Pulau labengki Sulawesi Tenggara Miniatur Raja Ampat

Hari itu saya dan teman-teman backpacker kendari berkunjung ke salah satu pulau cantik di konawe utara, Pulau Labengki Namanya. Pulau labengki merupakan pulau cantik dengan gugusan pulau-pulau kecil serta teluk cantik yang di juluki teluk cinta karena bentuknya menyerupai hati jika dilihati dari atas menggunakan drone.

Kami star jam 9 an dari pelabuhan biru kendari menggunakan kapal laut yang kira-kira muat 50 orang lah. Kapal itu memang cukup besar untuk mengantar kami ke pulau labengki. Bersama teman-teman menghabiskan canda dan tawa di atas kapal, bermain gaple, bosan lanjut bermain kartu, bosan main kartu yahhh ujung-ujungnya tidur hehe… maklum perjalanan yang akan kita lalui memang cukup lama sekitar 5 jam untuk sampai di perkampungan suku bajo di pulau labengki.

Jika Kamu beruntung  kamu akan melihat Kawanan Lumba-lumba

Selfie dalam perjalanan untuk mengusir rasa jenuh ;)
Selfie dalam perjalanan untuk mengusir rasa jenuh 😉
Foto by bang #agus beliau pecinta jalan-jalan juga.. orangnya baik dan ramah..
Foto by bang #agus beliau pecinta jalan-jalan juga.. orangnya baik dan ramah..

Di tengah perjalanan menuju pulau lebengki kamu akan menemukan pemandangan langka, yaitu kawanan lumba-lumba yang sedang berenang  seiringan dengan kapalmu (tapi itu jika kamu beruntung yah) 😀 karena kita nggak bisa memastikan di tiap perjalanan kita kawanan lumb-lumba itu akan ada.

Perkampungan suku bajo di pulau labengki.

Anak-anak di Perkampungan suku bajo sudah menunggu kedatangan kami ;)
Anak-anak di Perkampungan suku bajo sudah menunggu kedatangan kami 😉

Setelah menjalani perjalanan laut yang cukup melelahkan selama 5 jam sampailah kita di perkampungan suku bajo kurang lebih jam 2 an. Jangan kaget ketika kamu di sambut sekumpulan anak kecil ramai-ramai menghampiri kapal kalian karena mereka sangat bahagia ketika ada tamu atau pengunjung yang datang ke pulau tersebut. oyaa satu lagi .. siapkan uang seribuan. Uang seribuan itu dapat kamu lemparkan ke laut, nah nanti bocah-bocah itu akan berlomba-lomba untuk mengambil uang tersebut.. hehe lucu lah pokoknya..

Sempatkanlah bercengkrama, berfoto dengan adik-adik suku bajo agar kamu lebih akrab dengan mereka, mereka welcome kok sama tamu-tamu dan mereka suka bermain jika di ajak bermain.

Mencoba snorkling di spot sekitar mercusuar

Spot Mercusuar
Spot Mercusuar

Setelah capek naik kapal laut tentu kamu harus mencari penginapan. Sebenarnya teman-teman backpacker kendari telah menyiapkan tenda-tenda di halaman sekolah tapi kita juga bisa nginap di rumah-rumah warga. Warga di sana sangat ramah-ramah, baik dan sangat welcome terhadap tamu-tamu yang datang ke daerahnya. Mereka pun tidak memasang tarif menginap di rumahnya, cukup seikhlasnya aja, cuman untuk penginapan sudah di handle semua oleh teman-teman backpacker Kendari.

Ketika baru sampai tadi saya memang telah memperhatikan mercusuar  yang terlihat sangat cantik untuk spot foto-foto, jadi tak menunggu lama saya hanya menyimpan tas dan mengganti pakaian dan langsung cabut dan ke spot mercusuar….

