Salah satu style traveling yang cukup menarik saat ini adalah “traveling with bike” atau jalan-jalan dengan menggunakan sepeda motor. Bikepacking sendiri berasal dari kata bike (sepeda) serta backpacking, yaitu traveling nggembel dengan budget minim. Meskipun awalnya kegiatan ini bertujuan untuk silaturahmi sesama club motor saja tapi lambat laun, kegiatan traveling semacam ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi alam dan budaya yang mereka lalui.

Traveling semacam ini juga sering saya lakukan ketika ingin menjelajahi pesona wisata lampung, dari satu destinasi ke destinasi lain kami jelajahi dengan sepeda motor saja. Ada beberapa alasan kenapa traveling dengan sepeda motor saat ini menjadi pilihan utama

  1. Traveling dengan sepeda motor tentu akan lebih bebas

    Photo by nextleg.com/

    Satu hal yang paling saya rasakan ketika traveling dengan sepeda motor adalah saya bisa mampir kapan saja dan di mana saja, ada view yang bagus..mampir,, ada tempat kuliner yang enak..mampir, capek atau lelah yahh tinggal berhenti aja kemudian istrahat kan.

    Dan yang nggak kalah penting nih, ketika kamu traveling dengan sepeda motor kamu bisa melewati jalan-jalan tikus yang kamu temukan lewat google maps. Percobaan ini sempat saya terapkan ketika jalan-jalan ke Bandung.,berbekal google maps dan sepeda motor, saya bisa menghindari macet ke arah ke Tangkuban perahu berkat jalan tikus yang saya dapatkan dari google maps šŸ˜€ hehe.. seruuu kan.. !!!

  2. Menjangkau Destinasi yang tidak dapat di lalui mobil
    Nah kalau ini pasti sering di alami oleh para pecinta bikepacking nih, soalnya beberapa destinasi keren dan termasuk dalam hidden paradise itu tidak bisa dijangkau dengan roda empat, yahh alhasil salah satunya dengan menggunakan sepeda motor agar lebih mudah.Salah satu contoh destinasi yang agak sulit di akses dengan roda empat adalah spot “Gigi Hiu di Kelumbayan Tanggamus Lampung” Spot ini adalah salah satu spot landscape terbaik yang ada di Lampung, karang-karangnya yang menjulang tinggi bak gigi hiu dan hantaman ombak menambah eksotisme gigi hiu sebagai landscape terbaik di Lampung.Bener sih kita bisa menggunakan mobil “Tapi” saya saranin sih lebih baik menggunakan sepeda motor saja. Hanya mobil-mobil dengan dobel cabin yang sanggup sampai ke sini, itupun masih harus berjibaku dengan jalanan mendaki dan menurun yang lumayan ekstrim.
  3. Pastinya lebih murah dong;.???
    Murah..??? emmm pasti dong. Contohnya ketika saya traveling ke gigi hiu kelumbayan tangamus, Hanya berbekal dua kali isi tangki motor, saya sudah sampai ke spot tersebut. Coba bayangkan jika saya harus menyewa mobil, berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk sampai ke sini kan.
  4. Kalau bawa pacar, kamu bisa di peluk dari belakang *bawa pacar sendiri ya atau istri lebih bagus hehe..

    Photo by sportourism.id

    Tapi tau nggak kalian ada satu cara menikmati traveling with bike secara sempurna dan tanpa mengenal lelah, dunia serasa milik berdua yang lain cuman numpang.,,perjalanan panjang pun serasa singkat di lalui.. yahh apalagi kalau bukan traveling with pacar heheā€¦ Pastinya dong yang membonceng bakal dapat lingkaran penuh dari sang kekasih ketika diboncengin hehe..

