Menjelajahi House of Sampoerna, Jujugan Wisata Wajib di Surabaya
Posted by Adi Wijaya on 25th October 2017
| 93 views
sumber:triptrus.com

Kalau kamu jalan-jalan ke Surabaya, salah satu tempat yang nggak boleh kelewatan adalah House of Sampoerna. Ini adalah museum milik pabrik rokok Sampoerna yang memang berpusat di Surabaya dan sekarang menjadi salah satu tempat wisata di Surabaya yang jadi jujugan para turis dari berbagai daerah.

Tentu saja, tempat wisata di Surabaya ini memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh tempat lain. Yang pasti, dijamin nggak rugi kalau kamu main ke House of Sampoerna ketika liburan di Surabaya.

Bangunan Bersejarah
Museum House of Sampoerna berdiri di sebuah tempat bersejarah di kota tua Surabaya. Bangunan ini dibangun pada tahun 1862 dan dulu sempat menjadi panti asuhan yang dikelola oleh Belanda.

Pada tahun 1932, bangunan ini dibeli oleh Liem Seeng Tee yang merupakan pendiri perusahaan Sampoerna. Setelah itu, bangunan ini berubah fungsi menjadi pabrik pertama rokok Sampoerna yang memproduksi dalam jumlah besar.

sumber:wikipedia.org

Sebagian dari bangunan ini sudah mengalami perombakan, namun sebagian lainnya masih dijaga seperti bentuknya semula. Hingga tahun 2003, sebagian bangunan masih dipergunakan sebagai tempat produksi rokok Dji Sam Soe. Setelah itu, bangunan tersebut dirombak dan sekarang dibuka untuk umum sebagai destinasi wisata bersejarah milik Sampoerna.

Masih Jadi Tempat Tinggal
Meski sebagian besar tempat sudah jadi museum, masih ada bagian dari House of Sampoerna yang jadi tempat tinggal keluarga pendiri pabrik rokok ini. Sampai sekarang, keluarga HM Sampoerna masih tinggal disana, di tempat pabrik besar pertama milik rokok Sampoerna didirikan.

sumber:ulin-ulin.com

Isi Museum
Ketika jalan-jalan disini, kamu akan mendapati mesin-mesin rokok lawas yang berasal dari masa puluhan tahun silam. Selain itu juga dikisahkan bagaimana keluarga Liem Seeng Tee mendirikan pabrik ini, mengurus bisnis dan menjadikannya sebuah perusahaan besar beromset luar biasa di Indonesia.

Galeri Seni
Tidak hanya berisi museum peralatan rokok dan kisah perusahaan, House of Sampoerna juga memiliki galeri seni yang isinya menarik. Karya para seniman ternama di Indonesia dipajang disini, baik dengan status pinjaman dari para seniman, atau yang menitipkan untuk dijual ke publik.

sumber:wisatajatim.info

Toko Souvenir
Di lantai dua House of Sampoerna terdapat sebuah toko souvenir yang menyediakan banyak barang untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Mulai dari merchandise dari Sampoerna, batik, kerajinan tangan karya seniman daerah dan masih banyak lagi barang oleh-oleh khas Surabaya yang dijual di sini.

Cafe
Lelah berkeliling museum dan toko, kamu bisa mengisi perut di cafe yang ada di dalam House of Sampoerna. Cafe ini ditata dengan interior yang cantik, bergaya art deco dan dipercantik dengan sentuhan sejarah yang menarik. Tidak hanya instagramable, cafe ini juga dikenal dengan makanannya yang lezat. Tak sedikit pengunjung House of Sampoerna yang memang sengaja datang ke sana hanya untuk mengunjungi cafenya saja.

sumber:wisatamuseum.com

Jam Buka
House of Sampoerna terletak di Jl Taman Sampoerna no 6, Krembangan Utama, Surabaya. Tempat ini buka setiap hari, mulai pukul 09.00 pagi sampai 19.00 malam. Semua usia bisa masuk ke tempat ini, baik anak-anak maupun dewasa bisa menjelajahi House of Sampoerna dan mendapatkan ilmu pengetahuan disana.  Tak banyak museum tentang rokok di Indonesia, dan House of Sampoerna adalah satu yang terbaik di antara semua museum yang ada di Indonesia. Jangan lupa mampir ke tempat ini kalau kamu liburan ke Surabaya ya.