Peralatan Wajib Travel Photography
Posted by Adi Wijaya on 12th March 2015
| 2532 views

Memiliki hobi memotret tentunya menjadi hobi yang cukup mahal. Dimana, setiap orangya harus memliki peralatan lengkap. Dimulai dari kamera dan berbagai alat pendukungnya. Namun itu bukan masalah bagi travel Photography. Dimana kepuasan menjadi tujuan utama dari kegiatan tersebut. Tidak sedikit orang rela bepergian jauh untuk mendapatlkan hasil hasil foto menakjubkan. Dan mereka bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan travelling. Siapa yang tidak ingin bepergian dan juga mendapat tambahan uang sekaligus.

Sumber: http://www.alambudaya.com/2013/07/travel-photography-equipment-what-to.html
Sumber: http://www.alambudaya.com/2013/07/travel-photography-equipment-what-to.html

Tidak sembarang foto bisa dipamerkan ke khalayak. Hanya foto foto unggulan dan memiliki kualitas bagus layak untuk anda tampilkan.

Inilah Perlengkapan Travel Photography
Seiring dengan perkembangan waktu dan teknologi, makin banyak orang menggeluti travel photography sebagai gaya hidup. Sehingga profesi travel photographer menjadi hal baru. Berikut merupakan beberapa perlengkapan yang patut dibawa selama bepergian

  1. Tas Kamera
    Ada banyak jenis tas kamera. Dari mulai tas jinjing, sampai tas backpack. Untuk kenyamanan travel photography anda, pilih model backpack. Selain lebih praktis, muatannya juga jauh lebih banyak. Spesifikasi standar nya adalah dengan isi 4 lensa, 1 kamera, dan 1 laptop. Pemilihan bahan harus dipilih dengan menggunakan bahan waterproof.
  2. Membawa Dua Jenis Kamera
    Setidaknya, ketika anda bepergian, bawa beberapa kamera bersama anda. Yaitu dua kamera body. Mengapa harus membawa dua? Satu kamera berfungsi untuk dipasangkan dengan lensa lebar. Satunya lagi dipasangkan lensa tele. Selain itu, anda tidak harus berganti lagi lensa pada saat memotret.
    Jika kamera satu rusak, masih ada back-up dari kamera lainnya. Tidak perlu khawatir untuk membawa banyak kamera.
  3. Mempersiapkan Jenis Lensa
    Selain kamera, ada beberapa jenis lensa untuk dibawa. Yaitu, 1 lensa range 24-70 mm bagi full frame kamera. Selanjutnya ada lensa range 17-50 mm untuk non full camera. Lensa ketiga adalah satu lensa range 11-16 mm bagi jenis foto landscape. Lalu satu lensa tele photo range 70-200 mm.
  4. Cadangan Peralatan Pendukung Lain
    Kamera dan lensa menjadi alat utama di dalam travel photography. Ada alat alat penting lainnya ketika anda melakukan pemotretan, yaitu; tripod atau monopod. Dibawa agat hasil foto tidak blur karena goncangan tangan. Lalu membawa external flash. Agar pencahayaan semakin maksimal. Lalu beberapa spare battery.  Dan juga cadangan memory card dari range 8 GB sampai 16 GB. Jangan lupa membawa laptop, karena foto harus memiliki back up, dan beberapa diantaranya harus dikirimkan.
  5. Mempersiapkan Setting an Kamera dari Awal
    Ketika sudah sampai ke lokasi pemotretan, anda hanya tinggal memotret objek sekitar, tanpa harus dipusingkan dengan pengaturan kamera anda. Beberapa fitur utamanya adalah, white balance, ISO, Depth of Field, Foreground, HDR.

Teknik dari seorang fotografer akan diuji pada saat mereka melakukan travel photography. Dimana keterbatasan alat dan cuaca tidak menentu menjadi tantangan utamanya.