Tips Menangkap Momen Indah dalam Travel Photography
Posted by Adi Wijaya on 16th March 2015
| 1872 views

Travelling sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat saat ini. Tidak jarang banyak orang rela mengeluarkan dana cukup banyak untuk menjelajahi dunia ini. Muncul travel photography sebagai pilihan untuk mengabadikan momen perjalanan anda. Ini adalah tren baru yang kemudian berkembang menjadi sebuah hobi. Kemudahan akses, dan berkembangnya teknologi kamera membuat setiap orang bisa menjadi fotografer handal.

Sumber: http://airport.co.id/indoair/8-resolusi-traveling-untuk-tahun-2014/
Sumber: http://airport.co.id/indoair/8-resolusi-traveling-untuk-tahun-2014/

Berbagai macam foto dari penjuru dunia, bisa anda abadikan menggunakan teknik yang benar dan tepat. Keahlian tersebut didapat dari pengalaman. Sehingga semua orang mempunyai kesempatan untuk mengabadikan momen tersebut. Itulah gambaran umum mengenai kegiatan fotografi sambil bepergian.

Keunikan momen indah bagi travel photography
Tentunya untuk menjaga kualitas foto, anda hanya ingin menampilkan foto dengan kualitas terbaik. Banyak orang tidak percaya diri dengan kualitas foto mereka. Jangan takut, karena travel photography ingin menunjukkan keunikan dari objek foto yang diambil. Langkah yang bisa anda gunakan dalam mengambil foto adalah;

  • Pemanfaatan Objek
    Banyak hal bisa ditampilkan dalam suatu foto. Dari mulai keadaan alam, keadaan sebuah kota, ataupun hal yang dilakukan oleh pelaku dalam foto tersebut. Travel photography bertujuan mengambil itu semua. Namun anda harus jeli, mana objek terbaik untuk diambil. Jangan lewatkan kesempatan travelling tanpa menentukan objek foto. Apakah menjadikan alam, bangunan, atau manusia sebagai objek foto.
  • Menggunakan Fitur Fitur Kamera
    Jika anda memiliki kamera keluaran terbaru, seperti DSLR, SLR, GoPro, tentu anda harus mengetahui dan memanfaatkan fitur kamera tersebut. Seperti HDR, DOF, Foreground. Jika ingin memiliki ketajaman dalam foto, gunakan  fitur DOF.
  • Bersahabat dengan Lingkungan Sekitar
    Hal penting ketika melakukan travel photography adalah mengenal budaya sekitar. Apalagi jika tujuan anda ingin menikmati festival dari suatu daerah. Atau bagaimana kehidupan berlangsung, ada norma penting untuk diperhatikan. Hormati aturan dalam lingkungan tersebut.
  • Mengetahui Cuaca
    Salah satu tantangan terbesar bagi seorang travel photographer adalah cuaca. Cuaca bisa berubah kapan saja. Sehingga, anda harus bisa menyesuaikan peralatan kamera dengan keadaan alam. Ada banyak kejadian dimana, fotografer sudah bersiap siap mengambil sunset. Namun, hujan turun, sehingga momen sunset tidak tertangkap dengan sempurna.
  • Membawa Peralatan Lengkap
    Mengabadikan objek foto memerlukan teknik tinggi dan juga peralatan yang memadai. Tidak jarang momen indah terlewatkan karena memori kamera habis. Ada baiknya anda memilih jenis kamera apa untuk dibawa, dan selalu membawa cadangan memori, baterai, kemana pun bepergian.
  • Persiapkan Fisik
    Kondisi tubuh anda menjadi hal penting dalam travelling. Anda tidak bisa memotret objek dengan keadaan tubuh sakit. Sehingga seorang fotografer penting untuk terus menjaga kesehatan. Jangan sepelekan perbedaan cuaca dari satu tempat ke tempat lainnya.

Gunakanlah hobi travel photography sebagai bagian dari gaya hidup anda. Karena momen indah bisa datang kapan saja.