Pulang Tidung, Wisata Bahari Sangat memukau di Sisi Utara Pulau Jawa
Posted by Adi Wijaya on 23rd October 2017
| 162 views

Indonesia ini sangat kaya dengan potensi wisata bahari yang terpajang dari sabang sampai merauke, mulai dari sisi barat dengan Pulau Sabang hingga Raja ampat di Papua Barat. Semua keindahan tersebut tersaji untuk kita nikmati dengan sebaik-baiknya. Nah menariknya beberapa destinasi di Indonesia itu tak jarang sangat terkait dengan masa perjuangan bangsa zaman dahulu kala, ketika melawan para penjajah.

Salah satu destinasi yang memiliki kriteria tersebut adalah Pulau Tidung, bahkan menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang berasal dari kota-kota terdekat seperti jakarta dan sekitarnya. Jaraknya yang tak begitu jauh karena sudah bisa ditempuh kurang lebih 3 jam perjalanan dengan kapal laut dari Dermaga Muara Angke atau dengan menggunakan Speedboat dari Dermaga Marina Ancol.

Pulau Tidung adalah salah satu kelurahan di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta yang terbagi atas dua bagian yaitu pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Kedua pulau ini dihubungkan oleh sebuah jembatan yang juga menjadi salah satu icon pulau tidung yaitu Jembatan Cinta.

Photo map by: pulauseribu-resorts.com
Di bawah ini terdapat beberapa petunjuk ataupun destinasi-destinasi keren yang tidak boleh kalian lewatkan ketika berkunjung ke Pulau Tidung.,, apa aja yukk simak…
1.Wisata Sejarah tentang asal usul Pulau Tidung

Sudah pada tau belum sejarah penamaan Pulau Tidung..?? Nah konon dahulu kala saat masa penjajahan Belanda berlangsung, pulau tidung merupakan salah satu tempat pengasingan bagi siapa saja yang membangkang kepada pemerintahan kolonial. Salah satu tokoh yang diasingkan pada saat itu adalah Muhammad Kaca. Muhammad Kaca lahir pada tahun 1817, dia berasal dari daerah Malinau, Kalimantan Timur. Nama aslinya adalah Muhammad Sapu. โ€œMuhammad Kaca adalah nama samarannya saat diasingkan ke pulau Tidung oleh kolonial Belanda.

Sebenarnya nama Tidung itu sendiri berasal dari nama suku di Kalimantan Timur, yaitu suku Tidung. Yang sebelumnya bernama Pulau Air Besar. Dan Muhammad Kaca ini adalah tokoh penentang imprialisme Belanda pada masanya, hingga kemudian diasingkan pada tahun 1892 di pulau Tidung dan wafat pada tahun 1898. Ia pun dimakamkan di sebelah barat pulau Tidung. Nah jadi ketika berkunjung ke Pulau Tidung jangan lupa ke sini.

2. Jembatan Cinta

ini dia gais salah satu spot favorit yang terdapat di Pulau tidung sekaligus Icon dari Pulau Tidung, namanya Jembatan Cinta.

Photo by www.ansa-africa.net
Pulau Tidung, Photo By Ikung Adiwar di situs panoramio.com

Nah jembatan cinta ini merupakan jembatan penghubung pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Kebanyakan wisatawan yang datang kesini ingin mencoba melompat dari puncak jembatan ke dalam air dan konon di sini ada mitos yang mengatakan bahwa barang siapa sepasang kekasih yang melewati jembatan tersebut dengan bergandengan tangan, maka hubungannya akan langgeng sampai tua. Dari puncak jembatan kita juga dapat menikmati pemandangan yang sangat memukau, view pulau tidung besar dan tidung kecil menjadi background favorit dalam berfoto.

3. Bersepeda Keliling Pulau

Photo by www.tebejowo.com

Karena tak ada mobil di pulau ini maka salah satu cara yang paling asik untuk menikmati keindahan pulau tidung adalah bersepeda keliling pulau. Dengan bersepeda tentunya kita dapat menikmati keindahan pantai di pulau tidung dan pastinya jangan lupa untuk bertegursapa dengan warga sekitar. Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp15.000 untuk menyewa satu sepeda.

4. Snorkeling di Pulau Tidung

Tak lengkap rasanya jika main ke sebuah Pulau tak mecoba wisata airnya, seperti snorkeling dan diving. Keindahan panorama dan terumbu karangnya tentu akan memberikan kesan yang menarik bagi para pengunjung. Biasanya para wisatawan tak ingin melewatkan moment seperti ini, bisa berselfie ria dengan ikan nemo, atau dapat menikmati langsung pesona terumbu karang yang terdapat di Pulau Tidung.

Untuk melengkapi peralatan menyelam dan snorkeling anda, di Pulau Tidung ini juga terdapat penyewaan tabung dan baju menyelam sekitar Rp300.000 sementara alat snorkeling sekitar Rp35.000/ orang. Harga tersebut belum termasuk sewa perahu seharga sekitar Rp 300.000 dengan kapasitas 10 orang. Jika Anda datang dalam rombongan tentu harga sewa kapal jadi terasa lebih murah untuk per orangnya. Bermain Banana Boat hanya Rp 30.000 per orang.

Nahย  udah pada tau kan apa-apa aja yang menarik yang bisa kalian nikmati ketika jalan-jalan ke Pulau Tidung, selanjutnya kita siapkan rencana liburannya..

