Cara Menghasilkan Foto Terbaik Ketika Melakukan Traveling
Posted by Adi Wijaya on 19th March 2015
| 1764 views

Banyak orang yang ingin menjadi seorang fotografer. Karena pekerjaan tersebut memberikan kesenangan tersendiri ketika menghasilkan suatu gambar yang sempurna. Ditambah lagi hobi mengotak-atik kamera dan mengkoleksi berbagai jenis kamera yang sedang populer. Tapi biasanya, terdapat batasan ketika hanya sebagai seorang fotografer saja, seperi hanya terpaku dalam satu lingkungan sehingga membuat pekerjaan menjadi jenuh. Berbeda apabila menjadi seorang travel photograpy, karena tidak hanya diam di suatu tempat tapi memungkinkan untuk bisa pergi ke berbagai tempat yang indah, unik dan juga menarik. Dan tentunya menjadi fotografi perjalanan pun dibutuhkan kemampuan fotografi yang baik karena yang menjadi nilai tambahny yaitu menghasilkan gambar yang baik.

(sumber : mariophotoworks.com/journal/tips-dalam-membuat-fotografi-perjalanan-travel-photography)
(sumber : mariophotoworks.com/journal/tips-dalam-membuat-fotografi-perjalanan-travel-photography)

Tips berfoto ketika melakukan travel photograpy
Untuk menghasilkan gambar yang baik ketika melakukan travel photograpy tentu harus memiliki kemampuan yang hebat dalam mengambil gambar yang bisa diabadikan. Basic dasar untuk memotret harus bisa dikuasai dengan benar. Setelah itu lakukan tips umum berikut dalam memotret :

  • Pakai lensa ideal
    Jenis lensa yang berbeda akan membuat gambar yang diambil pun berbeda. Untuk itu piih lensa yang umum digunakan dan bisa menghasilkan foto yang terbaik. Dengan begitu gambar yang dihasilkan pun bisa lebih bagus. Lensa ideal yang paling banyak digunakan yaitu lensa wide dengan range 18-200 mm. selain itu, lensa tersebut sangat ringan ketika di bawa kemana-mana. Jangan lupa untuk membawa tripod, flash dan filter.
  • Gunakan teknik berfoto dengan tepat
    Dalam mengambil gambar, tentu terdapat teknik yang tepat untuk dikuasai. Dengan begitu ketika akan melakukan pemotretan dalam setiap perjalanan, gunakan teknik tersebut. Seperti membuat air menjadi lebih halus dalam gambar dengan menggunakan teknik slow speed atau bisa juga dipakai untuk mengambil gambar cahaya lilin yang indah. teknk-teknik tersebut akan membuat gambar yang bergerak terlihat lebih alami dan juga indah dilihat.
  • Pilih spot yang lebih baik
    Menjadi seorang fotografi perjalanan tentu harus dapat melihat spot-spot terbaik disuatu tempat. Dengan begitu gambar yang diambil akan lebih berkesan. Selain itu kuasai teknik untuk mengubah gambar berbeda dari sudut pandang yang sama. Dengan mengubah sedikit angle, maka gambar yang didapatkan dengan tempat yang sama hasilnya akan merbeda. Juga sesekali lakukan pemotretan dari jarak yang lebih jauh lalu lihat hasil terbaik yang akan didapatkan.
  • Jangan terlalu banyak di edit
    Hasil foto terbaik sebuah perjalanan akan lebih sempurna ketika tidak dilakukan editan. Jadi ada baiknya untuk menghindari editan tapi lakukan memotret dengan banyak. Sehingga hasil yang didapatkan lebih baik dan natural.

Dengan mengetahui tips di atas, maka foto hasil dari travel photograpy tersebut akan tampak lebih bagus. Untuk itu kuasai semua teknik dalam fotografi agar dapat menghasilkan foto yang baik.