Sumber: http://www.motoyuk.com/thailand-singapore-a-quick-trip/

Memiliki kamera bisa menjadikan anda lebih menghargai lingkungan sekitar. Setiap momen yang terjadi bisa diabadikan menggunakan kamera tersebut. Apalagi jika hobi berpetualang, travel photography bisa dijadikan pilihan menarik. Kegiatan fotografi ini bisa dikatakan sebagai hobi sekaligus pekerjaan. Banyak yang menjadikan hobi mereka melalui bepergian adalah pekerjaan utama mereka. Dengan kualitas foto yang bagus, tidak jarang banyak panggilan datang untuk anda.

Tidak heran mengapa, peralatan kamera yang dibawa oleh para fotografer semakin banyak. Itu semua dilakukan untuk mendapatkan momen indah dengan kualitas sempurna dalam travel photography.

 Tips untuk medapatkan hasil foto dari travel photography profesional
Banyak tips menarik dalam travel photography. Karena berbagai macam keadaan alam, membutuhkan keahlian dari sang fotografer untuk menangkap momen paling indah. Sehingga, banyak istilah istilah khusus. Berikut ini merupakan tips untuk medapatkan hasil foto yang bagus;

1. Pintar dalam memilih objek
Suatu foto memiliki objek utama untuk ditonjolkan. Misalnya anda berada di gunung, dan ingin memanfaatkan momen sunrise. Tentu disitu ada dua pilihan, misalnya menonjolkan posisi darat atau posisi langit. Untuk foto yang indah, pilih objek dengan karakter khusus. Dan jarang ditunjukkan oleh foto foto lain.

Sumber: http://www.motoyuk.com/thailand-singapore-a-quick-trip/
Sumber: http://www.motoyuk.com/thailand-singapore-a-quick-trip/

2. Membawa seluruh peralatan kamera
Tentunya bepergian jauh membuat anda harus cermat dalam membawa semua peralatan yang diperlukan. Seperti tripod, cable release, atau mirror lock up. Memang akan membebani bawaan anda. Namun jika ingin memiliki kualitas foto yang bagus dan mumpuni, anda harus membawa seluruh peralatannya.

Misalnya anda bepergian ke luar negeri, membawa berbagai peralatan akan memenuhi bagasi. Jika niat anda memang untuk memotret, maka kurangilah bawaan lainnya.

3. Mengetahui karakteristik cuaca
Tantangan terbesar dari seorang fotografer dalam travel photography adalah ketidaktentuan cuaca. Alam bisa berubah kapan saja. Misalnya jika anda sudah bersiap memotret sunset dan keadaan alam awalnya cerah. Namun beberapa menit kemudian, gerimis bisa saja turun. Sehingga anda harus mempersiapkan alat alat pendukung kamera. Agar bisa memaksimalkan kondisi cuaca, dan merubahnya menjadi kelebihan foto anda.

4. Menggunakan Depth of Field
Suatu foto harus memiliki ciri khas tersendiri. DOF menjadi salah satunya. Hasil foto dengan kualitas yang tajam, tentu merupakan hasil campur tangan fitur ini. Dengan memaksimalkan keadaan alam, misalnya danau, kedalaman air danau bisa anda memanfaatkan sebagai kelebihan foto.

5. Membuat Titik Fokus
Mata penikmat foto akan langsung tertuju pada titik khusus dalam foto. Titik tersebut memang dijadikan oleh sang fotografer sebagai tema utama. Misalnya pegunungan. Tentunya titik fokus nya adalah puncak dari gunung tersebut. Jika ada tambahan, contohnya merupakan keadaan alam di kaki gunung. Foto akan mudah dikenali jika memiliki titik fokus yang jelas.

Tips dan trik travel photography diatas tentunya bisa anda manfaatkan sebagai bekal dalam perjalanan travel selanjutnya. Jangan lupa untuk terus menjelejahi alam sembari mengabadikannya dalam foto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here