Indahnya Sunset di Pantai Ria Kolaka
Posted by Adi Wijaya on 15th July 2015
| 1917 views

Pemandangan Sunset di tepi pantai selalu membuat orang yang melihatnya akan takjub, apalagi kalau ditemanin secangkir kopi toraja yang terkenal nikmat itu…alamak #enak mentong (y). Dari pemandangan itu seharusnya kita sadar bahwa maha besar Allah yang telah menciptakan dunia dan isinya yang sangat indah ini.

Oke Pada kesempatan kali ini bugis traveler akan mengajak kalian berjalan-jalan/traveling ke kota tempat saya di besarkan walaupun saya sebenarnya di lahirkan di pinrang. Nah, kota ini dikenal dengan julukan kota kakao karena sebagian besar penduduknya bertani kakao dan sumber penghasilannya pun kebanyakan dari berkebun kakao tersebut, tapi menurutku itu dulu ketika tanahnya masih subur dan masih kurang hama, tapi sekarang kayaknya orang akan beralih ke tanaman yang satu ini “cengkeh” eittss tapi kali ini kita bukan ngomongin si kakao vs si cengkeh yah” hehe… sekarang bugis traveler akan mengajak kamu menikmati sunset di tepian pantai kolaka di depan mesjid Agung Kolaka.

traveling ke kolaka
Indahnya Sunset di Pantai Ria Kolaka

Kolaka adalah salah satu daerah dengan tepi pantai yang menghadap ke barat, jadi kemungkinan untuk dapat menikmati sunset yang apik sangatlah mungkin. Namun untuk menikmati sunset indahnya kamu perlu memperkirakan waktu-waktu tertentu saja, biasanya sih pada bulan-bulan juli dan agustus.

Kenapa bulan juli,..?? karena bulan juli biasanya bertepatan dengan musim kemarau jadi sinar matahari dapat memperlihatkan bulatannya dengan sangat indah. Kalau kamu ingin menikmati sunsetnya sebaiknya kamu sudah standby di sekitaran pantai jam 4 an sambil melakukan survey-survey kecil yang mungkin akan berguna dalam menentukan spot terbaik kamu mengambil foto sunset misalnya, carilah sebuah pohon, sebuah perahu nelayan, atau daun pohon yang bisa jadi bingkai dalam foto sunsetmu, atau misalnya carilah nelayan yang dapat memberikan fotomu kelihatan lebih berekpresi, bebatuan dan lain-lain yang dapat kamu jadikan sebagai areal fourground foto sunsetmu…oya jangan lupa foto siluet juga bisa menjadi andalan foto kamu.

Nah di bawah ini saya akan sharing gimana cara agar foto-foto sunsetmu kelihatan lebih keren dan ciamik. kamu cukup lakukan beberapa langkah berikut ini, tapi ini hanya referensi aja yah karena hasil akhir kembali ke masalah selera dalam berfoto.

Daun-daun pun bisa kamu jadikan frame/bingkai agar foto sunsetmu lebih keren

DSC_0292

pada foto ini saya mengambil dedaunan dari sebuah pohon untuk saya jadikan bingkai dalam foto saya, bingkai atau biasa di sebuh frame dalam istilah fotographynya sangat berguna dan memberikan kesan yang lain bagi orang yang melihatnya, namun jangan jadikan frame ini sebagai objek utama tapi hanya sebagai pelengkap saja di mana objek utama saya tetap pada sunsetnya.

Tempatkan Objek Sunsetnya di posisi tengah foto.

DSC_0303
Pada foto kali ini saya menempatkan objek sunsetnya di tengah foto dan mengambil areal foto lebih luas dan memperlihatkan sebuah bidang landscape yang indah. pada foto ini saya menggunakan lensa wide dari tokina 11-16mm dengan body nikon D3200.

Carilah angel sesuai insting dan selereamu

DSC_0318

ini adalah point terakhir di mana kamu sendiri yang harus menentukan posisi yang sesuai dengan selera fotomu, karena bisa jadi tiap orang itu mempunyai selera foto-foto yang berbeda jadi silahkan berkreasi sendiri dan ciptakan mood kamu sendiri karena hasil yang baik adalah hasil dari karya kita sendiri.. bukan begitu hehe 😀

Untuk hasil foto-foto sunset saya waktu di kolaka kemarin bisa kamu lihat di bawah ini

DSC_0302
Matahari ketika masih sangat cerah, foto ini di ambil kira-kira sudah jam 5 an waktu kolaka
sunsetnya kolaka
Merekam saat terbenamnya matahari
sunsetnya kolaka
Merekam saat terbenamnya matahari
sunsetnya kolaka
Tenggelamnya si mentari menandakan siang telah berganti malam.

sekian foto-foto ngabuburit saya di kolaka,, Semoga berkenaan ..