Transportasi dan Penginapan

Untuk kalian yang berada di luar kota jakarta seperti saya, maka pemilihan moda transportasi yang cocok bisa dengan kapal laut maupun dengan menggunakan pesawat, karena kebetulan saya sedang berada di Lampung maka saya menggunakan pesawat agar bisa menghemat waktu perjalanan, lagi pula selisih antara harga tiket pesawat Lampung ke Jakarta dengan menggunakan kapal laut (jika di total ya) tak begitu jauh, keuntungan lainnya adalah kita tidak terlalu capek dalam perjalanan, kan rencananya kita mau liburan, jadi harus fun dong,, iya gk,,.? ๐Ÿ™‚

Nah pengalaman saya, paling merepotkan jika harus melakukan pembelian secara terpisah antara tiket pesawat dan homestay atau penginapan. Tak sengaja hunting tiket di situs langganan saya traveloka, ternyata traveloka juga telah membuka menu yaitu paket wisata traveloka di mana para pelanggan setianya diberikan kemudahan dapat memesan secara paket atau sekaligus tiket dan hotel, seperti yang saya lakukan di bawah ini.

Di Halaman awal bisa langsung milih menu Flight + Hotel, btw jika beruntung bisa dapat promo juga loh… jadi sering-sering hunting aja ya ๐Ÿ™‚

Ini ketika saya memilih paket tiket dan hotel di situs andalan gue, Traveloka ๐Ÿ™‚

Salah satu benefit yang saya rasakan dengan memesan tiket secara paket seperti ini adalah “Mudah dan Pastinya Saving Time dong” kita hanya butuh beberapa menit saja untuk mengeksekusi pilihan tersebut, apalagi sekarang sudah sangat mudah dengan adanya bantuan Smartphone. Install aja aplikasi traveloka di HP mu kemudian pilih paket flight dan hotel nya, setelah itu tinggal transfer deh, dan ternyata setelah mau bayar, harganya pun lebih murah dibandingkan dengan memesan tiket & hotel secara terpisah, bahkan hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun”. (Sisa uangnya mungkin bisa digunakan untuk wisata kuliner saat berwisata, oleh-oleh atau mungkin ditabung lagi, enak kan ๐Ÿ™‚

Cara pembayarannya pun sangat mudah karena bisa di transfer via mobile bangking, internet bangking (lagi-lagi hanya melalui smartphone anda dapat melakukan pembayaran dengan mudah) di samping itu masih terdapat juga pilihan pembayaran lainnya, tentunya untuk mempermudah pelanggan setia traveloka.

Nahh ayoo tunggu apa lagi, rencanakan liburannmu dan dapatkan paket murah tiket dan hotel di traveloka.com, pastinya waktu dan uangmu bisa dialihkan ke yang lainnya.

Untuk Transportasi penyebrangan dari dermaga Muara Angke dan Dermaga Marina, di bawah ini dapat di lihat infonya. Jadwal, Tarif Tiket Kapal ke Pulau Tidung Kepulauan Seribu

1. KAPAL TRADISIONAL
Lama perjalanan 2,5 โ€“ 3 jam
Berangkat dari Muara Angke pukul 07.30 wib
Khusus hari libur dari Tidung tersedia juga kapal pukul 13.00 wib (Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu)

2. PREDATOR (SPEEDBOAT)
Lama perjalanan kurang lebih 1 jam
Berangkat dari Ancol pukul 08.00 wib
Kembali dari Tidung Pukul 15.00 wib
(untuk one day trip harga tiket @450.000, berangkat jam 8 pagi pulang jam 3 sore)

3. CITRA JET (SPEEDBOAT)
Lama perjalanan kurang lebih 1 jam
Berangkat dari Muara Angke pukul 08.00 wib
Kembali dari Tidung Pukul 13.00 wib (Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu)
Untuk hari biasa harus dengan konfirmasi.

4. KERAPU (SPEEDBOAT)
Lama perjalanan kurang lebih 1 jam
Berangkat dari Kali Adem pukul 08.00 wib
Kembali dari Tidung Pukul 08.00 wib
Penumpang melakukan pembelian tiket sendiri dengan mengantri. (pemesanan tidak dilayani)

Tempat Makan, atm, sinyal internet dll

Untuk makan anda tidak perlu khawatir dan takut kelaparan. Di pulau tidung ini banyak warung-warung yang menyediakan tempat makan bagi mereka yang tidak membawa bekal dari rumah, deretan warung makan akan banyak anda jumpai dan siap memanjakan perut para pecinta kuliner bahari. Harganya pun terbilang sangat murah jadi jika tak ingin repot membawa makanan dari rumah sebaiknya beli makan di sana aja, itung-itung kita juga memberikan sumbangsi kita kepada warga sekitar dengan membeli jajanan mereka ๐Ÿ™‚

Yang jadi sedikit masalah adalah belum adanya Atm di pulau ini sehingga anda harus membawa uang tunai dalam jumlah banyak, apalagi jika anda sekeluarga. Untuk akses internet di pulau ini sangat bagus untuk provider tertentu, artinya kita bisa live postย  di sosial media dong hahaha…

Nah itu dia gais beberapa poin yang perlu and perhatikan sebelum berwisata ke Pulau Tidung, btw jangan lupa sampahnya ya.. buanglah sampah pada tempatnya agar tempat wisata kita tetap bersih dan indah, sampai anak cucu kita pun masih dapat menikmatinya ๐Ÿ™‚ salam wisata ….