Wahhhh spotnya lumayan bagus untuk sekedar foto-foto landscape dengan objek mercusuar dan tepian pantai yang di ambil dari atas mercusuar. Jalanan menuju puncak mercusuar pun sudah bagus tapi sayang kita nggak bisa masuk ke dalam mercusuar sampai puncaknya karena pintu mersuarnya telah di tutup, konon pintunya di tutup dikarenakan tanga-tangan jahil manusia yang datang ke situ malah mengambil peralatan mercusuarnya.. sayang yahhh padalah kalau bisa naik sampai puncak mercusuarnya, pasti bisa lebih cantik lagi pemandangannya..

Spot snorkeling di sini masih belum terlalu bagus, karang-karangnya pun sangat sedikit, jadi menurut saya tempat nya masih belum recomended buat snorkling kecuali bagi kamu pecinta Potography.

pulau labengki 3

Berburu sunrise dengan background #mercusuar

Berburu Sunrise di Tepi pantai dengan background mercusuar
Berburu Sunrise di Tepi pantai dengan background mercusuar

Malamnya kami kumpul di depan lapangan salah satu sekolah dasar untuk makan malam, dan setelah makan kami langsung pergi istrahat demi mengumpulkan tenaga untuk trip ke teluk cinta esok harinya. Kebetulan saya memilih menginap di rumah warga namun ada juga sebagian teman-teman yang menginap di tenda.

Berburu sunrise memang menjadi salah satu tujuan saya ke sini, saya ingin mengabadikan gimana view sunrise nya dengan background mercusuar. walaupun saya bangunnya agak telat,,, tapi yah syukurlah masih bisa dapat moment seperti ini. (fotonya dapat di lihat di atas).

Berangkat ke spot Andalan #teluk cinta pulau labengki

foto drone by www.muansibero.com
foto drone by www.muansibero.com

#Teluk Cinta Pulau Labengki menjadi salah satu primadona untuk pengambilan foto oleh para pemburu keindahan alam, bentuk teluknya yang menyerupai hati memang sangat indah dan lebih indah lagi jika mampu mengabadikan fotonya dengan drone (y)

pulau labengki
Ini salah satu spot foto nadine candrawinata waktu berkunjung ke pulau labengki

Tempat ini juga salah satu spot foto terbaik karena spot ini pernah menjadi tempat berfoto #Nadine Chandrawinata ketika shooting My Trip My Adventure, untuk liat video tentang Explore Pulau Labengki Versi My trip My Adventure silahkan lihat videonya di youtube klik aja di sini 

Kami dan teman-teman backpacker kendari menuju spot snorkling di teluk cinta pulau labengki, Perjalanan ke teluk cinta ini nggak lama kok, sekitar 20 menit lah dari perkampungan suku bajo bisa menggunakan kapal-kapal nelayan, sewanya sekitar 150 ribuan. kamu juga bisa nginap di teluk cinta karena di situ memang sudah ada satu villa yang disiapkan (tapi denger2 di situ agak mahal sewa villanya, kantong backpacker nggak cukup… tapi kayaknya klw bersepuluh.. yahh cukuplah 🙂 hehe…

Snorkling di teluk cinta pulau labengki
Snorkling di teluk cinta pulau labengki

Karena Spot inilah #Pulau Labengki dinamakan Miniaturnya Raja Ampat…

yahhh bener sekali spot di sini memang cantik sih buat foto, backgroundnya sangat indah dengan gugusan-gugusan pulau kecil yang sangat cantik. jadi wajar saja kalau orang menamainya miniatur raja ampat. untuk naik ke spot ini kamu mulai dari teluk cinta kemudian naiklah ke puncakya untuk mendapat spot ini, cuman saya sarankan juga jangan lupa memakai sepatu/ sendal gunung agar kaki nggal lecet.. batu-batunya tajem broh 😀

Foto by yuslia jamil follow instagramnya di @yusliajamil backpacker cewe dari buto yang juga mencintai photography (y)
Foto by yuslia jamil follow instagramnya di @yusliajamil backpacker cewek dari buton yang juga mencintai photography (y)
Salah satu teman trip saya yang mengabadikan fotonya disini #ilam namanya :)
Salah satu teman trip saya yang mengabadikan fotonya disini #ilam namanya 🙂
Tempatnya memang romantis untuk para pasangan yang sedang di mabuk cinta ,,, ahhhaiii
Tempatnya memang romantis untuk para pasangan yang sedang di mabuk cinta ,,, ahhhaiii

