3 Hal yang Harus Dihindari dalam Travel Photography
Posted by Adi Wijaya on 26th February 2015
| 2554 views

Jalan-jalan saja tentu tidak akan memberikan kesan yang mendalam. Apalagi jika Anda berjalan-jalan ke daerah yang jarang dikunjungi oleh orang lain. Perlu adanya pengabadian momen yang dilakukan untuk menciptakan kesan dan mengabadikannya di dalam gambar. Jika Anda seorang traveller, maka travel photography sudah tidak asing lagi di telinga Anda.3 Hal yang Harus Dihindari dalam Travel Photography

Travel photography adalah salah satu kegiatan fotografi ketika sedang melakukan travelling atau sebuah perjalanan. Ada banyak hal yang bisa diabadikan ke dalam kamera Anda, misalnya pemandangan sepanjang jalan, hiruk pikukna orang-orang, kebersamaan, kegiatan orang-orang lokal, makanan, festival, dan kegiatan dan momen-momen lain yang menjadi lebih cantik dan unik ketika sudah dijepret dengan kamera Anda.

3 Kesalahan yang harus dihindari dalam travel photography
Dalam travel photography tentu ada aturan dan norma yang harus dipatuhi karena pada dasarnya mengambil gambar, apalagi gambar makhluk hidup seperti manusia ada etika dan tata caranya. Jangan sampai Anda malah langsung asal jepret dan asal potret, karena hal ini tentu tidak sesuai dengan norma yang berlaku. Berikut ini adalah 3 hal yang menjadi kesalahan dan harus dihindari dalam sebuah fotografi perjalanan.

  • Konsep yang salah tentang peralatan memotret
    Sebagian kesalahan besar ini tidak disadari oleh setiap travel photography. Banyak yang mengira bahwa peralatan memotret yang paling baru adalah yang terbaik dan dapat menghasilkan foto-foto yang berkualitas maksimal. Padahal, foto adalah hasil jepretan Anda bukan hasil kamera atau lensa. Sebenarnya, setiap kamera dapat digunakan untuk mengambil gambar-gambar yang baik tergantung bagaimana Anda menggunakannya.Berhentilah untuk menyalahkan peralatan memotret Anda untuk kekurangan yang dihasilkan pada setiap gambar yang Anda ambil. Jangan terus berusaha untuk mendapatkan kamera dan peralatan memotret model terbaru, yang harus Anda lakukan adalah belajar ilmu fotografi dasar sehingga Anda tahu kapan harus menggunakan satu lensa, kapan harus menggunakan tripod dan tentu saja, belajar tentang dasar-dasar fotografi lain seperti pengaturan aperture, shutter kecepatan dan ISO.
  • Tidak melihat secara keseluruhan
    Sebelum memotret ada baiknya Anda melakukan penelitian atau penggalian informasi mengenai apa saja yang akan Anda potret. Hal ini tentu akan memberikan gambaran tentang objek tersebut sehingga Anda dapat dengan mudah menemukannya, atau mendapatkannya.
    Misalnya Anda akan menjadi travel photography di daerah pegunungan dengan pemandangan matahari terbit yang indah. Terlebih dahulu Anda harus mengumpulkan informasi mengenai bagaimana menuju ke sana, seperti apa medannya, bagaimana cara mendapatkan angle yang pas untuk melihat matahari terbit, pada jam berapa harus berangkat, dan lain-lain. Kesalahan yang sering dilakukan adalah tidak dilakukannya penggalian informasi sehingga menyebabkan kegagalan.
  • Tidak Mencari daya tarik alternatif
    Ketika melakukan travelling apalagi travel photography, seringkali melupakan rencana B ketika rencana utama tidak berjalan dengan baik. Ketika Anda akan bepergian ke suatu tempat dan bertujuan untuk memotret beberapa hal utama dari tempat tersebut tetapi pada kenyataanya banyak orang dengan kerumunan, atau ada sesuatu yang membuat Anda tidak dapat melakukannya, maka seharunya Anda sudah menyiapkan rencana B sehingga Anda tetap dapat memotret.

Itulah 3 kesalahan yang biasanya dilakukan oleh travel photography yang tidak disadari tetapi sebenarnya berpengaruh penting untuk kegiatan fotografi. Anda sebagai traveller yang menyukai fotografi pun sebaiknya memperhatikan hal ini.