Cara Meggunakan Kamera Mirrorless Travel Photography Amatir
Posted by Adi Wijaya on 18th March 2015
| 5472 views

Banyak hal dalam kehidupan sekitar anda yang belum terjelajahi, termasuk keadaan suatu daerah. Dengan segala keunikannya, tempat tempat di berbagai pelosk dunia, menjadi kesempatan bagi travel photography untuk mengabadikan keunikan tersebut. Banyak diantara fotografer sengaja bepergian jauh hanya untuk mengabadikan perjalanan travelling mereka, dan juga keadaan sekitar. Menarik memang untuk melihat bagaimana setiap momen diabadikan secara sempurna.

Sumber: http://www.infofotografi.com/blog/2013/05/kamera-mirrorless-vs-kamera-dslr/
Sumber: http://www.infofotografi.com/blog/2013/05/kamera-mirrorless-vs-kamera-dslr/

Travelling akan semakin mengasyikkan jika anda membawa peralatan kamera secara utuh. Ini bertujuan untuk menghasilkan gambar secara sempurna. Dengan menggunakan jenis kamera yang tepat, anda bisa memuaskan hasrat memotret sambil travelling.

Tipe Kamera Mirrorless dalam Travel Photography
Kemajuan teknologi membuat anda bisa mengabadikan berbagai momen dalam jepretan kamera. Berbagai jenis kamera pun bermunculan untuk menunjang anda dalam travel photography. Tidak heran mengapa banyak kualitas foto dengan hasil memuaskan, bisa ditangkap kamera. Inilah keuntungan dari kamera mirrorless. Apakah sebenarnya kamera tersebut?

  • Kamera ini sudah mulai dikenal dimulai dari tahun 2008. Sama seperti namanya, kamera mirrorless tidak memiliki cermin sehingga bentuk kameranya jauh lebih kecil. Merupakan suatu keuntungan bagi anda, memiliki kamera kecil untuk dibawa bepergian.
  • Cara kerja kamera mirrorless yaitu menampilkan gambar dengan membuang cermin yang biasa digunakan pada proses kerja DSLR. Sementara dalam kamera mirrorless tidak terdapat viewfinder optic sebagai salah satu fungsi dalam menghasilkan gambar di daerah terbuka.

Ketika memilih suatu mirrorles kamera untuk kegiatan travelling, perhatikan jenis sensor dalam kamera tersebut. Beberapa diantaranya, adalah;

  • Sensor dengan APS-C
  • Sensor dengan Four Thirds
  • Sensor dengan Nikon CX (1 inchi)
  • Terakhir, menggunakan sensor kecil ½.3 inci (Pentax Q)

Berikut ini merupakan kelebihan menggunakan Mirrorless sebagai pilihan kamera Travel Photography;

  1. Harganya terjangkau
    Pemilihan kamera mirrorless sangat menguntungkan, karena harganya lebih murah dibandingkan dengan kamera DSLR.
  2. Beratnya ringan
    Meskipun anda bepergian jauh, kamera mirrorless tidak akan membebani anda. Dengan tas kamera kecil, bisa terisi oleh 2 buah kamera, dan lensa dengan ukuran 12-24mm danbody lainnya dengan lensa 18-55 mm.
  3. Teknologi Teranyar
    Bepergian jarak jauh membuat anda harus terus update. Sehingga, teknologi wifi, harus ada pada setiap kamera.

Berikut ini merupakan pilihan kamera mirrorless terbaik;

  1. Sony Nex Series dengan Series 5, Series 6, dan Series 7.
  2. Samsung NX Series, bisa dipilih melalui Samsung NX 300, Samsung NX1000, dan Samsung NX2000
  3. Merk Olympus melalui  Olympus PEN E-P5
  4. Fuji Series melalui Fujifilm X-E2
  5. Yang terakhir adalah Panasonic Lumix, dengan seri DMC LX7

Nikmatilah perjalanan, dengan mengabadikan momen momen penting dalam travel photography. Sehingga setiap momen bisa tetap dikenang selamanya. Kamera mirrorless merupakan deal bagi para travel photographer dengan budget memadai.