Setelah puas berenang, snorkling, dan berselfie ria di teluk cinta dan foto dengan background miniatur raja ampat kami bergegas pulang ke perkampungan suku bajo untuk berkemas-kemas, makan siang karena jam 3 lewat nanti kita akan kembali ke kota kendari tercinta…

Dalam Perjalanan Pulau Ke Kendari
Dalam Perjalanan Pulau Ke Kendari

Sebenarnya masih ada beberapa spot di pulau labengki yang belum sempat saya abadikan, mungkin next trip lah bakal main ke sini.

Catatan trip:

1. Trip ke sini dengan biaya Rp300.000 sudah termasuk transport, makan dan penginapan tidak termasuk ngemil dan ngopi 😀 😀

2. Kalau berangkat dengan teman-teman backpacker kendari, kamu nggak usah pusing dengan peralatan snorkling, pelampung, kamera underwater karena mereka semua sudah siapkan

3. bagi yang kulitnya sensitif dan anti panas sebaiknya jangan lupa bawa sunblock #fanasss broh hehe

4. oya satu lagi jangan lupa bawa dry bag (ini melindungi barang-barang elektronikmu ketika kamu ngetrip ke sini)

5. emmm apa lagi yah.. jangan lupa berdoa sebelum berangkat..

6. naik ke spot foto dengan background teluk cinta dan gugusan-gugusan pulau kecil jangan lupa pakai sendal gunung atau sepatu (perhatikan keamanan dan keselamatan)

oke sekian catatan perjalanan saya selama di pulau labengki semoga dapat menginspirasi kalian untuk datang ke sini.. #pulau #labengki miniatur raja ampat (y)

Untuk melihat foto-foto lainnya tentang #labengki silahkan kunjungi galery saya di sini

kalau masih ada yang mau di tanyakan silahkan koment atau hubungi aja 😉

59 COMMENTS

  1. permisi admin @mas adi.. salam kenal oya sy mau tanya dong,,?? jalur ke labengki cuman lewat laut aja ya..? atau ada jalur lain..? dan apa ada villa gk d sana..?? thanks

    • ada banyak sih jalurnya.. bisa lewat dari konawe utara tepatnya di desa lasoslo hbis itu naik kapal lagi kurang lebih 2 jam an..

      atau lewat langgekima perbatasan sulawesi tengah,, tpi klw dari kendari ke langgekima jauh skali..

      atau bisa juga lwat toli2 klw nda salah 😀

      tpi ke tiga rute ini blm prnh sy lalui, baru dengar2 dari teman2..

  2. Review yg menarik.mau tanya kl ke labengki dari pelabuhan kendari dengan kapal.apa kapalnya memang khusus dicarter dgn rombongan.atau memang kapal tsb trayeknya ke labengki? Yang kedua, gmn cara gabung dengan kendari backpacker.makasih nahh

    • klw sy boleh menyarankan lbh baik carter kapal dengan rombongan biar lbh murah… carter kapal bsa di cari d pelabuhan biru kendari

      terus, gabung backpacker kendari tnggal search aja di FB backpackker kendari… terus gabung,. dan di backpacker kendari itu blm ada homebase tetap jdi klw mau gabung tnggal gabung aja klw ada trip.. ckup gampang

      saran lagi.. klw kamu cmn sdkt rombongannya mending lewat lasolo (konawe utara) nah dari stu tnggal nyebrang pke kapal selama 2 jam untk sampai di pulau labengki..

      terima kasih sdh berkunjung 🙂

    • terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana saya…

      pulau ini memang di juluki miniatur raja ampatnya sulawesi tenggara, mskpun masih terbilang jauh banget jika di banding raja ampat tapi setidaknya view nya yg eksotis memberikan kepuasan tersendiri bagi pengunjung yg blm sempat ke raja ampat,, mgkn salah satunya karena biaya,, sy pun bgitu hehe…

      spa tau aja nnti bisa jalan2 ke raja ampat 😉

    • waddduuhh kmrn lupa minta kontak yg punya kapal nya mas .. 🙂

      gini aja klw mau k kendari – sulawesi tenggara, gabung dan kenalan aja dlu mas sm backpacker kendari smbil cari2 info ttg labengki soalnya mrk srg ngadain jalan barreng,, grup Fb nya ada tuh..

