Pulau Labengki Sulawesi Tenggara, Miniatur Raja Ampat (full explore)
Posted by Adi Wijaya on 22nd March 2015
| 11902 views

Pulau labengki Sulawesi Tenggara Miniatur Raja Ampat

Hari itu saya dan teman-teman backpacker kendari berkunjung ke salah satu pulau cantik di konawe utara, Pulau Labengki Namanya. Pulau labengki merupakan pulau cantik dengan gugusan pulau-pulau kecil serta teluk cantik yang di juluki teluk cinta karena bentuknya menyerupai hati jika dilihati dari atas menggunakan drone.

Kami star jam 9 an dari pelabuhan biru kendari menggunakan kapal laut yang kira-kira muat 50 orang lah. Kapal itu memang cukup besar untuk mengantar kami ke pulau labengki. Bersama teman-teman menghabiskan canda dan tawa di atas kapal, bermain gaple, bosan lanjut bermain kartu, bosan main kartu yahhh ujung-ujungnya tidur hehe… maklum perjalanan yang akan kita lalui memang cukup lama sekitar 5 jam untuk sampai di perkampungan suku bajo di pulau labengki.

Jika Kamu beruntung  kamu akan melihat Kawanan Lumba-lumba

Selfie dalam perjalanan untuk mengusir rasa jenuh ;)
Selfie dalam perjalanan untuk mengusir rasa jenuh 😉
Foto by bang #agus beliau pecinta jalan-jalan juga.. orangnya baik dan ramah..
Foto by bang #agus beliau pecinta jalan-jalan juga.. orangnya baik dan ramah..

Di tengah perjalanan menuju pulau lebengki kamu akan menemukan pemandangan langka, yaitu kawanan lumba-lumba yang sedang berenang  seiringan dengan kapalmu (tapi itu jika kamu beruntung yah) 😀 karena kita nggak bisa memastikan di tiap perjalanan kita kawanan lumb-lumba itu akan ada.

Perkampungan suku bajo di pulau labengki.

Anak-anak di Perkampungan suku bajo sudah menunggu kedatangan kami ;)
Anak-anak di Perkampungan suku bajo sudah menunggu kedatangan kami 😉

Setelah menjalani perjalanan laut yang cukup melelahkan selama 5 jam sampailah kita di perkampungan suku bajo kurang lebih jam 2 an. Jangan kaget ketika kamu di sambut sekumpulan anak kecil ramai-ramai menghampiri kapal kalian karena mereka sangat bahagia ketika ada tamu atau pengunjung yang datang ke pulau tersebut. oyaa satu lagi .. siapkan uang seribuan. Uang seribuan itu dapat kamu lemparkan ke laut, nah nanti bocah-bocah itu akan berlomba-lomba untuk mengambil uang tersebut.. hehe lucu lah pokoknya..

Sempatkanlah bercengkrama, berfoto dengan adik-adik suku bajo agar kamu lebih akrab dengan mereka, mereka welcome kok sama tamu-tamu dan mereka suka bermain jika di ajak bermain.

Mencoba snorkling di spot sekitar mercusuar

Spot Mercusuar
Spot Mercusuar

Setelah capek naik kapal laut tentu kamu harus mencari penginapan. Sebenarnya teman-teman backpacker kendari telah menyiapkan tenda-tenda di halaman sekolah tapi kita juga bisa nginap di rumah-rumah warga. Warga di sana sangat ramah-ramah, baik dan sangat welcome terhadap tamu-tamu yang datang ke daerahnya. Mereka pun tidak memasang tarif menginap di rumahnya, cukup seikhlasnya aja, cuman untuk penginapan sudah di handle semua oleh teman-teman backpacker Kendari.

Ketika baru sampai tadi saya memang telah memperhatikan mercusuar  yang terlihat sangat cantik untuk spot foto-foto, jadi tak menunggu lama saya hanya menyimpan tas dan mengganti pakaian dan langsung cabut dan ke spot mercusuar….

Wahhhh spotnya lumayan bagus untuk sekedar foto-foto landscape dengan objek mercusuar dan tepian pantai yang di ambil dari atas mercusuar. Jalanan menuju puncak mercusuar pun sudah bagus tapi sayang kita nggak bisa masuk ke dalam mercusuar sampai puncaknya karena pintu mersuarnya telah di tutup, konon pintunya di tutup dikarenakan tanga-tangan jahil manusia yang datang ke situ malah mengambil peralatan mercusuarnya.. sayang yahhh padalah kalau bisa naik sampai puncak mercusuarnya, pasti bisa lebih cantik lagi pemandangannya..

Spot snorkeling di sini masih belum terlalu bagus, karang-karangnya pun sangat sedikit, jadi menurut saya tempat nya masih belum recomended buat snorkling kecuali bagi kamu pecinta Potography.

pulau labengki 3

Berburu sunrise dengan background #mercusuar

Berburu Sunrise di Tepi pantai dengan background mercusuar
Berburu Sunrise di Tepi pantai dengan background mercusuar

Malamnya kami kumpul di depan lapangan salah satu sekolah dasar untuk makan malam, dan setelah makan kami langsung pergi istrahat demi mengumpulkan tenaga untuk trip ke teluk cinta esok harinya. Kebetulan saya memilih menginap di rumah warga namun ada juga sebagian teman-teman yang menginap di tenda.

