Jalan-jalan Ke Pulau Bokori, Bisa melihat sunset juga bisa memandangi Pulau Bokori dari Puncak
Posted by Adi Wijaya on 16th June 2015
| 8801 views

Ketertarikan saya terhadap traveling dan fotografi membuat saya jarang sekali melewatkan akhir pekan tanpa kegiatan jalan-jalan dan hunting foto terkecuali jika ada kegiatan yang lebih penting. Nah minggu kemarin saya dan teman-teman kantor yang kebetulan juga hobby jalan dan foto-foto menyusuri sepanjang jalan teluk kendari, jalan itu akan menuntun kami menemukan sebuah pulau cantik yang kini jadi perhatian banyak orang, pulau itu adalah “Pulau Bokori”.

“Pulau Bokori adalah sebuah pulau kecil di depan tanjung Soropia Kecamatan Soropia, Sulawesi Tenggara. Pulau yang dulunya di diami oleh orang-orang suku bajo ini, kini kembali menjadi pusat perhatian, diumpamakan gadis cantik, ini merupakan gadis desa yang kembali di poles agar cantik yang sesungguhnya benar-benar terlihat”.

Sebenarnya awal saya penempatan di kendari pun, saya belum terlalu mengenal pulau ini, nanti setelah acara pergantian tahun baru 2015 kemarin, perayaan HUT Sulawesi Tenggara dipusatkan di pulau ini, sontak pulau ini menjadi buah bibir banyak orang utamanya mereka yang senang jalan dan suka foto.

Dan akhirnya keelokan dan kecantikan pulau bokori ini sampai juga di telinga para pejalan dan teman-teman lainnya yang punya minat sama seperti saya, ketika mendengar ada objek wisata yang menarik seperti ini saya pun akan berusaha untuk mendatanginya, mengabadikan tiap sudut, tiap moment dan angel dari pulau cantik tersebut.

Pulau Bokori
Pulau Bokori

Kami berangkatnya agak siangan juga sekitar jam setengah satu an lah, start dari kendari dan akhirnya selama setengah jam perjalanan dengan naik motor sampai juga di perkampungan suku bajo kecamatan soropia, dan baru sekitar jam setengah 3 an kami menyebrang ke pulau bokori dengan mempertimbangkan bisa mendapatkan pemandangan sunset pada sore menjelang malam apalagi pada siang itu cuaca juga sangat mendukung, langit begitu cerah dengan gradasi warna birunya yang sangat menawan.

Penyebrangan ke pulau bokori ini dapat di ambil dari desa mekar, desa bajo atau pun desa bokori, dan tak perlu khawatir bakal kehabisan kapal karena memang banyak nelayan yang siap mengantar kamu ke Pulau ini, kami membayar 160.000 untuk 4 orang, dan kalau kamu banyak bisa lebih murah lagi bisa 15.000-20.000 per orang itu untuk Pulang Pergi.

Sebelum kalian menuju ke spot utama yaitu Pulau Bokori, saya sarankan sebaiknya jangan melewatkan spot foto menarik yang satu ini.. #puncak padang ilalang di desa mekar dengan pemandangan desa bajo dan pulau bokori dari puncak..cakep broh <3

Mampir Foto di Spot Padang Rumput Ilalang

Spot ini mungkin menjadi salah satu yang membuat saya puas ketika trip ke sini, yahh gimana tidak puasa kalau dari puncak ini kamu bisa menyaksikan sebuah pemandangan yang indah, melihat dari kejauhan pulau bokori serta pemandangan desa bajo (masyarakat yang hidupnya lebih senang berdiam di atas air)

Nah, nggak bakalan rugi kan kalau naik ke spot yang satu ini, di mana lagi bisa melihat pemandangan seperti ini di kendari, yah paling di puncak amarilis aja hehehe.. tapi menurut saya, spot ini salah satu yang membuat saya puas ketika jalan-jalan ke sini.

Ke depan kemungkinan tempat ini bakal ramai di kunjungi orang, dan kita nggak tau beberapa tahun ke depan lagi bakal ada resort, villa atau hotel yang akan di bangun di sini mengingat pemandangan dari puncak nya memang sangat memanjakan mata, dan satu lagi menurut saya tempat ini bisa di jadikan sebagai tempat foto pre-wedding menarik loh..

Puncak padang Ilalang
Puncak padang Ilalang
Pulau Bokori
Pulau Bokori Tampak Dari Kejauhan

Waktu kami trip ke sini sayang sekali nggak ada cewe yang ikut, jadi nggak bisa motret model dengan background cantik seperti ini, yahh Alhasil temenku pun saya minta untuk berfoto ala-ala foto pre-wedding ckckc.. memang keren sih tapi sayang bukan cewe pasangannya.

Foto ala - ala prewedding hehe...
Foto ala – ala prewedding hehe…
Totalitas berfoto
Totalitas berfoto

ini dia nih totalitas seroang tukang foto, sampai harus manjat pohon untuk mendapatkan angel yang pas dan cantik. Kayaknya temenku ini berbakat jadi photographernya National Geographic. hehe ..

