nih…

Kami fotonya masih terlalu jauh dari gugusan pulau wayang karena saat itu ombak di sekitar pulau sudah semakin mengguncang kapal, jadi demi keamanan bersama kami fotonya dari jauh aja nggak apa-apa kok 🙂

Mas teguh berfoto ala-ala titanic terbalik hahaha…

Jika telat berangkat, hati-hati yang nggak tahan ayunan ombak… (bisa mabuk laut)

Seperti yang sudah saya bilang di atas, jika berangkat agak siangan kemungkinan bakal ketemu ombak dan kemungkinan akan membuatmu pusing dan mual, salah satunya temen saya di bawah ini, si gadis jambi yang sampai kesel sama abang-abang kapalnya hehe….

Saya pun sesekali sempat melirik gimana mimik mukanya… sepertinya memang dia sudah mual dan pusing, bisa jadi senggol dikit kita di bacok 😀 😀

Yahh sebenarnya sih saya juga pusing..hehe.., tapi karena langsung tidur jadi lumayan mengurangi pusing yang ada.

Mengunjungi Pulau Wayang Lampung, "Raja Ampat Versi Mini"
ini dia si Gadis Jambi

Mohon maaf bugis traveler selfie juga hihihihi….

Pulau Wayang Lampung
Numpang Selpeh, Photo by Mas Teguh

Setelah kapal satunya sudah selesai berfoto, kita selanjutnya akan menuju ke pulau umang-umang, salah satu destinasi yang belum banyak di kunjungi orang, mempunyai pasir putih yang halus dan bebatuan yang sangat bagus, sangat recomended didatangi setelah ke pulau wayang.,, nantikan ceritanya di postingan berikutnya 🙂

Bagaimana Cara menuju ke Pulau Wayang Lampung

Salah satu cara termudah dan paling banyak dilalui orang adalah melalui dermaga pelabuhan ketapang. Dermaga ini terletak di antara dua pantai yang juga terkenal di lampung yaitu, setelah pantai sari ringgung dan sebelum pantai klara. atau 40 menit perjalanan dari kota bandar lampung menuju ke dermaga pelabuhan ketapang.

Oya sedikit tips and trik jika ingin ke pulau wayang:

  1. Baiknya jika ingin ke pulau wayang, berangkat pagilah dari dermaga ketapang, jadi kemungkinan untuk bertemu ombak yang lumayan bikin pusing bisa diminimalkan.
  2. Sewa kapal yang lumayan mahal, berkisar antara 1.200.000 s.d 1.500.000 tergantung lobi dan nego, harga segitu sudah termasuk destinasi pulau umang dan mampir snorkeling di taman nemo pahawang. Jadi minimal 10 orang lah biar lebih irit 🙂
  3. Karena perjalanan lumayan lama sekitar 2 jam an, jadi banyak-banyakin lah membawa cemilan biar nggak boring di kapal, oya bawa earphone biar denger musik dan jangan lupa kecamata hitam biar lebih kerenn…yoyoiiii;
  4. Jangan lupa bawa baju renang dan sunblock, kan ceritanya kita mau snorkeling di pulau berikutnya 😉
  5. Emmm apa lagi yah…kayaknya itu aja deh.. selamat menikmati perjalanan aja 🙂

Jika ada pertanyaan silahkan titip komentarnya di kolom komentar 🙂

Tampil Keren Saat Traveling Dengan Kemeja Flanel

2
Foto by balnyes

Halo gais.,, pernah nggak sih kalian perhatiin foto-foto traveller jaman sekarang..? kalau yang saya liat sih,,sekarang itu bukan hanya cerita tentang kesuksesan seorang traveller mendatangi tempat indah tersebut, tapi gimana cara mereka memaksimalkan sebuah foto yang sangat indah dari sebuah landscape alam yang begitu mempesona.

Beberapa orang mungkin berpikiran sama dengan saya, yaitu ketika menemukan sebuah landscape yang begitu indah maka hasil fotonya pun harus maksimal, sayang aja kan jika sudah jauh-jauh tapi hanya menghasilkan foto yang ala kadarnya aja, rasanya tak sebanding dengan usaha yang telah dikeluarkan. 

Ngomongin tentang foto yang bagus kali ini saya khusus akan membahas dari segi kostum aja lebih khususnya lagi “Style of Traveller dengan Kemeja Flanel” Kenapa khusus Flanel aja..? karena menurut saya style dengan kemeja flanel ini adalah style yang tak akan pernah lekan oleh waktu dan perubahan gaya yang begitu cepat.

