Tips Memotret Bawah Laut Bagi Travel Photography
Posted by Adi Wijaya on 10th March 2015
| 2133 views

Menjelejahi alam tentu memberikan si traveler banyak pengalaman. Mulai dari menemukan hal baru sampai mendapat hasil foto luar biasa. Travel Photography bawah laut memberikan anda pengalaman yang menakjubkan. Hasil hasil foto bawah laut memang memiliki keindahan tersendiri. Selain memerlukan teknik yang baik dari fotografer, perlengkapan kamera juga berbeda dari travelling biasanya. Ada beberapa alat pendukung khusus untuk dibawa.

Sumber: http://carapedia.com/tips_dasar_fotografi_bawah_air_info3995.html
Sumber: http://carapedia.com/tips_dasar_fotografi_bawah_air_info3995.html

Tidak ada salahnya menyalurkan hobi menyelam anda sambil mengambil gambar kehidupan bawah laut. Dan merasakan indahnya kehidupan bawah laut

Tips Jelajahi Laut dengan travel photography
Banyak tips menarik dalam travel photography. Karena berbagai macam keadaan alam, membutuhkan keahlian dari sang fotografer untuk menangkap momen paling indah. Sehingga, banyak istilah istilah khusus. Beikut ini merupakan tips untuk medapatkan hasil foto yang bagus bawah air;

  1. Memiliki keahlian menyelam

    underwaterscenery2(karahansel)-799775
    http://www.blitarvaganza.com/2012/08/7-taman-laut-terindah-di-indonesia.html

    Meskipun menyelam merupakan teknik dasar, namun pendapat dari para fotografer terkemuka menyatakan bahwa keahlian scuba diving menjadi hal pokok. Karena menyelam sambil membawa peralatan kamera yang cukup berat bisa membuat tarikan napas tersenga senga. Sehingga dibutuhkan banyak latihan dari si fotografer.

  2. Mengerti mengoperasikan Underwater Housing
    Underwater housing merupakan perangkat tambahan untuk melindungi kamera dalam travel photography di bawah laut. Tanpa underwater housing, kamera akan rusak masuk ke dalam air. Pada alat ini ada beberapa tombol yang terhubung langsung ke kamera, sehingga penguna tidak kesulitan melakukan setting di air.
    Perhatikan bagian O-Ring pada alat underwater, untuk menjaga ketahanan kamera. Anda juga harus rutin dalam menambah silicon grease pada bagian luarnya.
  3. Memilih jenis lensa
    Dalam teknik pengambilan travel photography yang ada di air, wide angle dan makro adalah pilihannya. Menggunakan wide angle menghasilkan foto dengan sudut lebar, sedangkan fungsi makro membuat objek kecil di bawah laut terlihat jelas. Sehingga pemilihan lensa harus berbeda tergantung tujuan hasil foto yang diinginkan.
  4. Mengetahui Dasar Strobe
    Semakin dalam kedalaman air, cahaya yang didapat semakin berkurang. Teknik strobe membantu pencahayaan bawah air. Dan membuat detail gambar semakin jelas. Untuk teknik wide angle, strobe membantu mencerahkan warna objek foto. Terkadang hanya bayangan objek tertangkap oleh underwater kamera.
  5. Pengaturan White Balance
    Masih berhubungan dengan teknik makro dan wide angle, untuk makro, maka pilih white balance dalam fitur auto, bertujuan agar foto memiliki hasil sama dengan aslinya. Sementara untuk wide angle, pilih fitur underwater agar hasil memuaskan.
  6. Menyatukan Beberapa Fitur di Kamera
    Ada tiga fitur utama yaitu aperture, shutter speed, dan ISO. Untuk hasil foto maksimal, ketiga fitur ini harus di setting dengan baik.

Tips dan trik travel photography diatas tentunya bisa anda manfaatkan sebagai bekal dalam perjalanan travel selanjutnya. Jangan lupa untuk terus menjelejahi alam sembari mengabadikannya dalam foto.