Sumber: http://eksisblo.blogspot.com/2013_05_01_archive.html

Perkembangan dunia teknologi merambah ke dalam berbagai aspek kehidupan. Teknologi kamera juga mengalami hal sama. Sehingga, muncul berbagai hobi baru, dan pekerjaan baru. Travel Photography adalah salah satu hobi yang muncul dari kegemaran orang untuk memotret indahnya alam. Selain itu, traveller sering mendokumentasikan perjalanan mereka melalui cara ini. Tidak semua momen bisa diingat dengan memori, foto merupakan hasil paling ampuh untuk mengingat perjalanan anda.

Sumber: http://eksisblo.blogspot.com/2013_05_01_archive.html
Sumber: http://eksisblo.blogspot.com/2013_05_01_archive.html

Tidak semua orang bisa memotret suatu objek dengan kualitas memuaskan. Begitu pula dengan hasil dari Travel Photography. Untuk menghasilkan gambar dengan kualitas bagus, dibutuhkan banyak trik dan tips.

Tips Mengambil gambar bagi travel photography
Foto menjadi ajang bagi para fotografer memamerkan keahlian dan keterampilan mereka. Foto dengan kualitas memuaskan biasanya mengalami proses pengeditan berulang ulang. Namun ada juga yang langsung memberikan kualitas bagus. Setiap orang memiliki cara memotret tersendiri. Agar hasil foto bagus, ada beberapa cara untuk dilakukan;

  1. Menentukan objek foto
    Travel Photography memerlukan kejelian dari sang fotografer untk mendapat objek yang jelas. Misalnya, ketika ada dua objek langit dan darat. Jika anda ingin menonjolkan posisi langit, maka porter posisi langit dengan baik. Misalnya jika sunset tiba. Tentu anda bisa mengambil posisi langit lebih baik dari darat.
  2. Menentukan titik fokus
    Penikmat foto pasti ingin melihat gambar dengan pemandangan luar biasa. Dengan berbagai jenis foto seperti landscape atau portrait, titik fokus sangat dibutuhkan. Contoh dengan latar belakang laut, maka lautnya adalah objek utama. Sementara, pohon kelapa, bukit pasir, merupakan area lain untuk dinikmati penonton.
  3. Mengolah foreground
    Apa it foreground? Jika anda memotret sebuah pemandangan, misalnya danau. Foreground merupakan bagian depan foto tersebut. Ada sensasi air dalam bentuk 3D yang dihasilkan oleh foreground. Sehingga membuat foto tersebut nampak indah.
  4. Membawa tripod
    Tripod menjadi alat yang tak boleh lupa untuk dibawa. Memang membawa tripod akan membebani bawaan, namun hasil yang dihasilkan akan memuaskan. Jika tidak membawa tripod, terkadang hasil foto tampak goyang. Walaupun anda hanya menekan shutter, hasil foto akan tetap goyang.
  5. Pintar dalam menggunakan depth of field
    Ketajaman gambar bisa anda gunakan dengan memanfaatkan DOF. Sehingga gambar anda menyajikan alam seolah olah ada di depan penikmat foto. Banyak fotografer pemula kurang memanfaatkan DOF dari kamera nya. Sehingga hasil gambar masih belum memuaskan.
  6. Menyatu dengan alam
    Banyak orang masih ragu ketika melihat foto dari keadaan alam. Misalnya ombak. Namun ketika anda bisa menangkap gerakan alam, justru penikmat foto menyangka seolah olah berada di foto tersebut. Hasil fotonya menakjubkan dan terlihat mengalami proses edit berulang ulang.

 Travel Photography memang harus bersahabat dengan alam. Banyak hal hal indah, muncul dari suatu hasil foto. Maka, manfaatkanlah waktu anda untuk mengambil foto lebih banyak lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here