Cerita singkat tentang Sejarah Kemeja Flanel

Kata flanel berasal dari bahasa Wales, yaitu gwlanen, yang artinya “bahan wol”.  Menurut sejarah, flanel tercatat ditemukan pada awal abad ke-16 di Wales, dengan sebutan flannelette. Pada saat itu para petani memakai pakaian hangat yang agak tebal untuk melindungi diri mereka dari cuaca dingin dan rerantingan pohon.

Di Perancis, istilah flanelle dipakai di akhir abad ke-17. Dan pada awal abad ke-18, di Jerman menyebutnya flanell. Dalam bahasa Inggris ditulis flannel.

Karena terkenal dengan bahannya yang tebal dan sangat bagus itu kemudian banyak para pekerja yang menggunakannya sebagai pelindung saat cuaca dingin ketika turun bekerja, mereka sering memadupadangkan dengan sepatu boots dan topi coboy andalahnnya.

Foto by Kaskus

Setelah mengalami perkembangan yang semakin pesat akhirnya Pada tahun 1963, The Beach Boys kembali membuat kemeja flanel ini terkenal, setelah mereka berpose mengenakan kemeja flanel sambil mengangkat papan luncur untuk cover album mereka, “Surfer Girl”.

Sumber foto kaskus dengan tampilan The Beach Boys untuk cover lagu mereka “The Beach Boys”

Tahun 1990-an pun kemeja flanel makin dikenal karena banyak digunakan oleh artis-artis papan atas saat itu sebut saja vokalis Nirvana yaitu Kurt Cobain. Saking sukanya dengan kemeja flannel ini, beberapa orang merekomendasikan jika anda senang dengan style Kurt Cobain maka kamu wajib punya kemeja kotak-kotak ini.

Foto by www.nyoozee.com

Seiring berjalannya waktu kemeja flannel kini tak hanya digunakan oleh para pekerja lapangan namun beberapa traveler memasukkan barang ini sebagai list yang harus masuk dalam tasnya utamanya bagi temen-temen pendaki yang sering bergulat dengan dingin malam di puncak gunung.

Kelebihan Memakai Kemeja Flanel

Foto by balnyes dengan kemeja flanelnya berpose keren dengan background air terjun citambur
  1. Dapat digunakan pada situasi Formal dan Non Formal
    Nah ini salah satu yang saya sukai dari kemeja flannel ini, kenapa..?? karena dapat digunakan pada situasi formal maupun non formal, misalnya saja mau digunakan ke kampus, sangat bisa, Mau digunakan untuk traveling apa lagi, sangat cocok. Ketika sedang traveling pun dan kebetulan kita mendapat undangan untuk mendatangi sebuah acara formal maka style dengan kemeja flanel sangat pas menjadi pilihan yang utama, selain lebih sopan tentu akan menegaskan kembali bahwa kamu adalah seorang Traveller sejati.
  2. Sangat cocok pada cuaca dingin
    Saya sudah sering melihat teman-teman pendaki, ketika ingin mendaki pasti akan membawa minimal satu buah kemeja flanel, salah satu alasannya adalah karena kemeja flanel ini memang bisa meminimalkan cuaca dingin yang menusuk tulang sembari menikmati kopi panas.
  3. Bisa menambah Kepercayaan diri dengan tampilannya yang nggak mati gaya
    Traveling dengan style maksimal tentu akan menambah kepercayaan diri kalian ketika sedang traveling, pemandangan landscape yang sangat indah di dukung dengan tampilan yang kece abis tentu akan menghasilkan foto yang sangat bagus.
  4. Sangat cocok bagi kamu yang menyukai Traveling
    Bahannya yang tebal sangat pas untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin dan tentunya sangat cocok bagi kamu yang menyukai traveling, karena bisa digunakan dalam situasi apapun. Tak perlu khawatir mati gaya ketika sedang traveling, yakinlah bahwa kamu keren ketika memakai flanel. Selain itu kamu pun bisa menghemat space tas kamu loh.

Nah itu dia gais beberapa alasan, kenapa kamu perlu punya kemeja flanel ini, selain bisa membuat kamu tampil maksimal tentu juga sangat bermanfaat ketika cuaca dingin. Saat ini untuk mendapatkan kemeja flanel pria tidak begitu sulit, tinggal mainkan jarimu dan ketik website online shop langganan kamu, misalnya saya dapat berbelanja kemeja flanel pria di Mataharimall.com dengan sangat mudah.

Tampil Keren Saat Traveling Dengan Kemeja Flanel

Harga yang ditawarkan pun sangat ramah dikantong berkisar antara 80.000 hingga 150.000 an. Begitu juga dengan pilihan-pilihan kemejanya sangat cocok bagi kalian pria-pria yang sangat menyukai traveling. semoga bermanfaat dan terima kasih. 

Recent posts

Random article