  3. klau mau sewa perahu nya agak mahal ebbo…. karena star dari kota kendari ke pulau nya dan wktu 5 smpe 6 jam an.. ada jalur alternatif lewat konawe utara ,,, jadi dari kdi ke konwe utara naik mobil sekitar 4 jam an…mobil travel banyak kok… trus lanjut naik kapal ke pulau nya…tpi klw yg cara ini blm pernh nyoba…

    kmrn ramen k sni nya jadi agak murah2 hehe..
    kapan k labengkinya nnti sy tanya tmn2 d kdi..?

  4. Salam Kenal dari Pontianak, Kalimantan Barat..
    Tulisan yang menarik dan informatif dari Mas Adi. Sepertinya harus ada susunan agenda ke Labengki. Kapan rencana trip ke sana lagi?

    • makasih bro zhang yong sdh mmpir d blog ku

      salam kenal jg dari bugis traveler 🙂
      iyaa main2 lah ke sulawesi, kan deket lah itu hehe… oya mhn maaf nda sy bisa guide kan di sana karena skr sdh domisili di lampung (lanjut kuliah) sebaiknya sblm ke sulawesi tenggara sy sarankan gabung dlu di grup backpacker kendari.. 🙂

      kapan2 bolehlah di ajak main ke kalimantan ckckc…

  5. Halo Mas Adi, salam kenal. Mau tanya kalo mau eksplor Kendari dan pulau2nya yang cantik2 ini butuh waktu berapa lama ya? Dan waktu terbaiknya di bulan apa? Kira2 butuh berapa orang untuk satu rombongan kecil (asal cukup ekonomis untuk sewa kapal)? Minta kontaknya ya Mas, thanks

    • halooo juga.. terima kasih sudah mampir di blog yg lagi gk keurus ini hehehe….
      n salam kenal balik

      klau spor yg dekat dari kota kendari itu, bisa ke pulau senja dan bberpa pulau d sekitarnya, pulau hari, air terjun moramo, pulau bokori, dan jgn lupa wisata kuliner nya d sana.. sinonggi (tempat makan yg rekomended bisa yg dpan kantor pajak pratama kendari atau di sanjaya)

      nah klw utk spot yg harus nginap dan lokasinya mmg jauh dan butuh banyak org utk menghemat biaya perjalanan, kcuali klw tau jalur alternatif lainnya tpi ini tdk di anjurkan bagi org yg baru dtg d kendari (takut kesasar) spotnya yg lagi terkenal itu ada pulau labengki sperti di postingan saya ini dan bsa lanjut ke pulau sombori.. viewnya jg kerennn…

      kontak sy bisa di liat di kontak situs ini.. 🙂

  6. Permisi gays..
    Saya pendatang baru di kendari. Tujuan mau lanjut kuliah di kendari.. Tapi waktu sebelum ke kendari saya sdah punya rencana untk traveling dulu ke labengki island.. Nah skarang saya di kendari tinggal di dpan smp 4. Saya mau tanya info biaya dan rute menuju labengki island.. Dan apakah di teluk cinta bisa pasang tenda/camp sendiri? Tanpa menyewa vila.. Mohon infonya. Atau sempat ada comunitas pecinta alam/ank2 adventure yg saya bisa gabung di kendari.. Makasih admin