  5. Pastinya lebih banyak pengalaman yang bakal kamu dapatkan
    Satu hal yang tak boleh kalian lewatkan ketika traveling with bike, yaitu pengalaman yang sangat berharga. Dengan keleluasaan mengatur waktu dan tempat yang akan dikunjungi, bikepacking bisa mampir di mana saja dan kapan saja.Jadi ketika kamu sedan melewati daerah yang menurut kalian bagus, maka cobalah untuk menepi walaupun sekedar untuk menyapa mereka, bisa jadi dengan begitu kalian akan mengerti gimana perjuangan mereka bisa bertahan di daerah itu. Bukan itu saja, biasanya kalian juga akan mendengar cerita-cerita mistis di daerah yang akan kamu lewati. Jadi cukup menengangkanlah tapi bakal indah kamu kenang selamanya ā˜ŗ

Nah itu dia gais beberapa alasan kenapa traveling dengan sepeda motor itu jadi sangat menarik saat ini. Tapi saya mau kasi tau nih kalau traveling dengan sepeda motor itu bukan asal bawa motor aja ya., perlu persiapan yang matang serta fisik yang prima agar kegiatan traveling kalian menjadi lancar.. apa aja tuh..?? yukkk di simak ya..

  1. Siapkan fisik yang prima sebelum berangkat;
    Cerita tentang traveling dengan sepeda motor maka sudah tentu sangat erat kaitannya dengan kekuatan fisik dan kondisi badan yang prima. Oleh karena itu para bikers sebelum melakukan traveling maka sebaiknya menjaga fisik sebelum berangkat, misalnya saja kurangi begadang, olahraga yang cukup dan tentu pola makan yang seimbang. Syarat ini tentu tidak terlalu berlaku bagi teman-teman yang hanya ingin melakukan one day trip aja., hal ini di tekankan khusus bagi temen-temen yang ingin traveling dalam waktu yang cukup lama.
  2. Pastikan Kondisi Motor Yang prima
    Bagi seorang traveler with bike maka motor adalah hal pendukung utama dalam perjalanan. Jadi, sebelum melakukan touring sebaiknya cek kondisi motor dan pastikan semua berfungsi dengan normal.
  3. Pakailah Jaket Motor sebagai pelindung badan

    Macam-macam Jaket Motor yang ada di Mataharimall.com

    Ini dia nih hal yang tidak bisa kamu sepelehkan, alat yang akan melindungi tubuhmu dari dinginnya malam, terpaan angin dan juga hujan yang tiba-tiba turun, bahkan saking pentingnya saya sangat selektif dalam memilih jaket motor sesuai dengan perjalanan saya, misalnya untuk traveling jangka panjang maka saya menggunakan jaket motor khusus yang di design disegala medan namun tetap nyaman digunakan.

    Salah satu contohnya adalah jaket motor yang saya lihat di matahari mall, dengan design yang sangat khas bagi seorang rider tapi tetap nyaman ketika digunakan menjadi pilihan utama ketika saya traveling dengan sepeda motor.

  4. Bawalah perlengkapan-perlengkapan penting lainnya, sarung tangan, sepatu, sunglass dan Gps.
    Peralatan-peralatan kecil seperti sarung tangan yang dapat melindungi tangan kamu dari terpaan angina dan panasnya terik matahari juga jangan dilupakan. Sepatu dan sunglass sudah pasti masuk list untuk menambah tampilan keren kamu. Oya jangan lupa aktifkan gmaps di handphone kamu agar tak kesasar.
  1. Oya satu lagi, Pastikan tidak lupa membawa surat-surat motor dengan lengkap.
    Nahh ini nih yang jangan dilupain, jangan sampai niatnya mau traveling justru harus berurusan dengan pak polisi karena lupa membawa surat-surat motor heheā€¦ Jadi, pastikan gais kamu tidak melupakan yang satu ini

Oke itu dia saran-saran saya bagi anda para pecinta traveling dengan sepeda motor, explore terus alam dan budaya Indonesia dan jangan lupa tetap safety šŸ™‚

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here