Obyek Wisata Sejarah Di Surabaya
Posted by Adi Wijaya on 26th October 2016
| 599 views

Ada beberapa orang yang menyukai sejarah. Mereka mencari jejak sejarah dari buku sampai berkunjung langsung atau berwisata ke lokasi sejarah,  seperti museum, tempat ibadah, jalan, bangunan kuno, dan lainnya. Jika Anda termasuk penggemar wisata bersejarah, maka Surabaya termasuk kota yang wajib dikunjungi.  Mengapa? Karena di Kota Surabaya banyak terjadi peristiwa yang berhubungan dengan sejarah Indonesia.

Salah satu peristiwa sejarah yang terkenal adalah tanggal 10 November tahun 1945. Rakyat Surabaya melawan tentara sekutu hingga jatuh banyak korban. Karena peristiwa tersebut, tanggal 10 November dijadikan sebagai hari Pahlawan. Jejak peristiwa sejarah menjadi obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Perkembangan hotel di Kota Surabaya telah berkembang pesat. Salah satu hotel favorit di kota ini adalah Hotel Ciputra World Surabaya.

Sumber gambar: hotelciputraworld.com
Sumber gambar: hotelciputraworld.com

Hotel yang terletak di Jalan Mayjend Sungkono dengan label bintang lima ini tidak jauh dari beberapa obyek wisata bersejarah. Selain itu, dekat juga dengan pusat perbelanjaan Surabaya Town Square, Ciputra World Mall, dan Royal Plaza Surabaya. Jadi, selain obyek wisata sejarah, Anda bisa menikmati obyek wisata belanja di lokasi hotel tersebut, asyik kan? Yuk lihat aplikasi Traveloka yang menyajikan berbagai macam tepat recomended. Bagaimanapun rasanya kurang lengkap jika berwisata tanpa berbelanja.

Sekarang mari kita telusuri obyek wisata sejarah di Kota Surabaya. Jangan lupa untuk mempersiapkan kamera yang maksimal supaya wisata Anda bisa didokumentasikan dengan apik. Selain itu, persiapkan juga notes atau ponsel untuk mencatat jurnal perjalanan Anda karena wisata sejarah tidak hanya sekedar datang, tetapi banyak hal yang bisa Anda pelajari dan Anda abadikan. Berikut ini beberapa obyek wisata bersejarah di Surabaya:

Tugu Pahlawan

Sumber gambar: rafihydar.it.student.pens.ac.id
Sumber gambar: rafihydar.it.student.pens.ac.id

Tugu Pahlawan adalah icon Kota Surabaya. Tugu yang berbentuk seperti lingga ini merupakan saksi sejarah peristiwa 10 November tahun 1945. Obyek wisata di area Tugu Pahlawan selain tugu juga terdapat area makam pahlawan yang tidak diketahui namanya. Di atas makam tersebut dibuat patung yang menggambarkan perjuangan rakyat. Sementara di sudut lain berdiri dengan kokoh patung Bung Karno dan Bung Hatta yang tengah membacakan proklamasi.

Untuk menuju obyek wisata ini sangat mudah karena letaknya strategis. Lokasinya berada di dekat Stasiun Semut dan dilewati banyak transportasi dari berbagai terminal bus. Saat weekend, area tugu banyak dipenuhi wisatawan lokal maupun asing. Mereka tidak hanya menikmati bangunan-bangunan di sekitar Tugu Pahlawan, tetapi juga asyik berbelanja di pasar dadakan. Pasar dadakan ini menjual aneka dagangan dari yang baru hingga barang-barang second.

Museum 10 November

Sumber gambar: m.tempo.co
Sumber gambar: m.tempo.co

Lokasi wisata Museum 10 November terletak di bawah Tugu Pahlawan. Arsitektur bangunannya cukup unik menyerupai piramid-piramid mungil dan di dalam museum ini, Anda seperti melihat peristiwa 10 November tahun 1945. Terdapat barang-barang peninggalan para Pahlawan, termasuk senjata yang dipergunakan saat itu, juga rekaman pidato Bung Tomo, dan tokoh-tokoh peristiwa 10 November.

Masjid Ampel

Sumber gambar: akucintanusantaraku.blogspot.co.id
Sumber gambar: akucintanusantaraku.blogspot.co.id

Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Ampel ini sudah dikenal menjadi obyek wisata reliji di Surabaya. Masjid ini merupakan bagian dari sejarah Islam, dibangun sekitar tahun 1421 oleh Sunan Ampel sebagai sarana menyebarkan agama Islam di Jawa. Anda akan tercengang membayangkan bahwa masjid ini sudah dibangun dari zaman Majapahit. Beberapa bagian masjid masih asli, seperti menara masjid yang menjulang cukup tinggi.

Arsitektur Masjid Ampel cukup unik, Anda bisa melihat lima gapura yang mengelilingi Masjid Ampel. Lima gapura ini konon memiliki filosopi sebagai lima rukun Islam karena memang setiap gapura menggambarkan tentang rukun islam. Salah satunya gapuro munggah melambangkan Rukun Islam ke lima, yakni haji. Keunikan lain Jika Anda berkunjung ke Masjid Ampel suasana sekitar masjid seperti di Arab, termasuk dagangan dan kulinernya.

Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam memiliki keunikan tersendiri karena kapal selam yang digunakan sebagai monumen adalah kapal selam asli. Kapal selam yang pernah dipergunakan di pertempuran Laut Aru antara Irian Barat dengan Belanda. Saat masuk ke dalam monumen ini Anda bisa membayangkan bagaimana dahulu para awak kapal selama berlayar merasakan suhu panas pada ruangan kedap udara karena belum ada pendingin.

Para awak kapal selam menghadapi kondisi di dalam kapal dan kondisi menantang maut di laut. Mengingat ini rasanya sedih,  wisata sejarah memang bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air. Selain orang dewasa, anak-anak sangat bagus dikenalkan obyek wisata sejarah Indonesia. Oya, di Kota Surabaya masih banyak lagi obyek wisata sejarah yang bisa Anda datangi selain ulasan di atas loh, seperti Gedung Grahadi, Monumen Perjuangan Polri, dan masih banyak lagi.