    • hallloo bro slmt datang di kendari.. sblmnya sy mohon maaf tdk gk bsa membantu lbh karena sementara lgi kuliah di lampung, sdh setahun meninggalkan kendari.. nah denger2 labengki skr sdh jadi resort yg dikelola oleh swasta dan lbh mahal… sprti nya untuk backpacker an agak susah… kcuali klw mau nekad2 an sdkit.. jdi jalurnya dari kota kendari menuju terminal puwatu, abis itu pilih mobil travel menju asera atau ibukota kabupaten konawe utara, nah dari sana bisa tanya desa/pelabuhan penyebarangan jika ingin ke labengki.. atau bisa jga minta tlong sama supir travel untuk di antarkan di desa terdekat dengan pelabuhan penyebrangan jika ingin menju pulau labengki… klau gk salah nama desanya lasolo untuk penyebrangan nya itu.

      nahh d stulah mgkn jiwa backpacker bakal terasa..

      untui alternatif lainnya bisa ikut dengan tmn2 backpacker kendari, sultraveler atau klompok lainnya yg biasa ngadain jalan2 bareng ke pulau labengki.. biaya per peserta sekitar 450.000 itu untuk 3D2N…

      selamat berpetualanga,, oya sebelumnya lebih baik gabung di grup backpacker kendari, atau sultraveler dlu gays. ..

  7. broooo, mau nanya, kira kira harga naik kapal per orang di kenakan biaya berapa yach, dan apakah disana blom termasuk biaya makan dan penginapan yach…. Tks

    • klw banyak sekitar 30 org,, bisa skitar 400 smpe 500 per org.. itu sdh termasuk mkn dll nya
      bahkan bbrpa ada yg sdh nganter ke pulau sombori jg.. mnurutku lebih bagus dari labengki

      dan sedikit info, kondisi sekarang ini di pulau labengki terjadi sedikit perdebatan, jadi kalau mau ke sana MENGGUNAKAN tour guide atau jasa yg tdk resmi kemungkinan bakal di suruh pulang.. lebih lanjut silahkan lihat screenshoot dari pengelola di fanspage bugis traveler sob .. thanks

      atau hubungi BKSDA prov sulawesi tenggara

    • haloo mf telat blsnya.. emmm sebisa mngkn menghindari ke labengki bln2 oktober smpe des,, bln2 jan jg mgkn masih terasa…

      wktu kami k sni sekitar bln feb dan itupun ombaknya cukup tenang dan bersahabat… take foto pun bisa maksimal dengan sunrise labengki,,

  8. Mantap emang Indonesia ini, super banyak tempat Indah-indah dan cantik2. Membuat selalu ingin pergi dan pergi, apalgi bisa naik2 bukit2 kecil, bisa photo2 ria, sungguh hal.yg luar biasa.
    Suatu hari mau mampir juga kesini menikmati sorga2 kecil di belahan nusantara ini

  9. Bang adi, salam knal. Sy bang akmal dr jakarta pemuda mrpi dan pemuda 212. Sy lg di Masamba Makassar. Pengen kesan deh, tp kite punya budget low. Bs banfu pandu yaa…

    Tq, syukron
    Bang @akmalafid (IG)

  10. salam kenal mas adi
    mas adi saya mau tanya ada kontak ngk orang labenki, rencana saya sama temen mau ke labengki sama sombori bulan juli
    mas adi waktu jalan ke labengki total biaya habis berapa?

  11. maaf sblmny. ini sy dr bone mau brngkt ke kendari dngan tujuan mau traveling ke labengki.
    barangkali ada temn yg bsa bantu panduan atau ad open trip.

  12. Wooow….kereeeennn abiz yaa…..pengiiiinn banget explore labengki n sombori.
    Blh tlg pandu donk mas Adi. Untuk ngedive brp nih bugedx ? Thanks a lot.

  13. […] Animo masyarakat terhadap kegiatan traveling bisa di lihat saat musim liburan tiba, semua tempat wisata akan penuh sesak oleh orang-orang yang begitu rindu akan suasana bersantai di tepi pantai, bersenda gurau di taman kota atau mungkin hanya sekedar menghabiskan akhir pekan di tempat-tempat yang begitu damai dan menyenangkan, misalnya saja berlibur ke pulau labengki atau sombori. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.