Dari Wisata Batik sampai kuliner bernuansa batik di Solo
Posted by Adi Wijaya on 10th October 2015
| 1410 views

Jalan-jalan ke sebuah tempat baru memang memberikan pengalaman tersendiri apalagi jika liburannya bersama dengan keluarga, ahhh pasti rasanya sangat menyenangkan yah., bisalah kita menyebutnya kayak judul di salah satu film itu a moment to remember.

Sebuah tujuan wisata tentu tak melulu harus naik ke puncak gunung dong ataupun mendatangi pulau-pulau terpencil namun ada kalanya kita perlu hiburan yang sederhana tapi manfaat yang kita peroleh sangat banyak, salah satunya adalah wisata batik, tak hanya belajar membatik tapi saya juga akan mengajak anda mencicipi kuliner yang bernuansa batik.

Yukk kita lestarikan batik dengan belajar membatik di kampung batik Kauman Solo

belajar membatik
foto www.indobatikproject.com

Batik yang merupakan warisan budaya Indonesia dan merupakan identitas bangsa indonesia tentu perlu kita lestarikan dong, gimana caranya.. salah satunya dengan belajar membatik.

Batik tidak hanya terkenal di Indonesia loh, tapi telah banyak kita lihat orang-orang luar negeri pun bangga mengenakan batik, masih teringat di benak kita salah satu tokoh yang sangat di segani di afrika selatan yaitu Nelson Mandela sangat suka mengenakan batik, jadi mengapa kita tidak bangga untuk melestarikan batik. UNESCO sendiri telah mengukuhkan batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage), jadi sebagai orang indonesia, di mana seni batik itu dilahirkan wajib berbangga.

Jika kamu berkesempatan atau sedang melakukan traveling ke solo mampirlah sejenak di salah satu kampung batik yang di kenal dengan kampung batik kauman. kampung batik ini letaknya sangat strategis karena dekat dengan pusat kota sehingga nggak perlu pusing lagi mikirin transportasi nya gimana. Untuk menuju ke kampung batik ini kamu hanya perlu mengaktifkan gps di ponsel mu lalu cari lah  Jl Wijaya Kusuma kemudian terus dan akan mendapati pertigaan cakra.

foto : yuvenstour.wordpress.com
foto : yuvenstour.wordpress.com

Setelah belajar membatik sekarang yukk kita intip Museum Batik Danar Hadi

Nah, setelah anda belajar membatik sekarang waktunya kita berikan pemahaman kepada anak kita tentang budaya batik di Indonesia, nggak perlu jauh-jauh karena di solo kamu dapat menemukan museum batik Danar Hadi atau lebih dikenal dengan House of Danar Hadi (disingkat HDH). tiket masuk nya pun nggak mahal, untuk umum sekitar Rp25.000 dan pelajar sekitar Rp15.000 an.

Untuk menuju ke lokasi museum batik ini kamu hanya perlu ke kompleks wisata heritage terpadu khusus tentang batik Jalan Slamet Riyadi, no. 261.

Danar-Hadi-Batik21
foto by www.telusurindonesia.com

Cerita tentang manfaatnya, pasti sangat banyak dong selain kamu menikmati koleksi batik yang ada, orang tua juga tentu sangat senang karena wisata kali ini bukan hanya kegiatan senang-senang semata tapi kegiatan wisata pendidikan seni dan budaya kepada anak anda, quality time with family tentu dapat apalagi jika di abadikan dalam sebuah foto bareng ahhh rasanya pasti sangat indah untuk di kenang.

Lanjut, Hunting kuliner bernuansa batik.. kayak gimana sih .??

Nggak cuman sampai di situ saja, setelah belajar membatik, kemudian jalan-jalan ke museum Batik Danar Hadi tentu perut pastinya keroncongan, lafaarr… nggak perlu khawatir karena di solo juga terkenal dengan kuliner-kuliner nya yang mantap. tapi kali ini saya akan membawa anda ke salah satu rumah makan yang bernuansa batik..tujuannya untuk melengkapi liburan anda kali ini dengan tema I Love Batik hehe… (ini bukan iklan yah cuman untuk melengkapi aja wisata bernuansa batiknya)

Sekarang anda sedang berada di salah satu tempat makan yang pastinya sudah sangat terkenal di solo, yepp apalagi kalau bukan “Dapur Solo” yang unik di sini tampilan dan designnya bernuansa batik, lihat tampilan mukanya sudah bernuansa batik, belum masuk ke pelayannya yang juga menggunakan seragam batik dan tak kalah uniknya lagi dalamnya juga berkonsep batik.. keren kan. (y)

Nah karena lagi haus-hausnya kayaknya enak nih kalau mesen Es Oyen (bukan es orange yang penyebutannya alay yah) ini memang namanya kayak gitu, harganya pun murah. #recomended untuk kesegaran alami 😉

foto bu dapursolo.com
foto bu dapursolo.com
foto bu dapursolo.com
foto bu dapursolo.com
foto bu dapursolo.com
foto bu dapursolo.com

Nah sekian ulasan saya tentang traveling yang kali ini bernuansa batik., selamat menikmati 🙂 jangan lupa cintai batik indonesia.

Apalah artinya jika kebahagian hanya di nikmati oleh kita sendiri, tapi jika bisa menikmati wisata dengan keluarga kenapa nggak di coba 😉

Jalan-jalan untuk mencari kebahagian bukan berarti kita harus mengajak keluarga ke raja ampat atau bahkan keluar negeri, tapi mengajak wisata dengan mendapat pengetahuan itu adalah kebagiaan yang tak ternilai karena “bahagia itu sederhana”

 

Artikel ini bukan artikel berbayar tapi memang diperuntukan untuk mengikuti lomba blog Visit Jawa Tengah Periode 5. sekian dan terima kasih