Berburu sunrise memang menjadi salah satu tujuan saya ke sini, saya ingin mengabadikan gimana view sunrise nya dengan background mercusuar. walaupun saya bangunnya agak telat,,, tapi yah syukurlah masih bisa dapat moment seperti ini. (fotonya dapat di lihat di atas).

Berangkat ke spot Andalan #teluk cinta pulau labengki

foto drone by www.muansibero.com
foto drone by www.muansibero.com

#Teluk Cinta Pulau Labengki menjadi salah satu primadona untuk pengambilan foto oleh para pemburu keindahan alam, bentuk teluknya yang menyerupai hati memang sangat indah dan lebih indah lagi jika mampu mengabadikan fotonya dengan drone (y)

pulau labengki
Ini salah satu spot foto nadine candrawinata waktu berkunjung ke pulau labengki

Tempat ini juga salah satu spot foto terbaik karena spot ini pernah menjadi tempat berfoto #Nadine Chandrawinata ketika shooting My Trip My Adventure, untuk liat video tentang Explore Pulau Labengki Versi My trip My Adventure silahkan lihat videonya di youtube klik aja di sini 

Kami dan teman-teman backpacker kendari menuju spot snorkling di teluk cinta pulau labengki, Perjalanan ke teluk cinta ini nggak lama kok, sekitar 20 menit lah dari perkampungan suku bajo bisa menggunakan kapal-kapal nelayan, sewanya sekitar 150 ribuan. kamu juga bisa nginap di teluk cinta karena di situ memang sudah ada satu villa yang disiapkan (tapi denger2 di situ agak mahal sewa villanya, kantong backpacker nggak cukup… tapi kayaknya klw bersepuluh.. yahh cukuplah 🙂 hehe…

Snorkling di teluk cinta pulau labengki
Snorkling di teluk cinta pulau labengki

Karena Spot inilah #Pulau Labengki dinamakan Miniaturnya Raja Ampat…

yahhh bener sekali spot di sini memang cantik sih buat foto, backgroundnya sangat indah dengan gugusan-gugusan pulau kecil yang sangat cantik. jadi wajar saja kalau orang menamainya miniatur raja ampat. untuk naik ke spot ini kamu mulai dari teluk cinta kemudian naiklah ke puncakya untuk mendapat spot ini, cuman saya sarankan juga jangan lupa memakai sepatu/ sendal gunung agar kaki nggal lecet.. batu-batunya tajem broh 😀

Foto by yuslia jamil follow instagramnya di @yusliajamil backpacker cewe dari buto yang juga mencintai photography (y)
Foto by yuslia jamil follow instagramnya di @yusliajamil backpacker cewek dari buton yang juga mencintai photography (y)
Salah satu teman trip saya yang mengabadikan fotonya disini #ilam namanya :)
Salah satu teman trip saya yang mengabadikan fotonya disini #ilam namanya 🙂
#couple
#couple
Tempatnya memang romantis untuk para pasangan yang sedang di mabuk cinta ,,, ahhhaiii
Tempatnya memang romantis untuk para pasangan yang sedang di mabuk cinta ,,, ahhhaiii

Setelah puas berenang, snorkling, dan berselfie ria di teluk cinta dan foto dengan background miniatur raja ampat kami bergegas pulang ke perkampungan suku bajo untuk berkemas-kemas, makan siang karena jam 3 lewat nanti kita akan kembali ke kota kendari tercinta…

Dalam Perjalanan Pulau Ke Kendari
Dalam Perjalanan Pulau Ke Kendari

Sebenarnya masih ada beberapa spot di pulau labengki yang belum sempat saya abadikan, mungkin next trip lah bakal main ke sini.

Catatan trip:

1. Trip ke sini dengan biaya Rp300.000 sudah termasuk transport, makan dan penginapan tidak termasuk ngemil dan ngopi 😀 😀

2. Kalau berangkat dengan teman-teman backpacker kendari, kamu nggak usah pusing dengan peralatan snorkling, pelampung, kamera underwater karena mereka semua sudah siapkan

3. bagi yang kulitnya sensitif dan anti panas sebaiknya jangan lupa bawa sunblock #fanasss broh hehe

4. oya satu lagi jangan lupa bawa dry bag (ini melindungi barang-barang elektronikmu ketika kamu ngetrip ke sini)

5. emmm apa lagi yah.. jangan lupa berdoa sebelum berangkat..

6. naik ke spot foto dengan background teluk cinta dan gugusan-gugusan pulau kecil jangan lupa pakai sendal gunung atau sepatu (perhatikan keamanan dan keselamatan)

oke sekian catatan perjalanan saya selama di pulau labengki semoga dapat menginspirasi kalian untuk datang ke sini.. #pulau #labengki miniatur raja ampat (y)

Untuk melihat foto-foto lainnya tentang #labengki silahkan kunjungi galery saya di sini

kalau masih ada yang mau di tanyakan silahkan koment atau hubungi aja 😉