Cara Memilih Variasi Lensa untuk Travel Photography
Posted by Adi Wijaya on 15th March 2015
| 2205 views

Travelling sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat saat ini. Tidak jarang banyak orang rela mengeluarkan dana cukup banyak untuk menjelajahi dunia ini. Muncul travel photography sebagai pilihan untuk mengabadikan momen perjalanan anda. Ini adalah tren baru yang kemudian berkembang menjadi sebuah hobi. Kemudahan akses, dan berkembangnya teknologi kamera membuat setiap orang bisa menjadi fotografer handal.

Sumber: http://fk5437.blogspot.com/2013_06_01_archive.html
Sumber: http://fk5437.blogspot.com/2013_06_01_archive.html

Berbagai macam foto dari penjuru dunia, bisa anda abadikan menggunakan teknik yang benar dan tepat. Keahlian tersebut didapat dari pengalaman. Sehingga semua orang mempunyai kesempatan untuk mengabadikan momen tersebut. Itulah gambaran umum mengenai kegiatan fotografi sambil bepergian.

Jenis Lensa Travel Photography
Salah satu komponen penting dalam pemotretan adalah lensa. Ada banyak pilihan lensa dalam travel photography yang bisa dipilih. Harga lensa terkadang melampaui harga kamera. Tetapi bukan menjadi masalah apabila ingin mendapatkan hasil maksimal. Ada beberapa faktor untuk diperhatikan sebelum membeli lensa untuk travelling;

  1. Berat Lensa
    Bepergian jauh memberi anda beban, membawa banyak bawaan. Anda beruntung apabila medapat akomodasi memadai. Namun berbeda halnya apabila akomodasi yang ada tidak mendukung. Pilih lensa dengan berat ringan tetapi dengan fitur mumpuni.
  2. Kecepatan Lensa
    Banyak traveller terkadang complain akan hasil travel photography mereka. Seiring hilangnya cahaya matahari, kualitas foto semakin berkurang. Kecepatan lensa berpengaruh kepada hasil foto. Misalnya untuk lensa 18-55 mm memiliki bukaan f/3,4-5,6. Berarti pada posisi 18 mm lensa memiliki bukaan 3,5 dan pada posisi 55mm memiliki bukaan 5,6.

Di bawah ini merupakan rekomendasi beberapa lensa untuk digunakan pada saat Travel Photography.

  • Canon EF 24-105 mm f-4 L IS
    Salah satu lensa terbaik di kelasya dengan sasaran para professional. Dengan harganya yang cukup mahal, anda bisa mendapatkan kualitas foto yang mumpuni. Kelebihan dari lensa ini, yaitu hasil foto yang dihasilkan terkenal memiliki zoom terbaik. Dalam hal titik focal, lensa canon memberi fokus lebar dan bisa diandalkan pada setiap kesempatan. Lensa ini juga memiliki fitur Image Stabilization(IS) berfungsi untuk memotret objek secara cepat, tanpa mengorbankan kualitas foto yang blur.
  • Canon EF 50 mm f/1,8 II Camera Lens
    Masih dari pabrikan sama, harga lensa ini tergolong lebih murah. Namun memiliki kualitas gambar sempurna. Dengan fitur f/1,8 memungkinkan anda untuk mendapatkan foto dengan kualitas sempurna meskipun pencahayaan sedikit. Berat lensa f/1.8 juga tergolong ringan, sehingga bisa anda masukkan ke dalam saku. Meskipun memiliki harga murah, kualitas titik fokus dari lensa ini tergolong maksimal, apalagi dengan teknik pemotratan portrait.
  • Canon EF 70-200 mm f/2.8 L IS USM
    Merupakan golongan lensa dengan ukuran besar. Dengan kisaran 70-200,, anda bisa memotret secara cepat dan menghasilkan foto dengan kualitas jelas dalam keadaan minim cahaya. Warna yang ditawarkan dari lensa ini hanya warna putih. Sehingga anda harus berhati hati ketika bepergian ke tempat dengan lingkungan agak kotor.

Itulah lensa lensa terbaik untuk anda bawa dalam Travel Photography selanjutnya. Jangan sia siakan momen emas untuk mendapatkan kualitas foto terbaik.