Saya sangat suka dengan pemandangan rumah-rumah terapung suku bajo, bentuknya unik, dan berbeda dengan rumah pada umumnya, jika kebanyakan orang suka membuat rumah di darat lain hal nya dengan orang bajo, kedekatan mereka dengan laut membuat kehidupan mereka tidak bisa dipisahkan dengan laut, sampai akhirnya mereka mendirikan rumah di atas laut seperti pemandangan di bawah ini, “bagai sebuah negeri di atas air“.

Pemandangan desa bajo dari puncak
Pemandangan desa bajo dari puncak
Pulau Bokori, Photo by
Photo by Ririt Yuliarti Taha, mau kenalan dengannya silahkan follow instagramnya rirityuliartitaha

Welcome to “Pulau Bokori”

Nah,, ni dia nih tujuan utama kami jalan-jalan ke sini. “PULAU BOKORI”.  Pulau yang memang nggak terlalu luas tapi memiliki pasir putih yang sangat cantik dan sudah ada villa nya juga loh..namun masih terbilang sangat mahal untuk kelengkapan fasilitas yang belum memadai, katanya sih masih dalam pengembangan, yang nantinya cottage itu bakal di lengkapi dengan alat pendingin, tempat tidur dan fasilitas lainnya “tutur si penjaga cottage tersebut.

Terakhir kemarin bapak penjaga cottage itu bilang kalau mau nginap butuh dana 1 juta/hari, sudah termasuk penyebrangan dari desa bajo serta penyediaan air untuk bersih-bersih. #mahhaalll nyooo untuk sekelas backpacker atau traveler kayak saya hehe..kecuali bareng-bareng yah.. misalnya bersepuluh atau lebih, mungkin bisa lebih murah karena ukuran kamar nya memang terbilang luas, bisa lah muat sampai 10 orang dalam satu villa itu.

Di sisi lain pantai itu juga masih banyak terdapat bulu babi yang jika kamu tersengat/menginjak di jamin bakal sakit banget, Nah kalau mau Snorkling kamu bisa cobain spot snorkling di dermaga nya, cuman waktu ke sini saya cobain snorkling tapi tidak melihat karang, mungkin bukan di spot ini kaliii…

Fasilitas di Pulau Bokori

IMG_2407Sebuah tempat yang indah jika tak di lengkapi dengan fasilitas yang lengkap tentu tidak akan memberikan kenyamanan, maksud hati mau melepaskan penat malah jadi repot karena keterbatasn fasilitasnya itu, lagi-lagi jika bicara tentang cewe cantik, jika cewe cantik nya jarang diperhatikan, skillnya biasa-biasa aja tentu tidak banyak yang melirik kan…,Nah tinggal kita gimana caranya agar tampilannya lebih indah.

Seperti inilah yang mungkin coba dikembangkan di pulau ini, pulau yang kecil ini kini telah di lengkapi dengan sebuah dermaga sebagai tempat bersandarnya kapal-kapal dan tentu juga fasilitas lainnya seperti cottage (villa) dan air bersih yang dapat di sewa.

Indahnya Sunset di Pulau Bokori

Ketika semua orang telah pergi meninggalkan pulau, kini tinggal saya dan teman-teman beserta penjaga pulau dan beberapa anak kecil yang sedang mencari kerang di pinggiran pantai. Setia menunggu sang sunset yang sebentar lagi akan menampakkan wajah cantiknya  “feeling lope lope” deh kalau sudah melihat si sunset  hehehe.. #serius kamu nggak bakal nyesel untuk menunggu sunset di sini ketika cuaca sedang cerah.. liatin aja foto-foto sunset di bawah ini.

sunset di pulau bokori - foto melompat ke laut dengan background sunset
sunset di pulau bokori
DSC_0208
Bermain air di Pulau Bokori
Foto Siluet keren di pulau bokori
Foto Siluet keren di pulau bokori
IMG_2395
Sunset

Foto ala-ala seperti ini juga terlihat sangat bagus, walaupun sinar mataharinya masih sangat keras, mungkin jika kamu pakai filter GND akan lebih bagus karena dapat menyamakan perbedaan cahaya langit dan air lautnya.

Lagi-lagi karena tak punya model cewek, teman saya pun jadi objek dalam foto siluet kali ini, sambil memegang bintang laut yang sudah mati yah (kalau masih hidup jangan, kasihan).

Oke sekian cerita perjalanan kami ke pulau bokori, semoga dapat menghibur terima kasih dan salam traveling #salam backpacker #salam ransel

Tips Jalan-jalan Ke Pulau Bokori

  1. Kalau cuaca sedang cerah-cerah sebaiknya berangkatnya agak siangan aja gpp.. kemungkinan besar kamu bakal dapat sunset yang keren;
  2. Harga sewa Kapal lebih murah jika kamu rombongan
  3. Kalau mau nginap monggo, Pulau Bokori sudah lengkap fasilitas cottage nya
  4. Bagi yang suka berteriak ketika cuaca panas, jangan lupa bawa payung dan #sunblock #panas