Zaman sekarang tak lengkap rasanya jika seseorang ingin bepergian keluar rumah namun tidak membawa benda yang satu ini, yaitu benda kecil yang biasanya digunakan oleh para pria maupun wanita untuk menyimpan barang berharga seperti kartu nama orang-orang penting, tanda pengenal dan yang paling penting adalah tempat untuk menyimpan uang.

Dompet ini sendiri sangat identik dengan aksesori pelengkap pria yang dapat menunjang penampilannya, tentu akan berbeda dong rasanya jika membuka dompet kita ditengah keramaian dengan dompet dari salah satu brand ternama misalnya, apalagi jika ditunjang dengan isi dompet yang aduhaiiii Alhamdulillah ya “Uang Merah Semua” 😀 😀

Nahh cerita tentang dompet, kalian tau nggak sih sejarah singkat tentang dompet ini..

  • Jadi zaman dahulu kala ketika manusia belum mengenal yang namanya dompet, maka alat tukar menukar yang lumrah pun adalah antara barang dengan barang. Transaksi ini terjadi jika ke dua belah pihak mempunyai keinginan yang saling melengkapi, misalnya saja.. orang yang berasal dari pegunungan akan menukarkan berasnya dengan masyarakat yang ada di daerah pesisir. Nahh alat yang biasa mereka gunakan untuk membawa barang yang dipertukarkan berupa kantong portabel yang dapat di isi oleh beberapa jenis barang.
Aleutian Wallet for carryin. Foto by en.wikipedia.org

Zaman kemudian mulai semakin berkembang ketika alat tukar menukar seperti logam mulai dikenal, sampai akhirnya terus mengalami perkembangan dengan adanya uang kertas. Dengan adanya uang logam ini tempat penyimpanan mereka pun makin berkembang. Kebanyakan dari mereka menggunakan material kulit untuk dijadikan kantongan khusus sebagai penyimpan uang, biasanya dikaitkan atau dililitkan ke pinggan mereka.

Menurut ensiklopedi Britannica, istilah awal dompet berasal dari kata fiscus yang berarti tempat untuk mengumpulkan uang kaisar. Uang-uang hasil pajak ini awalnya dikumpulkan dari sebuah keranjang. Berdasarkan mitologi Yunani, dompet sendiri awalnya adalah karung yang dibawa oleh dewa hermes (kibisis).
Nah Kalau sejarah modern dompet sendiri dimulai saat uang kertas pertama kali diperkenalkan di Massachusetts pada 1690. Dompet saat itu dikenal dengan istilah bill-fold, dimana uang kertas bisa dilipat di dalamnya guna menghemat ruang penyimpanan. Pada tahun 1970 mulailah diperkenalkan dompet velcro yang booming karena terbuat dari bahan velcro.

Dompet mungkin dianggap sepeleh bagi sebagian orang, tapi harus kita akui bahwa dalam dompet tersebut terdapat banyak surat-surat penting, jadi untuk memilih dompet yang cocok untuk kita gunakan juga perlu kita ketahui.

A leather wallet from the late 1800s. Foto by www.padandquill.com

Memilih Dompet yang cocok dengan kharakter masin-masing
Sebagai penggiat outdoor tentunya saya pun akan cenderung memilih dompet yang cocok dengan kharakter saya, misalnya saja.. saya akan mencocokkan hobby adventure saya dengan dompet saya maka saya memilih dompet pria Eiger sebagai dompet andalan saya. Bukan tanpa alasan, mengingat bahwa dompet eiger ini adalah salah satu brand outdoor ternama yang ada di Indonesia.

Saya pernah mengalami cerita seperti ini, ketika saya berkunjung ke salah satu mall ternama di jakarta, pas lagi asik-asik ngantri di kasir..lalu kubukalah lebar-lebar dompet kucel saya tanpa pikir kalau ternyata sudah banyak orang yang sedang antri dibelakang saya… karena menyadari dompet saya yang sangat buruk, saya pun pura menarik dompet saya ke arah perut seraya berharap tidak diperhatikan lagi oleh orang dibelakang saya. Jujur, situasi seperti itu seakan membuat saya sedikit malu. Masuk mall tapi dompet kumel dan kucel seperti itu..seddiihh bosqu ☹ memang sihhh ada bahasa-bahasa motivasi diluar sana yang mengatakan bahwa “tak apa dompet kumel dan kucel asal isinya tebal” tapi kan kalau dompetnya bagus dan isinya tebal kan lebih percaya diri lagi gitu.. iya kan ya..???

Nah,..sejak kejadian itu akhirnya saya selalu menginvestasikan uang saya untuk membeli dompet yang lebih berkualitas, dan pastinya cocok dengan style sy. Karena senang dengan traveling maka dompet pria Eiger tentunya sangat pas dengan saya. Biasanya saya akan mencari dompet di situs-situs belanja online terpercaya, ya salah satunya adalah matahari mall ini.

Jangan lupa dan pastikan lagi kamu tidak salah pilih dalam membeli dompet outdoor kalian, karena dompet kalian bisa menggambarkan siapa dirimu. Dompet pria Eiger tentu akan menjadi salah satu pilihan yang menarik diantara pilihan lainnya. Designya yang fashionable, kuat dan pastinya dompet pria eiger adalah salah satu yang terbaik saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.